Kim Jong Un Ketakutan, Warga Korea Utara Wajib Kurung Diri di Rumah untuk Hindari Debu Kuning Misterius dari China yang Diyakini Menyebarkan Virus Corona

Minggu, 25 Oktober 2020 | 15:00
chosun.com

Kim Jong Un

Sosok.ID - Baru-baru ini Pimpinan Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un memerintahkan warganya untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Dilansir Sosok.ID dari Mirror, hal itu dilakukan menyusul adanya debu kuning misterius di Korea Utara yang datang dari China.

Sebuah buletin cuaca khusus mengklaim bahwa debu kuning itu membawa virus corona.

Karena perintah itu, jalan-jalan di Korea Utara 'kosong', demikian bunyi klaim tersebut.

Baca Juga: 9 Bulan Sama Sekali Tak Pernah Tampak Batang Hidungnya, Keberadaan Istri Kim Jong Un Jadi Pertanyaan, Desas-desus Khawatirkan Kesehatan Ibu Negara Korea Utara di Tengah Pandemi Virus Corona

Sebelumnya, Kim Jong Un secara konsisten mengklaim bahwa wilayahnya terbebas dari Covid-19.

Walaupun kasusnya sudah membunuh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia.

Pada hari Rabu, media pemerintah Korea Utara menyiarkan segmen cuaca khusus yang memberi peringatan soal fenomena tersebut.

Dalam siaran itu, diklaim bahwa fenomena debu kuning misterius itu akan terjadi keesokan harinya, yakni Kamis.

Baca Juga: Tak Selevel dengan Negara Lain yang Berlomba-lomba Cari Vaksin Covid-19, Kim Jong Un Perintahkan Pasukan Korea Utara untuk Tembak Mati Siapapun yang Berada di Perbatasan Korut-China Demi Hentikan Penyebaran Virus Corona

Kementerian Luar Negeri Republik Demokratik Rakyat Korea dilaporkan mengatakan kepada misi diplomatik dan organisasi internasional lainnya bahwa mereka "sangat merekomendasikan" warganya untuk tinggal di rumah.

Mereka juga disarankan untuk "menutup rapat-rapat" semua jendela dan pintu selama seharian penuh.

"Seperti yang diberitahukan kepada kami, langkah-langkah ini disebabkan oleh fakta bahwa Covid-19 dapat dimasukkan ke wilayah Korea Utara bersama dengan partikel 'debu kuning'," tulis Kedutaan Besar Rusia di Pyongyang di Facebook pada hari Kamis.

Kedutaan itu juga mengklaim bahwa peringatan serupa kepada konsulat Rusia di Chongjin.

Baca Juga: Stok Makanan Makin Menipis, Kim Jong Un Buru Anjing Peliharaan Para Elit Korea Utara untuk Dijadikan Santapan di Restoran

Peringatan itu juga diterima oleh para pekerja di RasonConTrans, Perusahaan Rusia-Korea Utara yang berada di Kota Rason, Korea Utara.

NK News melaporkan "hampir tidak ada warga yang terlihat di jalanan Pyongyang pada hari Kamis".

Mengklaim telah diberi tahu oleh seorang sumber di Korea utara, laporan itu menyebut hanya ada segelintir orang yang pergi ke luar.

Mereka tampak mengenakan jas hujan, meskipun cuaca pada hari itu sedang cerah.

Baca Juga: Tak Gunakan Masker, Warga Korea Utara Bakal Dihukum Kerja Paksa Selama 3 Bulan oleh Kim Jong Un

Pekerja di lokasi konstruksi di seluruh penjuru negeri juga "dilarang" bekerja di luar ruangan pada hari Kamis, lapor Korean Central News Television.

Kamis pagi, surat kabar Rodong Sinmun yang dikelola pemerintah menekankan bahwa pekerja karantina anti-epidemi di seluruh negeri diwajibkan "mengenali dengan jelas perihal virus ganas yang memasuki" Korea Utara melalui debu kuning.

Artikel tersebut mengklaim bahwa penelitian di seluruh dunia telah menunjukkan bahwa Covid-19 dapat "ditularkan melalui udara".

Oleh karena itu, Korea Utara harus mengatasi penyebaran debu kuning yang masuk ke wilayahnya secara misterius.

Baca Juga: Dugaan Kasus Covid-19 Dilaporkan Korea Utara untuk yang Pertama Kalinya, Pasien Ditemukan di Kota yang Berbatasan Langsung dengan Korea Selatan

(*)

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Mirror

Baca Lainnya