'Iis Dahlia Harus Introspeksi Diri', Devano Curhat Ingin Berumur Panjang, Warganet Sadar Mentalnya Terguncang: Tante yang Memberi Celah Haters Berkomentar

Senin, 23 November 2020 | 12:00
Instagram

Devano Danendra dan Iis Dahlia

Sosok.ID - "Gimana sih anaknya, mau gimana pun itu ibu lo dan lo harus bela."

"Gimana dah lo gamau satu frame sama ibu lo sendiri."

"Durhaka."

"Ibu lo nangis, lo kuat lah jangan lemah."

Devano Danendra, putra dari Iis Dahlia menyampaikan keresahannya di sosial media Instagram pada Minggu (22/11/2020).

Baca Juga: Sambat Ngutang untuk Lunasi Istana Rp 17 Miliar, Iis Dahlia Ditohok Deddy Corbuzier dan Ivan Gunawan: Kenapa Beli Rumah Sebesar Itu Sih Kalau Nggak Mampu?

Kalimat-kalimat di atas adalah apa yang selama ini Devano dengar dari orang lain.

Ia dihakimi setelah Iis Dahlia dalam acara OOTD yang diunggah di kanal YouTube Trans7, Rabu (18/11/2020), membagikan cerita tentang Devano yang enggan syuting satu frame dengannya.

Muncul dugaan Devano malu karena gimmick ibunya di televisi. Sementara Iis menangis saat menceritakannya.

Menanggapi banyaknya hujatan yang masuk kepadanya, Devano lantas memberikan klarifikasi panjang yang dimuatnya dalam bentuk unggahan foto di Instagram.

Baca Juga: Devano Dihina Fans Leslar karena Lahir dari Rahimnya hingga Tolak Mentah-mentah Syuting Bersama, Air Mata Iis Dahlia Tak Lagi Terbendung: Adek Malu?

Devano tak menampik bahwa ada rasa malu dan takut menyelimutinya.

Meski demikian dengan tegas Devano membantah tudingan bahwa ia tak sayang keluarga.

"Saya pasti bela kok. Itu udah pasti karena saya anaknya. Namun malu, takut, dan cemas selalu ada di pikiran saya satu tahun kebelakangan ini," tulis Devano, dikutip Sosok.ID, dilansir dari Instagram @devdanendra, Senin (23/11).

"Entah karena media yang selalu beritakan yang engga-engga tentang keluarga saya atau apapun itu yang bikin saya lemah dan membawa dampak ke saya."

Baca Juga: 'Jangan Sok Ganteng Kamu!' Iis Dahlia Perang Mulut Usai Putrinya Disebut Gagal Move On, Pacar Lutfi Agizal malah Ngegas: Nyatanya Ganteng Gimana Dong?

"Bukan malu dengan keluarga sendiri, saya hanya takut. Semenjak itu semua terjadi, teman-teman saya dan orang banyak di luar sana kadang membicarakan hal yang bikin saya sakit hati seperti apa yang ada di internet," ungkap Devano.

Adik Salshadilla Juwita ini mengaku takut dengan cemoohan yang diterimanya dari netizen.

"Entah 'yah anaknya ini', 'emak lu ngapa dah dev, ga malu apa', 'mak lu blablabla', 'kakak lu blablabla'. 'keluarga sombong',"

"(Cacian itu) membuat saya takut untuk bertemu dengan orang banyak. Dan bahkan untuk sekolah pun saya sungkan untuk on cam," katanya.

Baca Juga: Kelakuan Iis Dahlia di TV Disamakan Netizen dengan Artis Gimmick, Devano Tolak Nongol di Kamera Bareng, Tangis sang Ibu Pecah: Sampai Gitu, Gila Nggak?

Tangkap layar Instagram/@devdanendra
Tangkap layar Instagram/@devdanendra

Hujatan yang diterima putra Iis Dahlia, Devano Danendra.

Secara sadar, Devano Danendra paham dengan resiko menjadi seorang selebriti.

Kendati demikian ia ingin menurunkan resiko yang berpotensi menyerang kesehatan mentalnya.

"Mungkin orang di luar sana bilang 'ya itu resiko jadi artis, public figure'. Saya tau resikonya kok. Dan saat ini saya sedang berjuang dengan resiko itu.

Resiko yang pernah membuat saya enggan untuk membuka mata di setiap harinya."

Dengan kerendahan hati, Devano ingin keputusannya dimengerti oleh publik.

Baca Juga: Iis Dahlia Labrak Pramugari yang Panggil Suaminya dengan Sebutan Mencengangkan, Igun Curiga Ada Hubungan Disembunyikan, 'Tolong Hargai Saya Mbak'

Sebab hinaan dari para haters untuk keluarganya menyebabkan Devano takut muncul di depan kamera. Bahkan ketika ibunya, Iis Dahlia meminta.

"Teman-teman, dalam hati saya yang paling dalam, dengan ini bukannya saya ga suka dan gak bela keluarga saya sendiri, namun saya ga mau saya punya ketakutan kayak gini dan membuat saya lemah untuk melakukan apapun.

Saya sayang sama diri sendiri. Saya harap teman-teman semua mengerti. Saya sayang sama keluarga saya, ga mungkin saya ga sayang. Mereka tetap keluarga saya."

Di akhir kalimatnya, Devano menyampaikan kalimat sendu bahwa ia hanya ingin hidup sehat dan senang seperti anak-anak lainnya.

Baca Juga: Calon Kakak Ipar Baru Kemarin Viral Bahas soal Penggunaan Kata 'Anjay', Devano Danendra Malah Terkesan Ogah Akui Sosok Lutfi Agizal, Ada Apa?

"Saya mau umur yang panjang," kata Devano Danendra.

"I just wanted to be happy like the other kids," tulisnya, dalam keterangan di unggahan Instagramnya.

Adapun tulisan panjang Devano dikomentari oleh Iis Dahlia.

Iis meminta putranya untuk berhenti membaca komentar netizen. Sebab menurutnya banyak informasi keliru yang beredar di media.

"Apalagi ini? gak usah baca koment orang nang... Media sekarang juga banyak memberitakan hal yg gak bener... Be strong dg berjalannya waktu orang pasti akan tau siapa dan bagaimana kita," tulis Iis Dahlia.

Baca Juga: Sudah Seperti Uji Nyali, Pacar Baru Lutfi Agizal di Depan Mata Iis Dahlia Sebut Salshadilla Bertutur Kata Buruk dan Tak Hargai Lelaki, sang PedangdutCuma Ketawa

Alih-alih menoreh simpati, pesan balasan Iis Dahlia dinilai keliru karena meminta Devano berhenti membaca komentar netizen.

Seorang warganet dengan nama pengguna @putriy2092, menyarankan Iis Dahlia untuk berintropeksi diri, agar tak menyakiti perasaan Devano.

"Maaf bgt yak tante, netizen emang gak tau siapa tante dan Devano, tapi tante tau tante kerja dimana dan resikonya apa, dan tante harusnya tau psikis sama mental anak tante sekuat apa, jadi sebelum tante melakukan sesuatu mikir efek kedepannya buat tante dan anak tante kedepannya," tulis warganet tersebut.

"Apa yg terjadi sama tante jangan hanya nyalahin netizen, netizen hanya berkomentar dari apa yg mereka bisa lihat karna tante yg memberi celah buat mereka berkomentar."

"Tante sebagai public figure harusnya intropeksi diri, nitizen pun begitu jg hrs intropeksi diri.. sama2 saling intropeksi diri.." tandasnya. (Rifka/Sosok.ID)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Instagram, Sosok.id

Baca Lainnya