Hanya Butuh 1 Jam, China Sikat Habis Durian Musang King dari Malaysia

Rabu, 07 Oktober 2020 | 09:13
Tribunnews

Hanya Butuh 1 Jam, China Sikat Habis Durian Musang King dari Malaysia

Sosok.ID - Warga China ternyata lagi mengandrungi durian.

Penjualan online durian di sana sedang laku keras.

Tidak usah bicara hari, hanya dengan hitungan jam setiap durian yang dijual ludes dibeli.

Salah satunya ialah durian Musang King dari Malaysia.

Baca Juga: Gagal Balikan Malah Lanjut 'Caplok' Ayah sang Mantan Hingga Terancam Jadi Ibu Tiri, Gadis 19 Tahun Ini Dipuji Netizen Setinggi Langit

Total rekor 300.000 durian Musang King ludes terjual dalam waktu kurang dari satu jam dalam penjualan kilat online di China.

MelansirThe Star,penjualan online kemarin adalah bagian dari festival durian online China-Malaysia (Guangxi) 2020 di kota Qinzhou, China.

Dengan berat total sekitar 60 ton, durian terjual habis tepat dalam waktu 50 menit 48 detik dengan penjualan tercatat bernilai sekitar 61,2 juta ringgit Malaysia atau US$ 14,7 juta, yang setara dengan Rp 221 miliar (kurs Rp 14.734).
Penjualan rekor diumumkan pada peluncuran festival durian, yang dilakukan secara online dari tiga situs - di Qinzhou, di Kuala Lumpur dan Raub, Pahang.

Utusan khusus Perdana Menteri untuk China Tiong King Sing mengatakan dia yakin bahwa ekspor durian Malaysia ke China pada akhirnya akan berkontribusi pada perdagangan bilateral antara kedua negara.

Baca Juga: Seantero Indonesia Sepakat Lesty Kejora Berjodoh dengan Rizky Billar Gegara Wajah Mirip,Ayah sang Biduan: Nggak Ngerti Apanya yang Mirip!

Menurut statistik, China mengimpor 600.000 ton durian senilai US$ 1,7 miliar tahun lalu, dengan 7.700 ton durian senilai US$ 67 juta berasal dari Malaysia.

“Meskipun ada wabah Covid-19, saya yakin permintaan durian Malaysia tidak akan terancam,” katanya dalam pidato yang dibacakan oleh direktur dewan bisnis Malaysia-China Datuk Fong Tian Yong pada acara di Kuala Lumpur.

“Kita harus terus meningkatkan jumlah ini untuk memberi manfaat bagi kedua negara dalam hal ekonomi, dan berbagi sumber daya, budaya, dan pengetahuan,” tambahnya.

Masih mengutipThe Star,China mengimpor 3.200 ton pulp dan pasta durian beku dari Malaysia senilai US$ 41 juta pada 2018.

Baca Juga: Sudah Jor-joran Kucurkan Ongkos Nikah Rp 120 Juta, Wanita Ini Malah Kudu Telan Pil Pahit Jadi Viral Gegara Suami Endingnya Main Serong

Wakil ketua China-Malaysia Qinzhou Industrial Park Datuk Beh Hang Kong mengatakan mereka sedang menjajaki kemungkinan mendirikan hub durian Malaysia di kawasan industri.

Dia mengatakan, hub itu akan mencakup semuanya mulai dari rantai pasokan, logistik, pemrosesan, industri hilir hingga bazar durian permanen.
“Dari penelitian kami, hanya sekitar 3% penduduk China yang pernah mencoba durian Malaysia. Saya sangat yakin durian bisa menjadi ekspor besar bagi negara kita,” ujarnya seperti yang dilansirThe Star.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Rekor! Kurang dari 1 jam, warga China borong durian Musang King Malaysia Rp 221 M"

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : kontan

Baca Lainnya