Kembalikan Uang Kelebihan Bersama Sepucuk Surat Permintaan Maaf, Driver Ojol Ini Sampai Ditemui Pegawai Kantor Grab dan Menangis Beberapa Kali, Ini Kisahnya!

Kamis, 09 Juli 2020 | 11:13
Kolase (KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)

Kembalikan Uang Kelebihan Bersama Sepucuk Surat Permintaan Maaf, Driver Ojol Ini Sampai Ditemui Pegawai Kantor Grab dan Menangis Beberapa Kali, Ini Kisahnya!

Sosok.ID - Seorang pengemudi ojek online (ojol) di Tasikmalaya, Jawa Barat bernama Ade Alfian Ahmad (47) menjadi perbincangan lantaran kejujurannya.

Peristiwa bermula ketika Ade mendapatkan pesanan atas nama Taufik.

Ade mendatangi rumah Taufik di Kecamatan Tawang, Tasikmalaya.

Rupanya, Ade diminta mengantarkan istri Taufik ke kantor BJB Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Pria Bermobil yang Seenak Jidat Tendang Driver Ojol di Pekanbaru Ternyata Positif Narkoba, Ngaku-ngaku Aparat Sambil Ancam Bakal Tembak Korban Rupanya Hanya Efek Halu Narkotika

Setibanya di lokasi, Ade mendapatkan pembayaran tunai dari istri Taufik.

Setelah Ade pergi, ia baru menyadari bahwa konsumennya telah membayar secara nontunai.

Artinya, Ade menerima dua kali pembayaran dari jasanya, yakni secara tunai dan nontunai.

Bingung, buat surat dan kembalikan uang

Ade merasa resah dan bersalah lantaran tak teliti.

Baca Juga: Seenak Jidat Tendang Driver Ojol di Pinggir Jalan Diduga Gegara Masalah Klakson, Pria Ini Langsung Digeruduk Ratusan Rekan Sejawat Korban yang Murka, Begini Nasibnya Sekarang

(KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)
(KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)

Ade Adfian Ahmad (47), ojek online warga Kota Tasikmalaya yang aksinya viral setelah mengembalikan uang lebih pembayaran lewat secarik surat diselipkan di bawah pintu rumah konsumen, Rabu (8/7/2020)

Ia pun memutuskan kembali mendatangi rumah Taufik, sang konsumen.

Namun, pengemudi ojol itu tak mendapati siapapun setibanya di rumah Taufik.

"Saya coba ketuk-ketuk pintu rumahnya tapi tidak ada orang dan kata tetangganya sedang bekerja tidak ada siapa-siapa di rumah," tutur Ade.

Ia kemudian menulis surat permohonan maaf disertai uang lebihan pembayaran. Dua benda itu Ade selipkan di bawah pintu rumah.

Baca Juga: Kabar Buruk Bagi Pengguna Ojol, Gojek Indonesia PHK 403 Karyawan dan Tutup Beberapa Layanan Seperti Gofood Festival, Tanda-tanda Bangkrut? Ini Penjelasannya!

"Di sana saya bingung, karena jauh saya buat surat dan ingin mengembalikannya ke rumahnya di Perum Casablanca Kota Tasikmalaya. Karena tidak ada orang di rumah itu saya selipkan surat dan uang lebih Rp 35.000 di bawah pintu," kata dia.

Konsumen kagum, unggah kejujuran Ade ke medsos

Beberapa saat kemudian, Ade mendapatkan telepon dari kantornya, Grab.

Rupanya, sang konsumen telah menemukan sepucuk surat Ade dan uang lebih yang diselipkan melalui bawah pintu.

Baca Juga: Sopir Ojol Ini Bingung Setengah Mati, Penumpangnya Mendadak Ngajak Nikah di KUA Padahal Baru Ketemu, ke Polisi Sampai Ngaku Diperkosa, Ternyata Wanita Itu Bukan Sosok Biasa!

Konsumen itu kagum dan mengunggah tindakan Ade ke media sosial.

Ade tak menyangka, apa yang dilakukannya menjadi sebuah cerita dan viral.

"Saya kaget, saya dipanggil karena viral surat saya. Saya hanya berniat ingin mengembalikan uang lebih saja Pak," kata Ade yang bekerja dengan sepeda motor pink itu.

Menangis

Di satu sisi, Ade masih merasa menyesal lantaran tak teliti.

Penyesalan Ade itu bahkan membuatnya tak kuasa meneteskan air mata ketika Grab menghubunginya.

Baca Juga: Dapat Paket dengan Alamat Lengkapnya Berisi Tengkorak Manusia dengan Bercak Darah, Pria Ini Gemetar Ketakutan Hingga Akhirnya Lapor Polisi

City Lead Grab Priangan Timur Jawa Barat Hirawan Wibisana mengemukakan, Ade merupakan sosok mitra yang menjadi teladan.

Ade diketahui aktif menjadi mitra Grab sejak akhir 2019.

"Pak Ade orangnya rajin dan kata rekan-rekannya selalu berangkat bekerja jadi ojol setelah shalat subuh setiap harinya. Tadi pas saat saya telepon, Pak Ade mengira kami adalah telepon penipuan, kan banyak tuh yang telepon atas nama Grab yang penipuan. Justru tadi Pak Ade menangis saat kami menanyakan hal itu, padahal Pak Ade sudah menjadi inspirasi karena kejujurannya," kata Hirawan, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Antar Cewek Cantik ke Luar Kota, Driver Ojol Ini Kebingungan karena Selalu Ditatap Heran oleh Orang-orang di Sepanjang Perjalanan, Ternyata Penumpangnya Bukan Manusia

(KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)
(KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)

(KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)

Ade kembali menangis, merasa bersalah karena kelalaiannya saat bertemu dengan pihak Grab.

Baca Juga: Kebangetan! Kembalian Cuma Kurang Rp 200 Perak, Driver Ojol Hilang Kerjaan gegara Diganjar Bintang 1, Para Rekan Langsung Datangi Pelaku Bawa Sekaleng Recehan Buat Ganti Kurangan

"Setelah ditelepon dan bertemu saya langsung, akhirnya Pak Ade kaget karena surat permohonan maaf bersama uang Rp 35.000 pembayaran lebihnya di-posting oleh konsumennya. Tadi pas ketemu menangis kembali, karena dirinya mengaku telah lalai dan tak teliti memeriksa metode pembayaran. Padahal, kami panggil untuk kami berterima kasih secara langsung," tambah dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tangis Pengemudi Ojol, Sepucuk Surat dan Uang Rp 35.000 di Bawah Pintu"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya