9 Bulan Sama Sekali Tak Pernah Tampak Batang Hidungnya, Keberadaan Istri Kim Jong Un Jadi Pertanyaan, Desas-desus Khawatirkan Kesehatan Ibu Negara Korea Utara di Tengah Pandemi Virus Corona

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 18:00
KCNA

Keberadaan istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju menjadi pertanyaan setelah sang Ibu Negara Korea Utara tak menampakkan batang hidungnya selama sembilan bulan terakhir.

Sosok.ID - Sudah sembilan bulan lamanya sejak Istri Pimpinan Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Ri Sol Ju tak menampakkan batang hidungnya ke publik.

Sosok ibu Negara Korea Utara itu tak pernah terlihat sejak dia berfoto dengan seorang kerabat yang diperkirakan telah dieksekusi.

Dilansir Sosok.ID dari Mirror, menghilangnya Ri Sol Ju itu telah menimbulkan berbagai spekulasi.

Salah satunya, karena masalah kesehatan atau gegara pandemi virus corona.

Baca Juga: Ingin Buktikan Sendiri Soal Kejamnya Hidup di Korea Utara, WNI Ini Beranikan Diri Kunjungi Kampung Halaman Kim Jong Un Meski Khawatir Tak Akan Bisa Pulang: Ternyata Tidak Semenakutkan yang Kita Dengar

Warga Korea Utara diam-diam bertanya-tanya apa yang terjadi pada Ri Sol Ju menyusul adanya "tiga" rumor beredar di dalam negeri, demikian dilaporkan.

Wanita 31 tahun yang belakangan melewatkan acara-acara penting itu terakhir kali difoto oleh media pemerintah pada 25 Januari 2020 lalu.

Tepatnya saat ia dan mendampingi suaminya menghadiri pertunjukan Tahun Baru Imlek di sebuah teater di Pyongyang.

Pasangan itu terlihat duduk di sebelah bibi Kim Jong Un, Kim Kyong Hui (74) yang kala itu kemunculannya mengejutkan publik.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Telah Dieksekusi Mati Gegara Kasus Pornografi, Inilah Sosok Mantan Kekasih Kim Jong Un yang Sering Buat Ibu Negara Korea Utara Termakan Api Cemburu

Sebab, momen itu merupakan pertama kalinya Kim Kyong Hui menampakkan dirinya ke publik sejak 6 tahun silam.

Karena tak pernah muncul ke publik, publik berspekulasi bahwa Kim Kyong Hui telah dieksekusi seperti suaminya, Jang Song Thaek.

Di mana pria 67 tahun itu dieksekusi pada Desember 2013 setelah ia dituduh hendak mengambil alih kekuasaan ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il yang meninggal dunia pada Desember 2011.

Ri Sol Ju, dilaporkan tak terlihat dalam parade militer Korea Utara yang digelar pada 10 Oktober 2020 lalu.

Baca Juga: Gegara Foto 'Panas' Ri Sol Ju yang Dikirim Pembelot Korea Utara, Kim Jong Un Murka dan Ancam Perang Dunia III dengan Korea Selatan

Padahal sebelumnya ia pernah menghadiri acara serupa bersama sang suami.

Seorang sumber mengatakan kepada Daily NK, situs web yang dikendalikan para pembelot di Seoul, bahwa Korea Utara telah menyadari ketidakhadiran Ri Sol Ju dan mendiskusikan penyebab absennya sang Ibu Negara.

Ada tiga rumor yang bereder di Korea Utara soal hilangnya Ri Sol Ju dari publik tersebut, tambah sumber itu.

Salah satu di nataranya berspekulasi bahwa Ri sedang mengalami masalah kesehatan, lapor situs web tersebut.

Baca Juga: Tiba-tiba Muncul ke Publik Setelah Menghilang Selama 6 Tahun, Bibi Kim Jong Un Tak Ragu Duduk Sejajar dengan Sosok yang Habisi Nyawa Suaminya

Namun, itu bukanlah teori utamanya.

Ada yang berspekulasi bahwa Ri sedang merawat bibi Kim Jong Un, Kim Kyong Hui.

Sebab, adik perempuan Kim Jong Il itu dikatakan tengah mengalami kondisi kesehatan yang buruk.

Daily NK melaporkan: "Desas-desus ini adalah yang paling umum di masyarakat karena disebarkan oleh orang-orang yang memiliki 'akses cepat ke informasi'.

Baca Juga: Keluar Lubang Buaya Malah Masuk ke Kandang Macan, Susah Payah Pertaruhkan Nyawa Demi Kabur dari Korea Utara Gegara Masalah Kelaparan, Hidup Pembelot Korut Ini Justru Makin Menderita Usai Dijual ke Tempat Pelacuran

Dikatakan bahwa "kasih sayang" Kim Jong Un untuk bibinya mulai tumbuh setelah dia mengeksekusi suaminya.

Dia juga dilaporkan memperlakukan Kim Kyong Hui sebagai "penatua keluarga" dan memastikan dia "dirawat secara khusus".

Rumor ketiga adalah Ri fokus pada pendidikan putrnya, yang dikabarkan lahir pada 2013 dan sekarang akan memasuki sekolah dasar.

"Rumor ini bisa jadi benar, bagaimanapun, jika Ju-ae mulai bersekolah normal seperti anak-anak lainnya," lapor Daily NK.

Baca Juga: Stok Makanan Makin Menipis, Kim Jong Un Buru Anjing Peliharaan Para Elit Korea Utara untuk Dijadikan Santapan di Restoran

"Beberapa warga Korea Utara dilaporkan percaya bahwa Ri, sebagai ibu Ju-ae, secara alami akan turun tangan langsung mengurusi pendidikan putrinya, termasuk aktivitas yang berfokus pada perannya sebagai putri pemimpin negara."

Setelah mengunjungi Korea Utara pada September 2013, pensiunan pemain bola basket Amerika Dennis Rodman mengatakan kepada wartawan bahwa dia menggendong bayi itu dan dia diberi nama Ju-ae.

Pengamat Korea Utara di Korea Selatan mencurigai hilangnya Ri karena penyebaran virus corona.

Penampilan publik terakhirnya terjadi ketika Covid-19 menjadi krisis global.

Baca Juga: Kotorannya Simpan Rahasia Negara, Kim Jong Un Sampai Diwajibkan Bawa Jamban Kemanapun Perginya, Siapa yang Berani Sentuh Toilet Pribadinya Bakal Dihukum Mati

Dikatakan, dia takut menghadiri acara publik, terutama pertemuan massal, karena bisa membahayakan anak-anaknya.

Korea Utara mengkonfirmasi pada Juli 2012 bahwa Kim dan Ri menikah, sebulan setelah dia terlihat bersamanya untuk pertama kalinya di depan umum.

(*)

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Mirror

Baca Lainnya