Bertindak Bagai Musuh dalam Selimut Bagi Timor Leste, Nyali Australia Nyatanya Langsung Ciut Saat Bumi Lorosae Minta Bantuan ke China Soal Ini

Senin, 31 Agustus 2020 | 08:13
China Military

Angkatan Bersenjata China

Sosok.ID - Semenjak berpisah dari NKRI, Timor Leste banyak dibantu oleh Australia untuk membangun negaranya.

Namun, hubungan kedua negara itu ternyata tak selamanya mulus.

Australia rupanya pernah menyadap Timor Leste di kantor kabinetnya pada tahun 2004 silam.

Australia sendiri memang memiliki agenda tersendiri dalam membantu kemerdekaan Timor Leste.

Baca Juga: Bertindak Layaknya Pahlawan Bantu Padamkan Kerusuhan Timor Leste Usai Melepaskan Diri dari NKRI, Australia Rupanya Punya Motif Terselubung, Laut Timor Sudah Diincar Sejak Awal oleh Negeri Kanguru

Salah satunya adalah, mendapat manfaat teritorial laut antara Australia dan Timor Leste tanpa adanya campur tangan Indonesia.

Namun, negara itu ternyata juga menjadi musuh di dalam selimut bagi Bumi Lorosae.

Penyadapan itu, membuat hubungan antara Timor Leste dan Australia semakin tegang sehingga Timor Leste pernah dikatakan meminta bantuan ke China.

Mengutip The Strategist, pasca penyadapan itu, Timor Leste meminta bantuan ke China.

Baca Juga: Jadi Negara Termiskin di Dunia Usai Setengah Mati Lepaskan Diri dari Indonesia, Begini Penampakan Perbatasan Timor Leste yang Berbanding Terbalik 180 Derajat dengan Wilayah Miskin di NKRI

Permintaan itu dibuat oleh menteri pertahanan dan kemanan Timor Leste, Filomeno Paixao.

Pembicaaran itu dilakukan dengan Laksamana Muda Yu Wenbing dari Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA).

Pembicaraan berlangsung selama kunjungan ke Dili untuk melatih Angkatan Laut Timor Leste, dan melakukan pembicaraan soal kapal perang China.

Hal itu membuat Australia resah, karena pengaruh militer Beijing yang mulai tumbuh di Dili.

Baca Juga: Setengah Mati Lepaskan Diri dari NKRI, Timor Leste Justru Makin Sengsara Setelah Merdeka, Kini Sandang Gelar Negara Termiskin di Dunia hingga Dikabarkan akan Segera Bangkrut

Permintaan China untuk melatih perwira Angkatan Laut Timor, dikonfirmasi oleh sumber pertahanan lokal.

Perwira dengan awak kapal Qi Jiguang, yang berbobot 5.548 ton, dan sebuah kapal pelatihan Type-679, menerima sambutan gala saat kapal itu dibawa ke Dili.

Kapal patroli kelas Shanghai, adalah satu dari dua yang dibeli Timor Leste dari China pada tahun 2008 untuk melindungi wilayah maritimnya.

Kunjungan kapal perang China itu dianggap sensitif oleh Australia, membuat Perdana Menteri Australia Scott Morison melakukan kunjungan ke Timor Leste.

Baca Juga: Bukannya Merugikan, Rupanya Begini Alasan Cerdas BJ Habibie Pilih Lepaskan Timor Leste 20 Tahun Lalu yang Kini Justru Menguntungkan Indonesia dan Dapat Respon Baik dari Dunia

Kunjungan Morison salah satunya adalah agenda untuk memperkuat pengaruhnya.

Morrison juga berjanji memberikan paket langkah dukungan maritim untuk dukungan peningkatan pelabuhan angkatan laut kecil di Hera, timur Dili.

Hera akan menjadi pelabuhan rumah bagi dua kapal patroli kelas Guardian baru yang diberikan kepada Timor Leste di bawah Program Keamanan Maritim Pasifik Canberra, dengan pengiriman hingga 2023.

Timor Leste menjadi satu dari 13 negara yang menerima kapal patroli, yang akan dibangun di halaman Austal di Australia Barat.

Baca Juga: Dipecundangi Australia, Timor Leste 'Ngemis' Sokongan dari PLA China, Militernya Terlalu Lemah untuk Balas Dendam Sendirian

Progam ini merupakan bagian dari insentif maritim, untuk memanfaatkan kekuatan lunak di kawasan Asia-Pasifik untuk melawan pengaruh investasi China.

Meski demikian, bagi Timor Leste membangun hubungan dengan China, dianggap sebagai nilai yang berguna, dalam segi ekonomi dan pertahanan.

Tetapi Australia juga tidak selamanya buruk bagi Timor Leste, karena Dili menyambut baik kapal pemberian Australia itu untuk meningkatkan kemanan negerinya.

Brigadir Jenderal Falur Rate Laek, dari Angkatan Pertahanan Timor Leste, menyebut ketegangan dengan Australia tidak mempengaruhi kerja sama antara kedua negara itu.

Baca Juga: Orang Australia Ini Kuliti Borok Negaranya Sendiri yang Pecundangi Timor Leste Pasca-Merdeka, Sebut Cerita Ini Wajib Disiarkan ke Seluruh Dunia

(Afif Khoirul M)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Hampir Tak Ada yang Tahu, Saat Timor Leste Disadap Oleh Australia, Ternyata Mereka Pernah Minta Bantuan Ke China Untuk Lakukan Hal Ini, Australia Sampai Dibuat Ketar-Ketir

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya