Bukan Kim Yo Jong, Inilah Sosok yang Digadang-gadang Bakal Gantikan Kim Jong Un untuk Pimpin Korea Utara Selama sang Diktaktor Terbaring Koma

Rabu, 26 Agustus 2020 | 13:13
Via Mirror

Foto Kim Jong Un yang dirilis oleh media nasional Korea Utara yang diklaim diambil pada Jumat (4/5/2020).

Sosok.ID - Kabar mengejutkan datang dari Korea Utara.

Sang Pimpinan Tertinggi Kim Jong Un dikabarkan tengah mengalami koma.

Tombak kepemimpinan di Korea Utara pun menjadi pertanyaan publik.

Rupanya, paman Kim Jong Un, Kim Pyong Il lah yang disebut bakal mengambil alih kepemimpinan setelah keponakannya dirumorkan koma.

Baca Juga: Berita Duka, Kim Jong Un Terbaring Koma, Tampuk Kekuasaan Dialihkan kepada si 'Bringas dan Kejam' Kim Yo Jong

Pada tahun ini, Kim begitu jarang tampil di depan publik, ketika sejak April berbagai macam rumor mengenai kondisi kesehatannya bermunculan.

Daily NK yang mengutip sumber di intelijen Korea Selatan melaporkan, Kim Pyong Il yang merupakan saudara tiri Kim Jong Il akan meneruskan kekuasaan.

Pria 65 tahun itu diketahui merupakan segelintir anak dari pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, yang masih hidup pada saat ini.

Dilansir The Sun, Senin (24/8/2020), Kim Pyong Il dikirim menjadi duta besar di sejumlah negara setelah Kim Jong Il menjadi pemimpin tertinggi.

Baca Juga: Terbaring Tak Berdaya di Atas Tempat Tidur, Kim Jong Un Beri Kekuasaan Penuh Pada Adik Perempuannya yang Kejam Sesaat Sebelum Koma

Diketahui, paman Kim Jong Un itu menjadi perwakilan Korut selama empat dekade di negara seperti Finlandia, Polandia, dan Republik Ceko sebelum kembali pada 2019.

Kabar tersebut muncul setelah eks pejabat Korea Selatan, Chang Song-min, pertama kali melontarkan klaim bahwa Kim Jong Un koma.

Bahkan, pejabat pada era Presiden Kim Dae-jung itu menyatakan bahwa adik Kim, Kim Yo Jong, yang bakal menggantikan kakaknya.

"Saya meyakini saat ini dia berada dalam keadaan koma.

Baca Juga: Diduga Sudah Kewalahan Urusi Negaranya, Kim Jong Un Angkat Kim Yo Jong Jadi Pimpinan Tertinggi Kedua di Korea Utara

"Namun jelas, hidupnya untuk sementara ini belum berakhir," kata Chang kepada media lokal.

Sejumlah kalangan menyebut klaim Chang itu "absurd", dan pakar Korut meyakini bahwa pergantian kekuasaan ke adik Kim tak akan semulus yang terjadi.

Thae Yong Ho, mantan Wakil Duta Besar Korut untuk Inggris sebelum membelot pada 2016 berujar, Kim Pyong Il jelas adalah kandidat terkuat.

Selain karena dia merupakan salah satu keturunan langsung dari Kim Il Sung, fakta tak terbantahkan lain adalah sang paman adalah pria.

Baca Juga: Stok Makanan Makin Menipis, Kim Jong Un Buru Anjing Peliharaan Para Elit Korea Utara untuk Dijadikan Santapan di Restoran

Para petinggi Korea Utara yang begitu konservatif jelas tidak akan menyerahkan kekuasaan kepada Kim Yo Jong begitu saja.

Selain karena dia merupakan perempuan, usianya juga dianggap masih terlalu muda untuk menjadi orang nomor satu, yaitu diyakini 33 tahun.

(Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Paman Kim Jong Un Disebut Bakal Ambil Alih Kekuasaan karena Keponakannya Koma"

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya