Amerika Ungkap Fakta Tak Menyenangkan Mengenai Pengembangan Senjata Nuklir Korea Utara

Sabtu, 19 Desember 2020 | 07:13
KCNA

Amerika Ungkap Fakta Tak Menyenangkan Mengenai Pengembangan Senjata Nuklir Korea Utara

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) menjadi negra yang paling khawatir mengenai pengembangan senjata nuklir Korea Utara (Korut).

Karena pengembangan senjata nuklir Korut sendiri sangat tertutup sehingga sulit mendeteksinya.

Saking tertutupnya, AS sampai mengerahkan berbagai sumber daya untuk mengintip apa saja yang dilakukan Korut.

Kini paling tidak AS tahu kenapa Korut menyembunyikan senjata nuklirnya dari pengawasan badan atom dunia.

Baca Juga: Pernah Satu Atap Hingga Miliki 3 Jagoan, Ternyata Begini Perlakuan Ahmad Dhani pada Ibunda Maia Estianty Sampai Mantan Mertuanya Makan Ati

Mantan negosiator senior AS pada hari Kamis (17/12) mengungkapkan bahwa tujuan akhir dari pengembangan nuklir Korea Utara adalah untuk mempertahankan rezim dan pemerintahan.

Dikutip dariYonhap, Joseph DeTrani, mantan negosiator urusan nuklir AS dengan Korea Utara menjelaskan bahwa selama bertahun-tahun pihak Pyongyang hanya melakukan upaya pencegahan demi memperkuat rezim dan dinasti kepemimpinan.

DeTrani menjabat sebagai manajer untuk misi Korea Utara di Kantor Direktur Intelijen Nasional dari 2006-2010. Sebelumnya, pada tahun 2003-2006, ia bertugas sebagai utusan khusus Departemen Luar Negeri untuk pembicaraan enam pihak.
Berbicara dalam sebuah seminar virtual yang diadakan oleh Institute for National Security Strategy (INSS), DeTrani menyampaikan bahwa bukanlah pilihan yang tepat jika menyebut Korea Utara sebagai negara pengguna senjata nuklir.

Baca Juga: Niat Hati Ingin Dandani Bayinya Agar Terlihat Menggemaskan, Seorang Ibu Harus Menyesal Gegara 3 Bulan Tak Lepas Gelang Emas dari Tanggan Anaknya, Begini Kondisinya!

"Kami tahu ini merupakan keamanan untuk rezim, kemanan untuk kepemimpinan. Itulah tujuan utamanya," ungkap DeTrani, seperti dikutipYonhap.

DeTrani juga menjelaskan bahwa upaya normalisasi hubungan antara Amerika Serikat dan Korea Utara terkait kepentingan nuklir merupakan hal yang positif dan perlu diteruskan.

Selama bertahun-tahun menjadi negosiator, DeTrani mengakui Korea Utara telah berulang kali melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM). Ia juga mengiyakan hadirnya ICBM baru pada parade militer bulan Oktober lalu.

"Setelah melakukan negosiasi dengan Korea Utara selama bertahun-tahun, mereka melihatnya (nuklir) sebagai alat pencegahan dan mereka lebih fokus pada perubahan rezim," ungkap DeTrani.

Baca Juga: Padahal Namanya Kini Laku Bintangi Sejumlah Sinetron Sampai Syuting Tiap Hari, Ternyata Artis TA Masih Jalankan Bisnis Prostitusi dengan Tarif Rp 75 Juta, Masih Kurang?

Berdasarkan pengalamannya selama bertahun-tahun, DeTrani mendukung penuh upaya berkelanjutan untuk menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara melalui upaya diplomatik tetapi tetap menentang gagasan mengakui Korea Utara sebagai negara nuklir.

Baginya, pengakuan seperti itu justru akan memicu perlombaan senjata dan ketidakstabilan di regioanal Asia Timur.

"(pengakuan) Korea Utara sebagai negara nuklir akan mendorong pihak lain, seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan, untuk mengupayakan kemampuan senjata nuklir mereka. Itu akan mengabaikan komitmen pencegahan nuklir AS dengan para sekutunya tersebut," papar DeTrani.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Negosiator senior AS beberkan tujuan utama dari pengembangan nuklir Korea Utara"

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : kontan

Baca Lainnya