Peras Keringat dan Darah Belasan Tahun Berjuang Merdeka Sampai Sebut NKRI Penjajah, Timor Leste Kini Malah Balik Minta Perlindungan Militer ke Indonesia

Selasa, 10 November 2020 | 07:13
intisari

Bendera Timor Leste.

Sosok.ID-Delapan belas tahun berlalu sejak Timor Leste memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebelumnya meraih kemerdekaannya sendiri, Timor Leste adalah bagian dari Indonesia.

Namun sejak referendum PBB tahun 2002, Bumi Lorosae memutuskan untuk melepaskan diri dari NKRI dan menjadi negara merdeka.

Di masa lalu, rakyat Timor Leste pro-kemerdekaan tak hentinya melakukan perlawanan untuk bisa melepaskan diri dari Indonesia.

Baca Juga: Perkara Pangan Perjuangan Merdeka dari NKRI Nyaris Jadi Percuma,Timor Leste Hampir Bubar Diamuk Rakyat, Dianggap Gagal Sejahterakan Negara

Hal itu konon dikarenakan penderitaan yang didapat Timor Leste selama menjadi wilayah Indonesia.

Konflik, kelaparan, hingga penyakit yang terjadi selama pendudukan Indonesia disebut merupakan alasan rakyat Timor Leste ingin merdeka.

Timor Leste sendiri menjadi bagian dari wilayah Indonesia antara tahun 1975 dan 1999.

Invasi tentara Indonesia terhadap Timor Leste akhirnya menjadikan wilayah tersebut jatuh ke tangan Indonesia pada tahun 1976.

Baca Juga: Timor Leste Dianggap Masih Empot-empotan Sejahterakan Rakyat Pasca Merdeka dari NKRI, Ternyata Segini Pendapatan Pekerja di Bumi Lorosae

Bumi Lorosae pun diakui sebagai provinsi ke-27 Indonesia, juga provinsi termuda saat itu.

Kemudian perlawanan rakyat Timor Leste yang saat itu dikenal sebagai Timor Timur, menemui puncaknya dengan diselenggarakan referendumtahun 1999.

Rakyat Timor Leste mendapatkan kesempatan untuk memilih, antara tetap berintegrasi dengan Indonesia atau tidak alias merdeka.

Hasil referendum yang diumumkan pada bulan September 1999 oleh PBB menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Timor Leste menginginkan kemerdekaan.

Timor Leste pun lepas dari Indonesia dan diakui secara resmi secara internasional pada 20 Mei 2002.

Baca Juga: Seolah Perjuangan Merdeka dari NKRI 18 Tahun Lalu Tak Ada Hasilnya, Rakyat Timor Leste Kuliti Borok Negara Sendiri: Kami Tak Punya Apa-apa Lagi!

Bumi Lorosae pun menjadi negara tetangga Indonesia hingga saat ini.

Mungkin bagaimana hubungan Indonesia dan Timor Leste yang memiliki sejarah masa lalu unik ini membuat orang-orang penasaran.

Terkait hal tersebut, ternyata setelah Timor Leste lepas dari Indonesia, negara termuda Asia Tenggara tersebut telah melakukan kerjasama di bidang militer dengan negara bekas 'penjajahnya'.

Dilakukan pelatihan dan kerjasama militer demi meningkatkan kemampuan Timor Leste melindungi dirinya sendiri hingga pembelian senjata.

Melansir country.eiu.com (27/2/2014), Dalam kunjungannya ke Indonesia, Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmão, membenarkan bahwa telah dicapai kesepakatan untuk meningkatkan hubungan pertahanan antara kedua negara, termasuk pembelian senjata.

Baca Juga: 21 Tahun Lalu Sokong Kemerdekaan Timor Leste, Australia Ternyata Pernah Dibikin Jiper dengan Kekuatan TNI AL Sampai Nyaris Gempur Jakarta

Perjanjian baru saat itu, merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang ditandatangani antara Timor-Leste dan Indonesia.

Termasuk rencana pelatihan dan kerjasama militer, serta kesepakatan bagi pemerintah Timor untuk membeli senjata dari Pindad, sebuah perusahaan pertahanan yang dimiliki negara Indonesia.

Perjanjian tersebut bukan yang pertama antara pemerintah Timor Leste dengan Pindad.

Langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Timor-Leste berada di bawah pengawasan pada tahun 2012 ketika pemerintahnya mengumumkan rencana untuk membeli senjata, tank, dan kendaraan lapis baja dari perusahaan tersebut.

Kesepakatan itu dirusak oleh kualitas peralatan yang buruk dan kurangnya transparansi.

Baca Juga: Belasan Tahun Empot-empotan Sejahterakan Rakyat, Timor Leste Bantah Pengin Balik Gabung ke NKRI, Sosok Ini Bongkar Kondisi Ekonomi Bumi Lorosae

Selain jumlah penduduk yang kecil, Timor-Leste sendiri hanya memiliki satu perbatasan darat, sekitar 200 km dengan provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Kekuatan angkatan bersenjata telah menjadi titik perdebatan selama beberapa tahun sejak negara setengah pulau itu mencapai kemerdekaan.

Apa yang harus dilakukan dengan mantan pejuang gerilya yang memperjuangkan kemerdekaan Timor-Leste selama pendudukan Indonesia telah mengganggu pemerintahan berturut-turut, yang cenderung mengizinkan anggaran militer membengkak.

Ironi bahwa Timor-Leste membeli senjata dari bekas penindasnya tidak menghalangi pemerintah Timor untuk terus bergerak, meskipun ada sejarah senjata yang jatuh ke tangan sipil.

(Khaerunisa)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul: Dulu Bencinya Setengah Mati dengan Indonesia Sebut Penjajah Kejam, Kini Timor Leste Justru Minta Perlindungan Militer ke Indonesia hingga Beli Senjata dari Indonesia

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya