Korea Utara Diam-diam Lakukan Parade Militer dan Tunjukkan Senjata Mematikan, Kim Jong Un Disebut Miliki Rencana Serang Korea Selatan?

Minggu, 17 Januari 2021 | 05:13
KCNA

Korea Utara Diam-diam Lakukan Parade Militer dan Tunjukkan Senjata Mematikan, Kim Jong Un Disebut Miliki Rencana Serang Korea Selatan?

Sosok.ID-Upacara penutupan Kongres ke-8 partai buruh Korea Utara ditutup dengan semarak, salah satunya dengan peluncuran senjata militer baru.

Cukup berbeda dengan parade militer yang pernah dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2020 lalu.

Parade militer kali ini seperti bukan untuk konsumsi publik internasional, bahkan parade tersebut seperti dilakukan diam-diam agar tak bocor ke pihak luar.

Media pemerintah melaporkan, Korea Utara memamerkan rudal balistik baru yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) pada parade pada Kamis malam.

Baca Juga: Semringah Pamerkan Senjata Barunya, Tawa Cerah Menghiasi Wajah Kim Jong Un dalam Pagelaran Militer di Korea Utara, Senjata yang Disebut Paling Kuat di Dunia Ikut Diarak dan Ditunjukkan pada Dunia

Pertunjukan ini menutup lebih dari seminggu pertemuan politik lewat unjuk kekuatan militer.

Reuters memberitakan, foto-foto yang dirilis media pemerintah Korea Utara menunjukkan, dengan dibalut mantel kulit dan topi bulu, pemimpin Kim Jong Un tampak tersenyum dan melambai saat dia mengawasi pawai di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang.

Parade tersebut menampilkan barisan tentara yang berbaris rapi, serta berbagai perangkat keras militer termasuk tank dan peluncur roket.

Pada akhirnya, sejumlah analis menilai roket tersebut varian baru dari rudal balistik jarak pendek dan SLBM meluncur ke alun-alun dengan truk.

Baca Juga: Jabatannya Dilucuti, Ternyata Otak Utama Penyingkiran Kim Yo Jong Adalah Kakaknya Sendiri, Ini Alasan Kekejaman Kim Jong Un!

"Senjata paling kuat di dunia, rudal balistik peluncuran kapal selam, memasuki alun-alun satu demi satu, dengan kuat menunjukkan kekuatan angkatan bersenjata revolusioner," lapor kantor berita KCNA.

Korea Utara telah melakukan uji coba beberapa SLBM dari bawah air, dan para analis mengatakan sedang berusaha mengembangkan kapal selam operasional untuk membawa rudal.

Reuters memberitakan, foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan SLBM diberi label Pukguksong-5.

Ini berpotensi menandai peningkatan atas Pukguksong-4 yang diresmikan pada parade militer yang lebih besar pada bulan Oktober.

CBS News

Rudal balistik kapal selam (SLBM) Korea Utara terbaru, Pukguksong-5, yang dipamerkan dalam parade militer untuk menakut-nakuti Joe Biden

Baca Juga: Digadang-gadang Jadi Presiden Korea Utara Selanjutnya, Adik Kim Jong Un Tiba-tiba Lenyap dari Jajaran Petinggi Partai Buruh, Ini Kata Pakar!

"Rudal baru pasti terlihat lebih panjang," kata Michael Duitsman, seorang peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) yang berbasis di California, di Twitter.

Tidak seperti parade Oktober, acara hari Kamis tidak menampilkan rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar Korea Utara, yang diyakini dapat mengirimkan hulu ledak nuklir ke mana pun di Amerika Serikat.

"Pawai itu sendiri tidak dimaksudkan sebagai provokasi tetapi merupakan tanda mengkhawatirkan dari prioritas Pyongyang," kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.

Dia menambahkan, “Perekonomian sangat terhimpit pandemi akibat penutupan perbatasan, salah urus kebijakan dan sanksi internasional.

Baca Juga: Donald Trump Lengser, Kim Jong Un Langsung Kibarkan Permusuhan dengan AS dan Minta Ilmuwan Korea Utara Buat Senjata Nuklir Tercanggih, Apa Itu?

Mungkin karena ini, Kim Jong Un merasa perlu untuk mengabdikan sumber daya yang langka untuk tampilan politik-militer lainnya."

Korea Selatan dengan cepat mendeteksi tanda-tanda parade di Pyongyang pada hari Minggu.

Hal tersebut segera dikritik oleh Kim Yo Jong.

Korea Selatan pun segera meningkatkan kemampuan militernya untuk melawan ancaman rudal jarak pendek Korea Utara.

Baca Juga: Mengejutkan! Untuk Pertama Kalinya Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Pakai Seragam Militer Lengkap dengan Senapan Serbu, Indikasi Siap Perang?

Juru bicara Kementerian Pertahanan Boo Seung-chan mengatakan analisis dilakukan Korsel atas rencana pembangunan kekuatan militer Korea Utara.

"Melalui modernisasi pasukan, militer kami memiliki kemampuan untuk melawan rudal jarak pendek Korea Utara, dan akan terus meningkatkannya," kata Boo dalam konferensi pers, Kamis (14/1), seperti dikutip Yonhap.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Endus, Amerika Kirim Pesawat Mata-mata U-2 Dragon Lady ke Korea Utara

Selama kongres yang berlangsung pertama kali dalam hampir lima tahun, Kim memerintahkan pekerjaan untuk membuat "senjata nuklir kecil, ringan, dan taktis serta terus maju dengan produksi hulu ledak nuklir super besar".

Dia juga membanggakan kapal selam bertenaga nuklir baru yang sedang Korea Utara kembangkan, dan menyerukan peningkatan kemampuan serangan misilnya yang menargetkan objek dalam jarak 15.000 kilometer.

Baca Juga: Siap Perang, Kim Jong Un Pakai Seragam Militer dan Tenteng Senapan Serbu

Atas aktivitas militer Korea Selatan yang terus mengawasi Korea Utara, Korea Selatan dinilai idiot oleh Kim Yo Jong.(*)

(Kontan.co.id)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kontan.co.id

Baca Lainnya