4 Kontroversi Ustaz Maaher At-Thuwailibi, Mulai dari Dugaan Mengancam Pembunuhan, Penghinaan terhadap Habib Luthfi sampai Sebut Indonesia Ini

Selasa, 09 Februari 2021 | 18:00
Instagram/@nikitamirzanimawardi_172

Ustaz Maaher At-Thuwailibi

Sosok.ID- Kabar mengejutkan datang dari Rumah Tahanan Bareskrim pada Senin (8/2/2021).

Ustaz Maaher At-Thuwailibi dilaporkan meninggal dunia saat menjalani hukuman penjara.

Semasa hidupnya,Ustaz Maaher At-Thuwailibicukup vokal mengkritisi persoalan yang terjadi di Indonesia, bahkan ia dikenal sebagai sosok yang kontroversial.

Mulai dari dilaporkan polisi karena ancaman pembunuhan hingga yang terbaru diduga menghina Habib luthfi Yahya.

Berikut, sederet kontroversi yang sempat membuat ustaz Maaher At-Thuwailibi menjadi sorotan.

Baca Juga: Unggah Video Ustaz Maheer Mewek, Nikita Mirzani Terbahak: Tunggu Laporan Gue Biar Hukuman Lo Makin Lama!

1. Sebut Indonesia sebagai Negara Thogut

Ustaz Maaher At-Thuwailibi sempat menghebohkan masyarakat pada 2017 lalu terkait isi ceramahnya yang menyebut pemerintah thagut serta monyet berseragam cokelat.

Dilansir dari Tribunnews.com, Senin (30/10/2017), tak dijelaskan secara pasti siapa yang dimaksud, namun cukup banyak netizen yang menyimpulkan ungkapan itu ditujukan untuk instansi kepolisian.

"Negara ini sebenarnya, Indonesia ini pemerintah ini sebenarnya monyet-monyet berseragam cokelat itu bukan anti sama ISIS. ISIS itu kambing hitam. Mereka anti kepada Islam," ucap ustaz itu dalam ceramahnya.

Baca Juga: Pelaku Penusukan Ternyata Dulunya Mengagumi Syekh Ali Jaber, Tapi Berubah Setelah Bertemu Seseorang, Sosok Ini Sebut Alpin Andrian Korban Tayangan ISIS di Internet

Namun, setelah isi ceramahnya viral, ustaz Maaher memberikan klarifikasi terkait ucapannya itu melalui akun Facebooknya.

Selain itu, Maaher juga meminta maaf kepada pemerintah, ulama, dan rakyat Indonesia, jika pernyataannya tersebut telah menimbulkan keresahan.

Baca Juga: Girang Bukan Kepalang Saat Ustaz Maheer Masuk Penjara, Nikita Mirzani Ternyata Sempat Kirimkan Makanan ke sang Seteru yang Tengah Mendekam di Balik Jeruji Besi

2. Dipolisikan Abu Janda Terkait Dugaan Ancaman Pembunuhan

Ustaz Maaher At-Thuwailibi kembali menjadi sorotan lantaran dipolisikan oleh Permadi Arya alias Abu Janda ke Bareskrim Mabes Polri pada 2019 lalu.

Masih melansirTribunnews.com, Jumat (29/11/2019), Abu Janda mengatakan Ustaz Maaher diduga melakukan pengancaman dan ujaran kebencian melalui media sosial Twitter pribadinya.

Adapun Abu Janda merasa diancam dengan kicauan Ustaz Maheer melalui media sosial twitter pribadinya @ustadzmaaher_.

"PARA PENISTA AGAMA SEMACAM ABU JANDA & BUSUK MAWATI; memaki-maki mereka in sya’ Allah dapat pahala," tulis ustaz Maaher pada 27 November 2019.

Baca Juga: Tinggalkan Madinah Demi Pindah dan Berdakwah di Indonesia, Kepergian Syekh Ali Jaber Buat Ustaz Yusuf Mansur Berurai Air Mata: Beliau Syahid, InshaAllah

"Kafir dan Munafiq yg menyerang islam, begitu juga kaum zindiq penista agama; jangankan dicaci maki, dibunuh saja boleh dalam hukum fiqih islami. #HALAL," tutupnya.

Menurut Abu Janda, kicauan tersebut dinilai telah termasuk dalam ancaman pembunuhan orang lain.

Ia mengatakan, kasus tersebut bisa menjadi contoh sebagai kasus islam radikal.

"Karena ini bukan ancaman pribadi terhadap saya, ini juga bukti bahwa islam radikal itu ada," kata Abu Janda di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga: Perubahan Angelina Sondakh Usai Divonis Bui 12 Tahun Bikin Merinding Umi Pipik dan Ustaz Yusuf Mansur, 15 Juz Hafalan Al-Qur'an Telah Dilalap

3. Perseteruan dengan Nikita Mirzani

Ustaz Maaher At-Thuwailibi kembali menjadi sorotan terkait perseteruannya dengan aktris kontroversi Nikita Mirzani.

Berawal dari Nikita Mirzani yang menyinggung soal 'Habin tukang obat' tak lama setelah kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia dari Arab Saudi.

Dilansir Grid.ID dari Tribunnewswiki.com, Kamis (3/12/2020), Diketahui Ustadz Maheer At-Thuwailibi dalam video Youtube-nya pernah mengancam Nikita Mirzani untuk meminta maaf 1x24 jam, karena dinilai melecehkan Rizieq Shihab.

Baca Juga: Bak Jadi Tontonan Dunia, Gelut Nikita Mirzani vs Habib Rizieq Disorot Media Asing, Sebut Kelakuan Pemimpin FPI Memprihatinkan

Jika Nikita tidak minta maaf, Ustaz Maaher akan mengerahkan massa sekitar 800 orang untuk mendatangi rumahnya.

Nikita Mirzani berniat melaporkan Ustaz Maaher At-Thuwailibi terkait ancaman tersebut.

Selain itu Nikita Mirzani juga sempat berencana melaporkan Ustaz Maaher lantaran perkataannya yang dinilai tak pantas terhadap artis yang kerap disapa Nyai itu.

Namun sebelum ibu tiga anak itu melayangkan laporan ke polisi, Ustaz Maaher At-Thuwailibi telah ditangkap Bareskrim Polri pada Kamis (3/12/2020) dini hari atas kasus ujaran kebencian.

Baca Juga: Ceramah Maulid Nabi, Rizieq Shihab Gunakan Kata 'Nakal' untuk Nikita Mirzani, Mantan Dipo Latief: Habib Mulutnya Lincah Banget Ngomong Gituan

4. Diduga Hina Habib Luthfi Yahya

Di tengah perseteruannya dengan Nikita Mirzani, Ustaz Maaher At-Thuwailibi terlibat kasus ujaran kebencian.

Ustaz Maaher diduga melakukan penghinaan terhadap Habib Luthfi bin Yahya melalui cuitan di akun Twitternya.

Mengutip Kompas.com, Kamis (3/12/2020), Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono membeberkan twit yang berujung pada penangkapan Maaher.

"Karena di sini dipastikan posting-annya: 'Iya tambah cantik pake jilbab kayak kyainya Banser ini ya’,” ucap Awi membacakan unggahan Maaher di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga: Pekara Beda Pandangan Politik, Ustaz Yusuf Mansur Dihujani Sumpah Serapah Saat Terbaring di Rumah Sakit: InsyaaAllah Jadi Penggugur Dosa Saya

Maaher pun ditetapkan sebagai tersangka dugaan ujaran kebencian berdasarkan SARA. Polisi mengaku sudah meminta keterangan ahli bahasa serta ahli ITE.

"Kami duga terjadi penghinaan yang menjadikan delik yang kuat untuk menghasut dan menimbulkan perpecahan antargolongan dan kelompok masyarakat, inlah yang menjadi pertimbangan kepolisian," ucapnya.

Untuk diketahuoi, Ustaz Maheer mengembuskan napas terakhir ketika menjalani hukuman penjara di Rumah Tahanan Bareskrim, Senin (8/2/2021).

Sebelum meninggal dunia, Maaher At-Thuwailibi diketahui memiliki riwayat penyakit luka di lambung dan sempat menjalani operasi beberapa waktu sebelum penangkapannya.

Baca Juga: Bikin Bangga Indonesia! Ustaz dari Aceh Jauh-jauh Diundang Presiden Turki untuk Ngaji di Hagia Sophia, Situs Warisan Dunia Itu Kini Resmi Jadi Masjid

Ketika mendekam di penjara, Maaher At-Thuwailibi pun sempat mengeluhkan terkait penyakitnya.

Bahkan, dua pekan lalu, Maaher At-Thuwailibi juga menjalani rawat inap di Rumah Sakit Bhayangkara, Jakarta Timur selama 5 hari.

Beberapa hari setelah keluar dari rumah sakit, kondisi Ustaz Maaher At-Thuwailibidikabarkanmenurun.

Hingga di hari berpulangnya, pria asal Medan, Sumatera Utara itu dilaporkan tak mau makan.

Ustaz Maaher At-Thuwailibi mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan penyakit luka di lambung.

(Grid.ID/Hana Futari)

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya