Bersihkan Tumpukan Sampah di Rumah Tetangganya yang Sudah Meninggal, Pasutri Ini Langsung Auto Tajir Melintir Usai Temukan Harta Karun Senilai Rp 7 Miliar

Minggu, 08 November 2020 | 11:13
Gambar ilustrasi/Pixabay

Pasutri ini temukan 'harta karun' senilai Rp 7 miliar di tumpukan sampah.

Sosok.ID - Niat hati hanya bersih-bersih, pasangan suami istri (pasutri) ini justru jadi kaya mendadak.

Tumpukan sampah di dalam rumah tetangganya yang sudah meninggal dunia rupanya menyimpan 'harta karun' bernilai fantastis.

Pasutri asal Inggris itu awalnya mengira 'harta karun' yang mereka temukan tak laku dijual.

Tapi tidak setelah mereka menyadari bahwa 'harta karun' itu merupakan koleksi mainan langka Star Wars.

Baca Juga: Istri Mimpi Didatangi Sosok Misterius, Tak Disangka Pria Ini Justru Temukan 'Harta Karun' Setelah Menggali Sumur di Dekat Rumahnya

Mainan-mainan itu mereka temukan di garasi yang penuh dengan kantong sampah, yang mereka warisi dari tetangga yang sudah meninggal.

Diberitakan AFP, total harga mainan Star Wars itu senilai 400.000 poundsterling (Rp 7,46 miliar).

Pasutri dari Stourbridge itu awalnya bingung dengan apa yang harus mereka lakukan dengan tumpukan mainan dan pesawat luar angkasa tersebut.

Surat kabar The Times pada Kamis (5/11/2020) melaporkan, mendiang tetangga mengumpulkan mainan-mainan itu selama puluhan tahun.

Baca Juga: Auto Tajir Melintir, Sembelih Ayamnya yang Tak Pernah Bertelur Selama 5 Tahun, Peternak Ini Malah Temukan Harta Karun Senilai Rp 4 Miliar

Anak lelaki mereka lalu memanggil juru lelang, yang mengatakan bahwa itu adalah harta karun memorabilia Star Wars.

Ada action figures asli yang masih terbungkus kemasan.

"Kebanyakan agak lembab karena caranya disimpan, tetapi sebagian besar itu adalah koleksi Star Wars terbaik yang pernah saya lihat," kata Chris Aston dari Aston's Auctioneers kepada The Times.

"Kami mendapat minat yang sangat besar dari seluruh dunia, dan selalu mengharapkan lelang berjalan lancar," kata Aston tentang lelang tersebut.

Baca Juga: Juragan Emas Sengaja Sembunyikan Perhiasan Senilai Rp 14 Miliar, Tantang Warga untuk Temukan Harta Karun yang Disebar di Seluruh Kota, Siapapun yang Menemukan Berhak Mendapatkannya

Salah satu koleksi langka yang ditemukan adalah Star Destroyer Commander (hanya diproduksi 2) yang masih dalam kemasan asli, dan laku dijual 32.500 pounds (Rp 606,5 juta) termasuk biaya-biaya lainnya.

Palitoy Jawa yang masih terbungkus kemasan asli (diyakini salah satu dari 10 yang diproduksi) terjual seharga 27.280 pounds (Rp 509,3 juta).

Kemudian satu set dari delapan figur Return of the Jedi yang masing-masing harganya 1,59 pounds saat dibeli pada 1980-an, laku berkali-kali lipat dengan banderol 1.400 pounds (Rp 26,15 juta).

Helm Storm Trooper dan mata R2D2 juga meraup uang yang sangat banyak dari lelang ini.

Baca Juga: Dianggap Omong Kosong Saat Mengaku Telah Menemukan Jalan Rahasia Menuju Gudang Harta Karun, Tukang Selokan Ini Sanggup Buat Seorang Direktur Bank Jadi Kicep Usai Buktikan Kebenarannya

Pada 2015 action figure Luke Skywalker yang masuk pada pada 1978 sebagai mainan anak-anak, terjual seharga 25.000 pounds pada lelang yang digelar Sotheby dan eBay.

Aston berujar, pasutri dari Stourbridge itu akan sangat gembira dengan rezeki nomplok yang tak terduga.

"Saya tidak tahu apakah mereka punya rencana khusus, tetapi pasti mereka merasa habis menang lotre," ungkapnya.

(Aditya Jaya Iswara)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mainan Star Wars Langka Senilai Rp 7 Miliar Ditemukan di Tumpukan Sampah"

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya