Diduga Sudah Kewalahan Urusi Negaranya, Kim Jong Un Angkat Kim Yo Jong Jadi Pimpinan Tertinggi Kedua di Korea Utara

Jumat, 21 Agustus 2020 | 11:13
(KCTV/Daily Star)

Kim Yo Jong tampak berada di samping kanan kakaknya, Kim Jong Un, yang kini adalah pemimpin tertinggi Korea Utara.

Sosok.ID - Kim Jong Un telah mempromosikan adik perempuannya, Kim Yo Jong sebagai pimpinan tertinggi kedua di Korea Utara.

Dilansir Sosok.ID dari Daily Mail, hal itu dibongkar oleh agen mata-mata Korea Selatan.

Dengan status yang disandang tersebut, Kim Yo Jong diberi tanggung jawab atas kebijakan Korea Utara terhadap AS dan Korea Selatan.

Dengan demikian, ia dapat dikatakan telah menjadi wakil secara de facto, kata kepala mata-mata.

Baca Juga: Stok Makanan Makin Menipis, Kim Jong Un Buru Anjing Peliharaan Para Elit Korea Utara untuk Dijadikan Santapan di Restoran

Kim Jong Un memang masih mempertahankan 'otoritas absolut' atas Korea Utara.

Tetapi ia telah mendelegasikan beberapa tanggung jawab untuk membantunya menangani 'tekanan' dalam pemerintahan, katanya.

Laporan itu muncul beberapa bulan setelah sang Diktaktor Korea Utara itu menghilang dari publik selama 21 hari.

Hal itu kemudian menimbulkan desas-desus bahwa pria 36 tahun itu sedang sakit parah.

Baca Juga: Kotorannya Simpan Rahasia Negara, Kim Jong Un Sampai Diwajibkan Bawa Jamban Kemanapun Perginya, Siapa yang Berani Sentuh Toilet Pribadinya Bakal Dihukum Mati

Ha Tae Kyung, anggota Komite Intelijen Korea Selatan, mengatakan kepala mata-mata mengungkapkan pengalihan kekuasaan itu dalam pengarahan, Kamis (20/8/2020).

"Kim Jong Un masih mempertahankan otoriatas absolutnya.

"Tetapi beberapa di antaranya telah dierahkan sedikit demi sedikit," katanya, menurut Chosun Ilbo.

Kendati demikian, dengan menjadikan Kim Yo Jong sebagai wakil, bukan berarti ia akan menjadi penerus Kim Jong Un nantinya, tambah surat kabar itu.

Baca Juga: Bertaruh Nyawa Tipu Kim Jong Un untuk Melarikan Diri, Pria Ini Langsung Ngemis-ngemis Minta Maaf Saat Dipertemukan Kembali dengan sang Pimpinan Korea Utara

Selain Kim Yo Jong, bawahan lainnya juga diberi tanggung jawab tambahan, kata Korea Selatan.

Kim Jong Un diperkirakan memiliki tiga anak dari istrinya, Ri Sol Ju, yang tidak pernah terlihat di muka umum.

Mereka diperkirakan berusia sepuluh, tujuh, dan tiga tahun.

Kim Yo Jong telah mengambil peran yang lebih menonjol dalam struktur kepemimpinan Korea Utara menyusul kecurigaan atas kesehatan kakaknya pada Mei lalu.

Baca Juga: Gegara Foto 'Panas' Ri Sol Ju yang Dikirim Pembelot Korea Utara, Kim Jong Un Murka dan Ancam Perang Dunia III dengan Korea Selatan

Pada bulan Juni, dia bahkan memberi perintah untuk meledakkan kantor penghubung antara Korea Utara dan Korea Selatan akibat selebaran propaganda yang dikirim di perbatasan.

Dia juga dituduh mengorganisir kampanye kontra-selebaran sebagai balas dendam.

Ia juga sosok yang memerintahkan pemasangan pengeras suara untuk memutar pesan propaganda di sepanjang perbatasan.

Dia juga mengancam Korea Selatan dengan tindakan militer yang tidak ditentukan, sampai akhirnya ancaman itu ditarik oleh Kim Jong Un.

Baca Juga: Foto Jauh Lebih Berharga Daripada Nyawa Manusia, Seorang Ibu di Korea Utara Langsung Dikirim ke Penjara Gegara Pilih Selamatkan Anaknya dari Kebakaran, Alih-alih Selamatkan Potret Ayah dan Kakek Kim Jong Un

Pada saat itu, pengamat mengatakan ada kemungkinan bahwa Korea Utara sedang mencoba untuk meningkatkan profil kepemimpinan Kim Yo Jong, untuk jaga-jaga kalau nantinya ia harus menggantikan sang kakak bila kesehatannya menurun.

Lainnya menganggap bahwa pasangan adik kakak itu tengah mengembangkan dinamika 'polisi baik, polisi jahat', yang berpotensi memberikan keunggulan bagi mereka dalam negosiasi dengan kekuatan asing.

Setelah gagalnya pembicaraan soal nuklir dengan Donald Trump.

(*)

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Daily Mail

Baca Lainnya