Batang Hidungnya Tak Tampak di Hadapan Mark Sungkar Sejak Dipenjara, Zaskia dan Shireen Sungkar Akui Ayahnya Gampang Dapat Rp 300 Juta Tanpa Korupsi: Kenapa Harus yang Haram?

Kamis, 11 Maret 2021 | 14:35
Kolase Instagram/@santiasokamala/Wartakota

Batang Hidungnya Tak Tampak di Hadapan Mark Sungkar Sejak Dipenjara, Zaskia dan Shireen Sungkar Akui Ayahnya Gampang Dapat Rp 300 Juta Tanpa Korupsi: Kenapa Harus yang Haram?

Sosok,ID - Bungkam beberapa waktu setelah Mark Sungkar disebut-sebut korupsi hingga ditahan, kakak beradik Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar akhirnya angkat bicara.

Anak Marks Sungkar tersebut buka suara terkait kasus korupsi yang sedang dihadapi ayahnya.

Meski belum sempat bertemu dengan sang ayah, namun Zaskia dan Shireen cukup yakin ayahnya tak berbuat demikian.

Melansir dari Tribunnews.com, pengusaha sekaligus ayah dari pesinetron Zaskia dan Shireen kini sedang dihadapkan dengan kasus hukum.

Baca Juga: Dipenjara Gegara Korupsi, Mendadak Istri Dikabarkan Gugat Cerai Mark Sungkar

Diketahui, Mark Sungkar yang merupakan mantan Ketua Umum Pengurus Pusar Federasi Triatlon Indonesia (PPFTI) didakwa merugikan keuangan negara.

Dakwaan yang ditujukan pada ayah Zaskia dan Shireen sungkar ini terjadi setelah adanya laporan keuangan fiktif dalam kegiatan dana Pelatihan Nasional (Pelatnas) Asian Games 2018 di Bandung, Jawa Barat beberapa tahun lalu.

Menurut pernyataan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Mark Sungkar telah memuat laporan bukti belanja akomodasi palsu pada kegiatan pelatnas di The Cipaku Garden Hotel.

"Terdakwa telah membuat laporan pertanggungjawaban keuangan yang terdapat bukti/ dokumen fiktif berupa belanja akomodasi kegiatan di The Cipaku Garden Hotel, Bandung, Jawa Barat," ujar Jaksa Nopriyadi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: 20 Kali Bolak-balik ke Kamar Mandi, Zaskia Sungkar Terbaring Lemas di Ranjang Rumah Sakit, Begini Kondisi Janin yang Sebulan Lagi Dijadwalkan Lahir ke Dunia

Perbuatan itu dianggap bertentangan dengan Peraturan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Nomor 1047 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah dalam Akun Belanja Barang Lainnya untuk Diserahkan kepada Masyarakat/ Pemerintah Daerah Guna Program Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional.

Tak hanya itu, mantan suami Fanny Bauty ini juga menyampaikan laporan penggunaan yang diterima oleh PPFTI melebihi waktu 14 hari setelah kegiatan selesai.

Hal ini disebut bertentangan dengan peraturan soal petunjuk teknis penyaluran bantuan pemerintah.

Setidaknya Mark Sungkar diduga menerima sisa uang sebesar Rp 339,7 juta dari kegiatan tersebut.

Setali tiga uang, pandangan berbeda pun dibeberkan oleh kakak beradik Zaskia dan Shireen Sungkar soal kasus yang menjerat ayahnya.

Baca Juga: Zaskia Sungkar Debat Panjang dengan Shireen Sungkar, Merasa Ditinggalkan Keluarga Saat Hamil Tua hingga Shireen Tak Terima: Gue Pijitin Kaki Lo Aja Sering Banget!

Warta Kota
Warta Kota

Mark Sungkar saat di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Menurut keduanya yang dilansir dari Youtube The Sungkars Family, apa yang dituduhkan pada ayahnya ini tidaklah benar.

Keduanya mengakui dan masih belum percaya sang ayah mengkorupsi uang negara sebesar Rp 300-an juta tersebut.

"Awal pasti kaget, sedih, cuman balik lagi yang penting kita lebih tahu papah seperti apa,"

"Kita tahu betul ayah kita gak pernah melakukan hal itu (yang dituduhkan)," tutur Zaskia Sungkar dikutip TribunJakarta.com, Rabu (10/3/2021).

Ketidakpercayaan yang diungkapkan oleh Zaskia dan Shireen itu lantaran mereka mengakui paham betul pendirian sang ayah.

Baca Juga: Pagi-pagi Makan Bubur di Depan Rumah Raffi Ahmad 8 Tahun Lalu, Irwansyah Ikut Dicokok Polisi, Sempat Perang Mulut Sampai Ditodong Pistol

"Beliau orang yang paling anti sama hal itu yang lagi difitnah ke beliau,"

"Sebagai anak kita akan terus mensupport walau sekarang semua orang lagi melihat sepihak aja. Kebenaran akan terungkap," sambungnya.

Keduanya pun juga sempat memberi saran kepada sang ayah untuk mengembalikan uang sebesar ratusan juta tersebut agar terbebas dari kasus hukum.

"Padahal hampir 2 tahun yang lalu lah, udah kita kembalikan yang dianggap itu merugikan negara,"

"Padahal itu haknya papah dan para atlet,"

"Waktu itu kita bilang, yaudah lah balikin aja, itukan hak papah yaudah tagih lagi di akhirat, susah amat," cerita Zaskia Sungkar.

Baca Juga: Bak Petir Menyambar, Irwansyah dan Zaskia Sungkar Ditodong Pistol Saat Raffi Ahmad Dicokok karena Narkoba, 2 Linting Ganja Ditemukan

Namun demikian, Zaskia dan Shireen masih tak yakin ayahnya yang menjadi pelaku korupsi tersebut.

Bukan tanpa alasan, Zaskia dan Shireen mengungkapkan bahwa uang sebesar Rp 300 juta sangatlah muda di dapatkan oleh ayahnya tanpa harus korupsi.

"Kita syok banget uang Rp 300 juta, kayak, maaf banget nih maksudnya uang segitu bukan satu hal yang susah untuk dicari buat kita yang halal,"

"Kenapa harus yang haram? Gak ada niatan," tutur Zaskia Sungkar.

Itulah yang menjadi alasan mendasar, Zaskia dan Shireen masih tak percaya apa yang terjadi pada orang tuanya tersebut.

"Papah berpikir udah selesai, orang udah dikembalikan. Makannya pas difitnah segitu, kita bingung, gak ada untungnya papah ngambil segitu,"

Baca Juga: 180 Derajat Beda Jauh dari Bayangan, Ibu Tiri Zaskia Sungkar Malu soal Ini di Depan Suami Sampai Nyaris Minggat ke Rumah Orang Tua: Kok Gini Amat

"Gak mungkin papah memperkaya diri sendiri dengan segitu," ucap istri Irwansyah.

Maka dari itu, Zaskia dan Shireen merasa yakin ayahnya dalam waktu dekat ini bakal terbukti tidak bersalah dan bebas.

"Aku yakin papah gak kayak gitu, itu bikin aku tenang,"

"Hukum di akhirat itu lebih parah gak ada apa-apa dibanding hukum dunia. Seengganya aku lega, alhamdulilah papah gak lakuin sesuatu yang akan beratkan dia di akhirat,"

Baca Juga: Begitu Dibuka Langsung Bikin Matanya Melotot,Zaskia Sungkar Syok Sampai Geleng-geleng Lihat Isi Kado 7 Bulanan dari Nagita Slavina:Cuma Dia Doang

"Jadi yaudah biar Allah yang bukain mudah-mudahan hati orang-orang yang fitnah atau gak suka sama papah dilembutkan hatinya," ucap Shireen Sungkar.

"Beliau sangat kooperatif, mempercayakan semua hal kepada kekuasaan kehakiman karena saat ini sudah di pengadilan,"

"Beliau yakin sungguh kebenaran nanti akan muncul, kita berharap dalam proses persidangan hakim akan menemukan kebenaran yang sesungguhnya," tuturnya.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribunnews.com, YouTube

Baca Lainnya