Bak Diperkosa Negara-Negara Besar, Arsip Rahasia Inggris Ini Bocorkan Negara-negara yang Terlibat Dalam Penghancuran Timor Leste, Australia yang Bertingkah Sok Pahlawan Aslinya Sama Saja

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 17:35
intisari

Bendera Timor Leste.

Sosok.ID-Seperti yang kita ketahui dan secara umum diketahui dunia, Indonesia melakukan invasi ke Timor Leste tahun 1975 dalam rangka mempertahankan wilayahnya.

Dalam invasi itu ada peran Amerika yang secara aktif membantu memasok senjata hingga otak di balik invasi tersebut.

Akan tetapi, dalam sebuah dokumen, yang dikutip dariIndependent Australia, pemerintah Inggris, Australia, dan Amerika disebut-sebut terlibat di dalamnya.

Hal itu diungkapkan dalam penelitian terbaru di Arsip Nasional (UK) tahun 2017, mengenai British Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan Timor Leste.

Baca Juga: Perang Armenia-Azerbaijan Semakin Brutal, Saling Lempar Bom hingga Puluhan Kota Luluh Lantak, Warga Setempat Sedang Butuh Pertolongan, ‘Tapi Kenapa Dunia Diam?’

Ada tiga poin dalam penelitian tersebut, salah satunya Inggris disebut-sebut terlibat dalam penghancuran Bumi Lorosae.

Inggris dipandang memiliki informasi yang jelas melalui hubungan kedutaan dengan Australia, dan semua peristiwa dan perkembangan Timor Leste sebelum dan sesudah invasi Indonesia.

Kedua, Inggis seperti rekan Australia, mereka tahu banyak tentang pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Timor Leste.

Ketika hal yang paling mengejutkan adalah campur tangan Inggris berhubungan dengan Indonesia dalam invasi Timor Leste.

Halaman Selanjutnya....................

Editor : Intisari Online

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya