Keenakan KKN Sampai Lupa Daratan, Mahasiswa IPB Habiskan Waktu Sampai 15 Tahun untuk Jadi Petani di Desa, Pulang-pulang Langsung Dapat Gelar Insinyur Pertanian

Sabtu, 18 Juli 2020 | 07:13
Hutan Tersisa

Muhammad Kasim Arifin

Sosok.ID - Tinggal di desa dan menyatu dengan warga sekitar biasanya menjadi hal yang melelahkan bagi mahasiswa yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Apalagi bagi mereka yang sedari kecil tinggal dan besar di perkotaan.

Namun tidak dengan mahasiswa yang satu ini.

Ialah Muhammad Kasim Arifin yang justru jatuh cinta dengan tempatnya menjalani KKN.

Baca Juga: Poroti Harta Belasan Wanita yang Terjebak dengan Rayuan Mautnya, Playboy Kampung Kena Getahnya Usai Tak Sengaja Kepincut Polwan Cantik

Bahkan, aktivis bersandal jepit ini menghilang selama 15 tahun karena perasaannya yang melarut pada masyarakat Waimital, Pulau Seram, Maluku.

Pada 1964, dia merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian, IPB.

Awalnya, selama beberapa bulan, Program Pengerahan Mahasiswa (KKN) pun dijalaninya bersama mahasiswa lainnya di Waimital.

Mereka memperkenalkan program Panca Usaha Tani, namun Kasim Arifin nampaknya begitu mendalami tugasnya.

Baca Juga: Blak-blakan Pakai Nada Sinis, Tetangga Singgung Soal Kesombongan Saat Bongkar Tabiat Asli Syahrini : Orang Sini Udah Enggak Mau Tahu Lah

Dia terlibat jauh dalam pengabdian luar biasa dengan mengajar petani untuk meningkatkan hasil tanaman dan ternak mereka.

Saat teman kelompoknya pulang dari program itu, Kasim menolak pulang dan memilih untuk tinggal di Waimital.

Kasim juga membuka jalan desa, membangun sawah, membuat irigasi, dan itu dilakukannya sendiri tanpa bantuan uang dari pemerintah.

Meninggalkan menara gading perkuliahan, Kasim bahkan disapa sebagai Antua oleh warga setempat, yakni sebutan bagi orang yang dihormati di Maluku.

Baca Juga: Kenalkan Pemuda Tampan ke Anak Semata Wayangnya, Ibu Ini Menyesal Seumur Hidup Saat Tahu Identitas Aslinya, Tapi Putrinya Terlanjur Jadi Korban Kebejatannya

Nuraninya terketuk untuk melebur dengan masyarakat, kesehariannya dihabiskan dengan berjalan kaki 20 kilometer menuju sawah untuk 'praktik nyata' pengetahuan yang didapatkannya di bangku perkuliahan.

Terbiasa hanya memakai sendal jepit dan pakaian lusuh, Kasim sangat peduli pada para petani ini dan mendorong mereka untuk menjadi mandiri.

Disuruh Pulang

Saking sepenuh hati mengabdi pada petani hingga 15 tahun lamanya, banyak pihak yang membujuknya untuk pulang dan menyelesaikan kuliahnya.

Baca Juga: Kepala dan Ari-ari Ketinggalan di Rahim, Badan Bayi yang Dilahirkan di Kamar Mandi Langsung Dibungkus Kresek dan Digantung di Atap WC oleh Ibunya

Dari teman, orang tua, hingga rektor IPB sekalipun, Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasution, tidak dipedulikannya.

Namun akhirnya sahabatnya, Saleh Widodo, berhasil membujuknya.

Kasim mendapat gelar insinyur pertanian istimewa, bukan karena skripsi atau ujian kampus, namun karena baktinya selama 15 tahun yang tanpa pamrih dan tak digaji di Waimital.

Dalam 'Hanna Rambe' sebagaimana dikutip hutan-tersisa.org, Meski harus berjalan kaki berkilo-kilo meter keluar-masuk hutan dan perkampungan, Kasim yang memasuki usia 66 tahun (lahir di Langsa, Aceh Timur, 18 April 1938) tidak tampak kelelahan.

Baca Juga: Raffi Ahmad Mendadak Salah Tingkah Saat Tiba-tiba Harus Satu Panggung dengan Ayu Ting Ting, Nagita Slavina : Nggak Usah Gitu-gitu Amat!

"Pekerjaan saya memang seperti ini. Tahun 1960-an saya pernah melintasi jalur ini sampai ke Lokop," ungkapnya.

Lebih detail lagi, Kasim menghitung laju kerusakan hutan per detik, yang menunjukkan angka 965 meter persegi.

Sementara pertambahan penduduk yang rata-rata tiga juta jiwa per tahun pada kenyataannya justru mempercepat laju kerusakan hutan, bukan memperbesar rehabilitasi hutan.

Kasim pun akhirnya mengajar menjadi dosen di Unsyiah, Aceh, dan 'terlambat menikah' serta dikaruniai 3 orang anak.

Baca Juga: Tak Tahu Diri Nyetir Ugal-ugalan, Pengemudi Mobil Ini Malah Tabrak Mati Polisi yang Menegurnya Lalu Kabur Melarikan Diri

Dia juga menerima penghargaan kalpataru.

Pahlawan pertanian ini telah lama meninggal, namun banyak kisah dari hidupnya yang dapat dipjadikan pelajaran bagi generasi sekarang.

(Muflika Nur Fuaddah)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Mengharukan, Betapa Mahasiswa IPB yang 'Hilang' Selama 15 Tahun Ini Memilih Mengakrabi Para Petani dan 'Tinggalkan' Bangku Kuliah, Lebih Nyaman Pakai Sandal Jepit dan Kaos Lusuh

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : intisari online

Baca Lainnya