Sudah Tak Lagi Jadi Menteri, Susi Pudjiastuti Blak-blakan Minta Anggota DPR RI Ini Untuk Lakukan Hal Luar Biasa pada Puing-puing Kapal Pencuri Ikan yang Tenggelam

Minggu, 13 Desember 2020 | 15:00
Kolase Youtube Susi Pujiastuti/Kompas

Sudah Tak Lagi Jadi Menteri, Susi Pudjiastuti Blak-blakan Minta Anggota DPR RI Ini Untuk Lakukan Hal Luar Biasa pada Puing-puing Kapal Pencuri Ikan yang Tenggelam

Sosok.ID - Susi Pudjiastuti memang bukan sosok asing lagi bagi publik Tanah Air.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dalam kabinet Kerja ini memang sosok yang cukup disegani.

Bahkan Susi menjadi salah satu menteri yang berpengaruh dalam kabinet tersebut.

Sosok yang disebut cukup berani mengambil keputusan termasuk kebijakan tenggelamkan kapal pencuri berbendera asing ini tetap jadi sorotan setelah tak lagi menjadi menteri.

Baca Juga: Dengar Kabar Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Susi Pudjiastuti Beri Komentar Menggelitik: Bilang Saya Sedang Sibuk, Tak Bisa Diganggu

Kabar terbaru, pengusaha bidang perikanan di daerah Pangandaran, Jawa Barat ini bertemu dengan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi.

Dalam pertemuan tersebut, Susi pun tak sungkan meminta satu hal pada sang anggota DPR.

Pertemuan yang dilakukan di Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (12/12/2020) kemarin ini Susi memang bermaksud meminta satu hal pada Dedi.

Susi meminta pada Dedi agar menarik puing-puing sebuah kapal asing yang berada di lokasi Pangandaraan.

Baca Juga: Tangis Susi Pudjiastuti Pecah Saat Demo Omnibus Law, Mantan Menteri Tak Kuasa Tahan Kesedihan Mahasiswa UGM Kena Bogem Sampai Gagang Kaca Mata Patah

Tak hanya menarik puing kapal, Susi juga menambahkan agar saksi bisu perang terhadap pencuri ikan (illegal fishing) untuk dijadikan museum.

MV Viking, sebuah kapal asing yang ditenggelamkan separuh di lepas Pantai Pangandaran ini memang menarik perhatian Susi.

Permintaan mantan menteri pada politisi tersebut diungkapkan oleh Dedi Mulyadi.

"Dia (Susi Pudjiastuti) minta saya sebagai wakil ketua Komisi IV untuk perjuangkan agar kapal yang pernah ditenggalamkan"

Baca Juga: Buatkan Puisi Untuk Sang Nenek, Cucu Susi Pudjiastuti Sukses Buat Dirinya Menangis, Ungkap Keinginan Agar Susi Jadi Presiden Tahun 2024

"Saksi sejarah perang lawan illegal fishing ditarik ke darat dan dijadikan museum," kata Dedi mengutip dari Kompas.com, Sabtu.

Dedi pun tak menolak permintaan Susi Pudjiastuti dan akan mengusahakan hal itu terwujud.

Tak sampai di situ, menurut Dedi usulan mantan menteri itu juga bisa digunakan menjadi salah satu objek wisata edukasi baru di wilayah Pangandaran.

Hal itupun juga disebut akan memberi pembelajaran pada masyarakat atas pentingnya mencintai laut Indonesia.

Baca Juga: Diledek Presiden Jokowi di Depan Banyak Orang karena Dikit-dikit Nyebur ke Laut, Susi Pudjiastuti Langsung Bereaksi Seperti Ini!

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Dedi mengungkapkan bahwa dirinya dengan Susi juga membicarakan masalah komitmen bersama untuk menjaga ekosistem laut.

Dimulai dari Biota laut maupun panorama laut yang harus dijaga bersama-sama.

"Saya kagumi komitmen Bu Susi, seorang perempuan yang memiliki kekuatan ideologi berbasis leluhur. Sebab, dia sangat mengagumi bahwa laut itu adalah amanat leluhur yang harus dijaga," kata pria yang juga budayawan Jawa Barat itu.

Baca Juga: Tegas dan Banyak Pendukung, Susi Pudjiastuti Bicara Soal Nyalon Presiden 2024, Hotman Paris: Saya Dukung Bu!

(handout) Dedi Mulyadi via Kompas.com
(handout) Dedi Mulyadi via Kompas.com

Wakil Ketua Komisi IV Dedi Mulyadi bermain kayak bersama mantan Menteri KP Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Sabtu (12/12/2020).

Tak hanya berbincang mengenai masalah kelautan di Indonesia, kedua tokoh nasional ini juga menyempatkan diri bermain kayak di Pantai Pangandaran.

Dedi yang baru pertama kali bermain kayak pun kagum dengan kemampuan sang mantan menteri.

"Saya uji nyali suruh naik kayak. Bedanya Bu Susi tanpa pelampung. Kalau saya mah pakai pelampung karena pendatang baru. Kalau saya mah maung leuweung (harimau hutan) kan, ketemu Bu Susi Nyai Ratu Kidul," kelakar Dedi.

Baca Juga: Dukungan Aliansi Nelayan Pada Curhatan Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti Mengenai Peraturan Menangkap Ikan: Melegalkan Cantrang Adalah Suatu Ancaman Besar

Menurut Dedi, sosok Susi Pudjiastuti adalah salah satu wanita hebat Indonesia.

Bahkan kekagumannya pada Susi dan komitmennya mengenai kelautan nusantara pernah dituangkan Dedi daam sebuh tulisan.

Baca Juga: Curhatan Mantan Menteri Jokowi yang Hampir Bangkrut di Tengah Pandemi, Susi Pudjiastuti: Saya Belum Mau Bilang Menyedihkan Tapi Kondisi Ini Menakutkan

Tulisan mengenai Susi sebagai Ratu Kidul atau Ratu Pantai Selatan sempat ditulis Dedi atas penilainnya pada sang mantan menteri.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya