Detik-detik Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, Air Laut Naik 15 Meter Disertai Dentuman Dahsyat, Nelayan Takut Tsunami: Waktu Itu Gelap Sekali..

Selasa, 12 Januari 2021 | 19:00
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Prajurit TNI mengevakuasi serpihan dari pesawat Sriwijaya Air SJ182, Minggu (10/1/2021).

Sosok.ID - Tiga nelayan, memberikan kesaksian terkait jatuhnyaPesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada Sabtu (9/1/2021) siang.

Saat sedang melaut di cuaca buruk, tiga nelayan Kepulauan Seribu secara tidak langsung menyaksikan detik-detik jatuhnya pesawat yang sempat dinyatakan hilang kontak tersebut.

Diketahui, Sriwijaya Air SJ 182 hilang dari radar hanyaempatmenit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta.

Pesawat rute Jakarta-Pontianak itu terjatuh di Kepulauan Seribu di dekat Pulau Laki dan Pulau Lancang.

Baca Juga: Pamit Balik ke Kampung Suami dengan Bayinya yang Baru 7 Bulan, Penumpang Sriwijaya Air SJ 182 Sempat Minta Didoakan, sang Ibu Pingsan Tahu Pesawat Hilang Kontak

Sejumlah wargapun sempatmenyaksikanbagaimana pesawatjenis Boeing 737-500 itu jatuh menghujam lautdalam.

Para saksi itu di antaranya adalah tiga orang nelayan yang sedang mencari ikan di sekitar Pulau Laki danPulau Lancang.

Kesaksian ketiga nelayan itu disampaikan kepada Polres Kepulauan Seribu sesaat usai kejadian nahas tersebut.

Meski ketiganya tidak melihat secara langsung SJ 182 jatuh, namun mereka menyaksikan bagaimana air laut naik hingga 15 meter sesaat setelah pesawat itu jatuh.

Baca Juga: Seolah Pertanda Terakhir, Korban Sriwijaya Air Sempat Minta Jika Meninggal Tak Ingin Dibawa Pulang, Adik Bungsu: Sekarang Kata-kata Itu Baru Terkenang

"Kemarin ada tiga nelayan memberikan informasi awal pada saat jatuhnya pesawat ini karena mereka tidak melihat langsung pesawat jatuh itu tidak," kata Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu di Kapal KN SAR Wisnu, Kepulauan Seribu, Senin (11/1/2020).

Dijelaskan Eko, ketiga nelayan itu bercerita kondisi perairan saat itu tengah dilanda hujan lebat sekitar pukul 15.00-15.30 WIB.

Seketika aktivitas mereka terhenti karena mendengar suara dentuman keras. Ketiga nelayan itu mengaku mendengar jelas dentuman karena jarak mereka hanya sekitar 100 meter dari lokasi pesawat jatuh. Yang semakin meyakinkan, adanya air naik beserta serpihan logam ke atas setinggi 15 meter.

"Nelayan itu mendengar suara dentuman keras sekali, terus air naik ke atas sampai 15 meter."

Baca Juga: Kenal Dekat dengan Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ182, Begini Kesaksian Arie Untung Tetang Kebiasaan Kakak Kelasnya: Mau Terbang Lari Dulu ke Musala!

"Situasi saat itu hujan deras, dia perkirakan antara 100 sampai 150 meter jaraknya dengan lokasi. Di hujan deras sebenarnya untuk penglihatan jarak pandang itu nggak bisa terlalu keliatan," kata Eko.

Awalnya, ketiga nelayan itu tidak curiga dentuman keras itu merupakan pesawat SJ 182 yang terjatuh.Mereka justru khawatir adanya tsunami.

"Dikira apa ini, bencana tsunami dan sebagainya ternyata setelah air itu naik ada serpihan-serpihan itu diduga ada jatuh kapal, mereka melaporkan Kapospol, kemudian lapor ke Kapolsek, akhirnya kan kita tindak lanjuti laporan ke atas," jelasnya.

Dari laporan itu, tim langsung mengecek kejadian awal mula dugaan pesawat jatuh dan ditemukan kabel-kabel.

Baca Juga: Ingin Lihat Wajah Bayinya yang Baru Lahir, Yaman ZaiTersedu-sedu Menunggu Istri dan 3 Anak Turun dari Sriwijaya Air SJ 182: Mereka Tidak Datang..

"Kecamatan Polsek Kepulauan Seribu Selatan turun langsung dengan alat seadanya dengan para nelayan ya yang ditemukan kabel-kabel itu, serpihan kabel-kabel ada empat bagian itu sore itu," ujarnya.

Usai kejadian, kata Eko, tidak ada satu pun nelayan yang berani mendekat ke lokasi kejadian. Ia juga tak mengetahui apakah ada penumpang yang masih hidup sesaat usai kejadian.

"Mereka nggak berani mendekat beralasan dikira musibah tsunami atau apa, mereka masih bertanya-tanya apa ini, makanya mereka langsung cepet kembali, langsung lapor," ujarnya.

Selain 3 nelayan yang sedang mencari ikan, kesaksian mengenai jatuhnya pesawat Sriwijaya Air juga disampaikan oleh Amirtang, seorang nelayan di Pulau Lancang.

Baca Juga: 'Ditemukan Serpihan Daging, Mungkin Tubuh Manusia', Sriwijaya Air SJ 182 Tak Pancarkan Sinyal Bahaya Saat Jatuh, Basarnas Lanjutkan Pencarian

Amirtang sedang berada di rumahnya di Pulau Lancang. Ia mengaku mendengar suara dentuman keras sekitar pukul 15.00 WIB.

"Dengar suara dentuman keras sekitar jam 3 kurang, dentuman aja gitu," kata Amirtang.

Ia mengatakan cuaca sekitar Kepulauan Seribu saat itu sangat gelap dan hujan, sehingga ia tidak mencari tahu lebih lanjut perihal suara dentuman.

"Di luar gelap sekali waktu itu, dan cuaca hujan, cuman dengan suara dentuman keras," tuturnya.

Sementara, Kasatpol Pulau Pari Maslawi yang sedang bertugas saat itu juga mendengar suara dentuman. Ia juga merasakan ada getaran hingga jendela dan pintu rumah hingga bergetar.

Baca Juga: Meledak di Sekitar Pulau Seribu, Nelayan Temukan Puing-puing Diduga dari Pesawat Sriwijaya Air SJ182: Kabel, Jok, dan Ada Rambutnya

"Ada dentuman keras, sampai jendela dan pintu getar ya, sempat sesaat terasa getaran," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa cuaca hujan dan langit gelap di sekitar Kepulauan Seribu pada saat kejadian.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dinyatakan jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang setelah dinyatakan hilang kontak.

Basarnas memperkirakan lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 punya kedalaman 20-23 meter.

Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 14.36 WIB.

Baca Juga: Tercatat 11 Tahun Pernah Jadi Penerbang TNI AU,Pilot Sriwijaya Air SJ 182 yang Hilang Kontak Punya Pengalaman Terbang di Skadron Udara 4 dan Akadron Udara 31

"Pada pukul 14.37 WIB masih berada di ketinggian 1.700 kaki dan diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti standar instrumen," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pesawat lalu dinyatakan hilang kontak pada 14.40 WIB.

Sriwijaya Air tidak ke arah yang ditentukan, pergerakannya justru menuju ke arah Barat Laut. ATC lantas menanyakan arah pesawat kepada kapten.

Tetapi dalam beberapa detik, pesawat itu hilang dari radar. (*)

Sumber: Serambinews.com.

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Serambinews.com

Baca Lainnya