Adik Kim Jong Un Ngebet Tonton Upacara Perayaan HUT Amerika Serikat, Hingga Pimpinan Korea Utara Ijinkan Melihat dari Rekaman DVD, Kim Yo Jong Rencanakan Apa?

Selasa, 14 Juli 2020 | 09:13
Tribunnews

Adik Kim Jong Un Ngebet Tonton Upacara Perayaan HUT Amerika Serikat, Hingga Pimpinan Korea Utara Ijinkan Melihat dari Rekaman DVD, Kim Yo Jong Rencanakan Apa?

Sosok.ID - Tingkah unik dilakukan oleh adik perempuan pimpinan diktator Korea Utara belum lama ini.

Kim Yo Jong terang-terangan merengek pada sang kakak, Kim Jong Un untuk diperbolehkan melihat upacara perayaan HUT Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Bahkan permintaan itupun tak bisa ditolak oleh sang kakak yang akhirnya disetujui oleh Kim Jong Un.

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan telah memberi izin ke adiknya, Kim Yo Jong, untuk menonton perayaan hari ulang tahun Amerika Serikat ( AS) dari DVD.

Baca Juga: Korea Utara Seperti di Bawah Kendali Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong Ungkap Akan Beri Kejutan Untuk Dunia Internasional Setelah Ledakan di Kantor Penghubung Korsel

Kim Yo Jong menyampaikan hal tersebut pada Jumat (10/7/2020), yang diberitakan oleh kantor berita pemerintah Korut KCNA.

Pernyataan itu juga dia ucapkan dalam rangka menepis isu tentang pertemuan lain antara kakaknya dengan Presiden AS Donald Trump jelang pemilu November mendatang.

Dilansir dari Newsweek Jumat (10/7/2020), Kim Yo Jong mengaku telah meminta izin dan diperbolehkan Kim Jong Un untuk mendapatkan DVD yang menampilkan perayaan Hari Kemerdekaan AS, atau yang juga dikenal dengan 4th July.

"Saya mencoba sendiri mendapatkan DVD pada acara Hari Kemerdekaan AS mulai sekarang, dan saya sudah mendapat izin dari Pemimpin Tertinggi untuk itu," ucapnya dikutip dari Newsweek.

Baca Juga: Lokasi Rahasia yang Diduga Pabrik Nuklir Korea Utara Tertangkap Citra Satelit, Ahli Beberkan Aktivitas Mencurigakan yang Disembunyikan Kim Jong Un

Menurut Jurnalis Tanpa Batas (RWB), setiap orang Korea Utara yang kepergok,

"melihat, membaca, atau mendengarkan konten yang disediakan kantor berita luar negeri" akan dijebloskan ke kamp yang banyak terjadi penyiksaan dan hal-hal tidak manusiawi lainnya.

Kim Yo Jong melanjutkan, dia menyampaikan ke Trump bahwa kakaknya mendoakan "kesuksesan besar dalam pekerjaannya."

Ia pun menambahkan,

Baca Juga: Walikota Seoul Sekaligus Calon Kuat Presiden Korea Selatan yang Rencanakan Pertemuan dengan Korea Utara Hilang secara Misterius, Tinggalkan Wasiat Lewat Pesan Singkat

"Korea Utara tidak berniat merugikan AS. Kim Jong Un telah menjelaskannya kepada Trump."

Meski begitu, wanita yang digadang-gadang sebagai suksesor Kim Jong Un itu menegaskan, Pyongyang tidak berhasrat melakukan lebih banyak pertemuan tatap muka dengan para pejabat AS tahun ini.

Pernyataan yang diucapkannya juga menegaskan perkataan para pejabat Korut lainnya.

Baca Juga: Gegara Foto 'Panas' Ri Sol Ju yang Dikirim Pembelot Korea Utara, Kim Jong Un Murka dan Ancam Perang Dunia III dengan Korea Selatan

"Mengingat perbedaan pendapat antara kedua negara, tidak akan menguntungkan atau diperlukan bagi kedua pihak untuk bertemu, kecuali ada perubahan tertentu dalam sikap AS terhadap Korea Utara," kata Kim Yo Jong.

Sementara itu Deputi Menteri Luar Negeri AS Stephen Biegun telah mengunjungi Korea Selatan pekan lalu, yang merupakan kunjungan pertamanya tahun ini.

Baca Juga: Persiapkan Serangan Presisi, Korut Bangun Replika Kantor Kepresidenan Korsel untuk Latihan Menembak

Pejabat yang memimpin pembicaraan antara AS dengan Korut itu mengatakan, Gedung Putih tetap terbuka untuk melakukan lebih banyak pembicaraan dengan Pyongyang.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un Beri Izin Kim Yo Jong Tonton Perayaan HUT AS dari DVD"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya