Dikira Teman Tapi Diam-diam Menusuk dari Belakang, Timor Leste Kini Ogah Ketipu Akal Bulus Australia yang Sengaja Bantu Bumi Lorosae Lepaskan Diri dari NKRI karena Incar Ini

Rabu, 09 September 2020 | 10:13
vrijoosttimor.com

Tentara Australia ketika berada di Timor Leste saat kerusuhan tahun 2006 terjadi

Sosok.ID - Butuh perjuangan yang tak main-main bagi Tiomor Leste untuk melepaskan diri dari NKRI.

Negara tetangga, Australia pun berjasa besar bagi Bumi Lorosae untuk memperoleh kemerdekaannya.

Negeri Kanguru bahkan memberikan bantuan militer kepada Timor Leste.

Akan tetapi akal bulus Australia juga terungkap bahwa sejatinya, mereka menginginkan sesuatu yang besar dari kemerdekaan Timor Leste.

Baca Juga: Bertindak Bagai Musuh dalam Selimut Bagi Timor Leste, Nyali Australia Nyatanya Langsung Ciut Saat Bumi Lorosae Minta Bantuan ke China Soal Ini

Tak lain adalah batas maritim yang menguntungkan Australia.

Masalah perbatasan adalah sesuatu yang telah dipersengketakan oleh Dili dan Canberra, selama 1 dekade lebih, bahkan telah dibawa ke Mahkamah Tetap Arbritase di Den Haag, Belanda.

Tahun 2017, pembatalan maritim itu mengemuka setelah Timor Leste secara resmi ingin mengakhiri perjanjian Certain Maritime Arrangemetsin the Timor Sea (CMATS).

Perjanjian itu membagi dua keuntungan dari persediaan minyak dan gas bumi di kawasan maritim tersebut seperti dilansir dari BBC.

Baca Juga: Sejak Melepaskan Diri dari NKRI Selalu Disokong Australia, Terungkap Kekuatan Militer Timor Leste Usai 18 Tahun Merdeka

Pernyataan itu tidak mencantumkan tanggal pasti, namun keduanya berkomitmen merundingkan batas maritime permanen baru.

Sebelum pembatalan itu, bagi Australia sangat menguntungkan, karena secara teritorial wilayah itu milik Timor Leste.

Namun, tindakan Australia yang membantu Timor Leste lepas dari Indonesia membuatnya berhutang budi pada negeri kangguru itu.

Timor Leste yang memisahkan diri dari Indonesia tahun 2002, menandatangani perjanjian CMATS dengan Australia tahun 2006.

Baca Juga: Bertindak Layaknya Pahlawan Bantu Padamkan Kerusuhan Timor Leste Usai Melepaskan Diri dari NKRI, Australia Rupanya Punya Motif Terselubung, Laut Timor Sudah Diincar Sejak Awal oleh Negeri Kanguru

Perjanjian itu mencakup ladang gas Greater Sunrise, bernilai miliaran dollar terletak di wilayah maritime kedua negara.

Perjanjian itu mengatur batas maritime kedua negara, dan berlaku selama 50 tahun.

Namun, jika perjanjian itu diakhiri kedua negara harus merundingkan lagi batas permanen baru.

Timor Leste sadar betul, negeri yang awalnya mengaku teman itu, hanya mencari cara mengeruk keuntungan dari Bumi Lorosae.

Baca Juga: Jadi Negara Termiskin di Dunia Usai Setengah Mati Lepaskan Diri dari Indonesia, Begini Penampakan Perbatasan Timor Leste yang Berbanding Terbalik 180 Derajat dengan Wilayah Miskin di NKRI

Australia sejak lama bersikeras batas itu harus melampaui landas kontinennya dan lebih dekat ke pesisir Timor Leste.

Namun, mereka gagal mencapai kesepakatan itu, dan sebagai gantinya mereka membagi kekayaan energi yang dihasilkan di wilayah itu.

Kawasan itu dikenal dengan nama Kawasan Pengembangan Minyak bersama (Joint Petroleum Development Area).

Timor Leste mendapatkan 90% royalti dari kawasan itu dan masuk ke kas negara mereka.

Baca Juga: Setengah Mati Lepaskan Diri dari NKRI, Timor Leste Justru Makin Sengsara Setelah Merdeka, Kini Sandang Gelar Negara Termiskin di Dunia hingga Dikabarkan akan Segera Bangkrut

Sementara Duta Besar Timor Leste untuk Australia Abel Guterres, yang sadar negaranya dikadali, berharap Australia akan menerima hukuman internasional dalam menentukan perbatasan.

"Kami menyambut Australia untuk mengabil langkah ini supaya kami dapat menyelesaikan masalah ini," ujar Guterres pada AP.

Timor Leste dan Australia membuka perundingan, tentang batas maritim, di hadapan panel beranggotakan lima pakar.

Sebelum perudingan itu, Timor Leste malah disadap Australia di kantor kabinetnya, begitu ketahuan mereka berdalih itu adalah perbaikan, untuk mendapat informasi gas laut Timor tahun 2004.

Baca Juga: Seorang Diri Sanggup Buat Negaranya Kacau Balau hingga Nekat Tembak Presidennya Sendiri, Inilah Sosok Alfredo Reinaldo, Pria yang Berjuang Mati-matian untuk Lepaskan Timor Leste dari Indonesia Tapi Justru Tak Dihormati

Timor Leste yang ogah terus-terusan dikadali Australia memutuskan untuk membatalkan perjanjian lautnya.

Alasan utamanya dugaan mata-mata, penyadapan, hingga perundingan komersial yang tidak adil.

Sengketa itu memperburuk hubungan antara Timor Leste dan Australia, teman yang awalnya bantu kemerdekaan justru seolah-olah menusuknya secara perlahan.

(Afif Khoirul M)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Ogah Terus-Terusan Dikadali Australia, Timor Leste Bongkar Kelicikan Australia Awalnya Bantu Melepaskan Diri Dari Indonesia Kemudian Menusuknya Secara Diam-Diam

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya