Didenda Rp 2,9 Juta Hanya Gegara Ayam Jagonya Berkokok Tak Kenal Waktu, Begini Kronologinya!

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 17:42
pixabay

(ilustrasi) Didenda Rp 2,9 Juta Hanya Gegara Ayam Jagonya Berkokok Tak Kenal Waktu, Begini Kronologinya!

Sosok.ID - Nasib malang dialami oleh seorang kakek yang memelihara seekor ayam jago.

Gegara kokokan ayam jagonya, pria lansia tersebut harus membayar denda.

Uniknya, alasannya lantaran ayam jagonya tersebut berkokok tak sesuai jam.

Dengan kata lain, ayam jago tersebut berkokok terlalu pagi hingga membuat pemiliknya di denda sejumlah uang.

Baca Juga: Rela Bahayakan Nyawa, Pria Ini Nekat Pertahankan Perut Besarnya Agar Tak Ditinggal Penggemarnya dengan Konsumsi 10.000 Kalori

Seorang kakek berusia 83 tahun diperintahkan untuk membayar denda sebesar 166 euro (Rp 2,9 juta) karena ayamnya berkokok terlalu pagi.

Angelo Boletti, seorang pensiunan dari kota Castiraga Vidardo, Lombardy, Italia memiliki seekor ayam bernama Carlino yang berkokok dengan keras pukul 04.30 pagi.

Kokokan Carlino yang keras membuat tetangganya bangun dan mengajukan keluhan kepada polisi sebagaimana dilansir dari Oddity Central, Jumat (14/8/2020).

Setelah polisi mendapat laporan keluhan, polisi memantau Carlino dan mengambil kesimpulan bahwa kokokan ayam tersebut dinilai terlalu pagi.

Baca Juga: Ngonten Banding-bandingkan Lesty Kejora dan Cut Syifa Demi Jutaan Penonton, Sahabat Rizky Billar Kena 'Semprot' sang Aktor: Gue Pribadi Kurang Suka!

Petugas polisi memantau Carlino dan mendapati bahwa ayam tersebut mulai berkokok sekitar pukul 4:30 pagi dan terus melakukannya hingga sekitar pukul 6:00 pagi.

Selain itu, aturan setempat mengharuskan bahwa hewan peliharaan harus dijaga pada jarak minimal 10 meter dari rumah tetangga.

Setelah mendapat kesimpulan terjadinya pelanggaran, polisi lantas mendenda Boletti sebagai pemilik Carlino.

"Saya tidak dapat berkata-kata. Aturan apa yang berlaku di sana. Mereka bisa saja memberi tahu saya sebelumnya (aturan) tentang jarak. Saya tidak mengerti,” kata Boletti kepada surat kabar Italia Il Citadino.

Baca Juga: Iseng Jual Kotoran Singa untuk Bertahan Hidup di Tengah Pandemi, Tak Disangka Bisnis Baru Kelompok Sirkus Ini Malah Untung Besar, Dagangannya Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa

Wali Kota Castiraga Vidardo, Emma Perfetti, mengatakan kepada wartawan bahwa pihak berwenang setempat tidak punya pilihan selain mengambil tindakan dalam kasus tersebut.

Pertimbangan utamanya adalah banyak sekali laporan keluhan yang masuk dari warga tentang Carlino.

Dalam pembelaannya, Boletti mengatakan bahwa Carlino telah menjadi ayam peliharaannya selama 10 tahun.

Baca Juga: Hilal Restu Naik Pelaminan Belum Tampak Tapi Halu Keburu Tinggi, Rizky Billar Sebut Pengin Nafkahi Lesty Kejora: Sekarang Lesty Aku yang Urus

Sebelum dilaporkan kepada polisi, para tetangganya sebenarnya telah mengajukan keluhan kepadanya.

Karena mendapat keluhan tersebut, Boletti ingin mmberi ingin memberikan Carlino kepada temannya.

Baca Juga: Pembom Nuklir China Kembali Dikerahkan untuk Takut-takuti Amerika

Dia harus menunggu 20 hari karena temannya sedang berlibur.

Namun belum genap 20 hari, Boletti sudah dijatuhi denda. Warga lanjut usia ( lansia) berusia 83 tahun itu mengatakan dia berencana untuk mengajukan banding agar denda itu dibatalkan.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seorang Kakek Didenda Rp 2,9 Juta Hanya karena Ayamnya Berkokok Terlalu Pagi"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya