Kotori Nama Raja Salman dengan Bercak Darah, Pejabat PBB Kuak Pangeran Arab Dalang Penghasutan Pembunuhan Sadis Wartawan Saudi

Selasa, 14 Juli 2020 | 13:13
Anadolu Agency

Tersangka utama dalam kasus pembunuhan wartawan Saudi yakni sang pangeran, Mohammed bin Salman (MBS).

Sosok.ID - Pelapor Khusus PBB Callamard mengatakan, kejahatan terkait kasus pembunuhan jurnalis Saudi 2 tahun silam tak mungkin terjadi tanpa adanya campur tangan kerajaan.

Ini terkait kematian Jamal Khashoggi, wartawan Saudi kolumnis Washington Post berusia 59 tahun yang terbunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Ia terbunuh setelah memasuki konsulat Saudi untuk mendapatkan dokumen pernikahan yang direncanakannya.

Melansir kantor berita Anadolu, seorang pejabat PPB mengatakan bahwa tersangka utama dalam kasus itu yakni sang pangeran, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Baca Juga: 150 Anggota Kerajaan Saudi Dinyatakan Positif Virus Corona Termasuk Gubernur Riyadh, Raja Salman Asingkan Diri di Sebuah Pulau, Intip Tempat Pengasingannya!

Dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency yang dikutip Sosok.ID, Selasa (14/7), Pelapor Khusus PBB untuk Extrajudicial, Ringkasan atau Eksekusi Sewenang-wenang Agnes Callamard memang tidak memuliki keabsahan bukti.

Kendati demikian, dalam hal memesan dan menghasut pembunuhan, MBS merupakan tersangka utama.

"Begini, saya pikir dia adalah tersangka utama dalam hal menentukan siapa yang memerintahkan atau yang menghasut pembunuhan," kata Callamard.

"Dia ada dalam gambar. Secara pribadi, saya tidak memiliki bukti yang menunjuk kepadanya sebagai telah memerintahkan kejahatan," lanjutnya.

Baca Juga: Putri yang Terbuang, Kisah Princess Kerajaan Arab Saudi Dihinakan Mendekam di Penjara

Callamard yang juga berprofesi sebagai pengacara hak asasi manusia menyebut bukti tidak langsung menunjuk tidak mungkin kejahatan tersebut terjadi tanpa kontribusi MBS.

"Saya percaya bahwa menurut informasi yang diberikan lebih dari setahun yang lalu, CIA [Badan Intelijen Pusat] mungkin memiliki informasi ini," katanya.

Pengacara kondang itu mencatat bahwa persidangan Turki sedang diadakan "in absentia" karena semua orang tahu bahwa Arab Saudi tidak akan membiarkan para terdakwa menghadapi persidangan di Turki.

"Namun demikian, saya pikir ini penting. Saya ingin mencatat bahwa para terdakwa diwakili, bahwa mereka telah ditugaskan sebagai pengacara yang ditugaskan negara,"ujarnya.

Baca Juga: Panik! Sedang Diwawancarai, Tiba-tiba Ada Wartawan Kesurupan, Reaksi Risma Sampai Sembunyi di Balik Kursi, Ini Kejadian Aslinya!

Pejabat PBB itu yakin, persidangan akan lebih adil dilakukan di Turki daripada di Arab Saudi.

Pengadilan Turki sendiri pada 3 Juli lalu telah memulai persidangan kasus tersebut, dengan mendaftarkan 20 warga negara Saudi sebagai tersangka dalam pembunuhan Khashoggi.

Pembunuhan Khashoggi, yang merupakan penduduk Amerika Serikat, memicu reaksi dunia terhadap Arab Saudi dan menyebabkan kerusakan citra MBS di arena internasional.

Mengutip Aljazeera, CIA dilaporkan menyimpulkan bahwa putra mahkota memerintahkan pembunuhan, sebuah tuduhan yang dibantah oleh pemerintah di Riyadh.

Baca Juga: Sosrokartono, Kakak Kartini Nan Jenius yang Menguasai 26 Bahasa Sampai Jadi Wartawan Pribumi Pertama

Agnes Callamard, pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang eksekusi di luar hukum, ringkasan atau sewenang-wenang, menunjukkan bahwa MBS dan pejabat senior Saudi lainnya bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, dalam laporan investigasi yang diterbitkan pada Juni 2019.

"Di sini, para korban didengar dengan cara yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Kami memiliki ruang di mana para saksi diminta untuk berbicara di bawah sumpah, dan yang memberi jauh lebih banyak legitimasi dan kekuatan untuk pernyataan mereka," katanya kepada wartawan di luar pengadilan pada Jumat (10/7).

"Ini [persidangan] penting untuk pengungkapan kebenaran karena lebih banyak informasi yang muncul, dan akan lebih banyak informasi lagi yang muncul," katanya, menekankan bahwa pembunuhan itu adalah "eksekusi negara".

Baca Juga: Harga Minyak Arab Saudi Anjlok, Negeri Raja Salman Diambang Krisis Moneter

Ditanya apakah MBS seharusnya didakwa, Callamard mengatakan "benar-benar". Dia "bertanggung jawab atas sesuatu" dan "berada di suatu tempat di dalam gambar", katanya.

Anadolu Agency

Jamal Khashoggi, wartawan Saudi kolumnis Washington Post berusia 59 tahun yang terbunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Pemerintah Saudi menyebut pembunuhan itu sebagai "operasi jahat" setelah berulang kali membantah keterlibatan dalam insiden kematian Khassoggi selama berminggu-minggu.

Hubungan Ankara dengan Riyadh berada di bawah tekanan kuat setelah jurnalis yang secara pribadi dikenal oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terbunuh.

Erdogan mengatakan pembunuhan itu diperintahkan pada "tingkat tertinggi" pemerintah Saudi.

Baca Juga: Dua Kali Berturut, Pangeran Arab Saudi Meninggal Dunia Diduga Karena Corona

Pada bulan Desember, pengadilan di Arab Saudi dilaporkan menjatuhkan hukuman mati kepada lima orang dan tiga hukuman penjara atas pembunuhan.

Menurut Amnesty's Gardner, masalah utama dalam menyelidiki pembunuhan Khashoggi adalah kurangnya kerja sama oleh otoritas Saudi dan tidak adanya orang yang dituduh.

"Dan itu benar-benar menggarisbawahi lagi berapa banyak penyelidikan internasional yang dipimpin PBB diperlukan. Untuk itu, kerja sama semua pihak diperlukan dengan pemerintah Turki dan Saudi berbagi semua bukti yang mereka kumpulkan," katanya.

Pada Mei, putra Khashoggi Salah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keluarganya telah memaafkan pembunuh ayahnya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Aljazeera, Anadolu Agency

Baca Lainnya