Orang Australia Ini Kuliti Borok Negaranya Sendiri yang Pecundangi Timor Leste Pasca-Merdeka, Sebut Cerita Ini Wajib Disiarkan ke Seluruh Dunia

Minggu, 23 Agustus 2020 | 18:13
vrijoosttimor.com

Tentara Australia ketika berada di Timor Leste saat kerusuhan tahun 2006 terjadi

Sosok.ID -Merdekanya Negara Timor Leste dari Indonesia, tak lepas dari bantuan beberapa negara.

Dua di antaranya yakni berkat Portugal dan Australia.

Bukan rahasia lagi bahwa Australia merupakan negara yang memiliki hubungan diplomatik naik turun dengan Indonesia.

Sehingga tak heran jika negeri Kanguru getol ingin membantu Timor Timur lepas dari Tanah Air, dan berdiri sendiri sebagai Timor Leste.

Baca Juga: Sokong Kemerdekaan Timor Timur, Australia sampai Kerahkan F-111 untuk Bom Jakarta, Interfetnya Jiper Dibayangi Kapal Selam TNI AL

Kendati demikian, melansirGreenleft.org.au., ada maksud tersembunyi di balik keinginan Australia.

Rupanya, Australia menginginkan sesuatu yang besar dari Bumi Lorosae, dimana informasi ini dibeberkan sendiri oleh seorang warga Australia.

Ia adalah Bernard Collaery, yang dikenal sebagai pendukung hukum Timor Leste.

Mengatakan bahwa di pihak pemerintah Australia secara berturut-turut telah mengincar dan mencuri sumber daya negara itu secara ilegal dan tak bermoral.

Baca Juga: Bertindak Layaknya Pahlawan Bantu Padamkan Kerusuhan Timor Leste Usai Melepaskan Diri dari NKRI, Australia Rupanya Punya Motif Terselubung, Laut Timor Sudah Diincar Sejak Awal oleh Negeri Kanguru

Dia telah menjadi temandan penasihat pemimpin kemerdekaan Timor Leste, Xanana Gusmao, penasihat Saksi K, dan mata-mata yang membocorkan informasi tentang penyadapan Australia di ruang kabinet Timor Leste.

Dia juga membela dalam persidangan tertutup, terhadap tuduhan menerima orang Australia secara tidak benar dalam dokumen rahasia.

Secara terbuka dia telah menunjukkan borok Australia yang selalu memandang Bumi Lorosae sebagai obyek pasif.

Menurutnya tindakan Australia menjadikan Timor Leste sebagai obyek sapi perahan adalah nyata, negeri itu dirampok habis-habisan dari sumber daya petrokimia, baik untuk rezim buruh maupun liberal.

Baca Juga: Miskin dan Pontang-panting, 1 dari 3 Negara yang Dulu Bantu Sokong Kemerdekaan Timor Leste Kini Justru Rongrong Hasil Minyak Bumi Lorosae

Timor Leste memang merupakan koloni Portugis, namun Australia memiliki kebijakan lama untuk menguasai Laut Timor secara sembunyi-sembunyi.

Australia secara ilegal mengeluarkan izin ekplorasi minyak yang merambah perairan Portugis.

Seperti yang diperlihatkan Collaery, dia berpendapat helium yang terkandung dalam cadangan milik Timor Leste sangat diinginkan Australia.

Bahkan hal itu melebihi minyak dan gas alam milik Timor Leste.

Baca Juga: Dipecundangi pun Timor Leste Tak Tinggal Diam! Dosa Besar Autralia di Masa Lalu Kini bak Bukti Munafiknya Negeri Kanguru atas Klaim China

Helium adalah bahan sterategis, berharga mahal.

Para Menteri Australia sengaja menyembunyikan informasi keberadaan Helium saat bernegosiasi dengan kepemimpinan Timor Leste pasca kemerdekaan.

Bahwa helium bisa memperkaya perusahaan yang terlibat bagi Australia.

Collaery menjelaskan, sangat penting bagi warga Australia untuk menyadari sejauh mana amoralitas, ketidakjujuran, dan kolusi dari penguasanya.

Baca Juga: Jadi Negara Termiskin di Dunia Usai Setengah Mati Lepaskan Diri dari Indonesia, Begini Penampakan Perbatasan Timor Leste yang Berbanding Terbalik 180 Derajat dengan Wilayah Miskin di NKRI

Hal itu jika diteruskan bisa menghancurkan kehidupan orang Timor Leste, dengan tidak berperasaan.

Collaery adalah pengacara seumur hidup yang menjabat sebagai wakil ketua Menteri dan Jaksa Agung di pemerintahan ACT.

Dia gagal sebagai penulis, karena lebih banyak mengeksplorasi hukum daripada narasinya

Sebagai orang Australia dia adalah teman dekat dan orang kepercayaan Xanana Gusmao, yang bertahun-tahun terlibat konflik politik dengan pemimpin Fretilin, Mary Alkatiri.

Baca Juga: Seorang Diri Sanggup Buat Negaranya Kacau Balau hingga Nekat Tembak Presidennya Sendiri, Inilah Sosok Alfredo Reinaldo, Pria yang Berjuang Mati-matian untuk Lepaskan Timor Leste dari Indonesia Tapi Justru Tak Dihormati

Alkatiri digambarkan ingin mendapatkan sejumlah dana pemerintah untuk membangun Timor Leste, dan bernegosiasi dengan Australia.

Sayangnya mereka justru dirampok sementara tak satupun PBB yang mengakui tipu muslihat pemerintah Australia.

Menurut Collaery, cerita ini harus disiarkan ke seluruh dunia, menganggapnya sebagai sumber yang baik untuk menusuk kelas penguasa Australia. (Afif Khoirul M)

Artikel ini telah tayang di Intisari.ID dengan judul: Malu dengan Kelakuan Negerinya Sendiri, Orang Australia Ini Bongkar Borok Australia di Timor Leste, Kelicikan Australia Menjadikan Bumi Lorosae Sebagai Sapi Perah Adalah Nyata

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya