Apes Ketemu Harimau, Lima Warga Aceh Terpaksa Nangkring di Atas Pohon Selama 3 Jam untuk Hindari sang Predator, Begini Akhirnya

Senin, 22 Juni 2020 | 18:00
Pixabay

Hendak pulang, 5 Pencari getah dihadang harimau, akhirnya cuma bisa nagkring di pohon.

Sosok.ID - Tinggal di daerah yang dekat dengan kawasan hutan memang diperlukan kewaspadaan tingkat tinggi.

Bagaimana tidak, binatang liar seperti harimau bisa saja jalan-jalan hingga keluar hutan untuk mencari mangsa.

Apes bila kita harus berpas-pasan dengan mereka, seperti yang dialami sejumlah warga Aceh ini.

Lima pencari getah nyaris menjadi santapan harimau setelah berpapasan dengan hewan predator itu di kawasan hutan Tenggulun, Aceh Tamiang, Kamis (18/6/2020) malam.

Baca Juga: Sibuk Menunggu Durian Runtuh agar Tak Diambil Kera Liar, Seorang Pria Tewas Dimangsa Harimau, Jasadnya Ditemukan Tinggal Tulang Belulang

Mereka adalah Roy Mansyah (37), Ahyar Madani (29), Edo Pratama (28), Agung Prasetyo (24), dan Edi Prawoto (48).

Semuanya merupakan warga Sukamulia II, Kampung Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang.

Kapolsek Kejuruan Muda, Iptu Hendra Sukmana, menjelaskan, kasus tersebut bermula ketika kelima warga itu berangkat ke hutan.

Mereka berencana mencari getah damar dengan mengendarai sepeda motor, pada Kamis (18/6/2020) sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca Juga: Sedang Berada di Kebun Kopi, Petani Tewas Diterkam Harimau, Dada Sebelah Kirinya Terburai Hingga Tulang Rusuk Hilang

Menurut keterangan mereka kepada petugas, kata Kapolsek, proses pencarian getah berjalan lancar dan bisa diselesaikan sekitar pukul 17.30 WIB.

Namun, ketika berjalan kaki hendak mengambil sepeda motor untuk pulang, mereka tiba-tiba dikejutkan dengan kemunculan seekor harimau yang diduga berjenis kelamin jantan.

"Harimau itu berjarak sekitar 30 meter dari warga. Meski sempat bersembunyi, tapi harimau itu terus mendekat ke mereka," ungkap Hendra, Jumat (19/6/2020).

Informasi lain menyebutkan, kelima pencari getah itu sempat mengusir harimau tersebut dengan cara melempar batu dan kayu.

Baca Juga: Mengecat Anjing Peliharaan Hingga Menyerupai Harimau, Petani di India Ini Sukses Usir Kera yang Kerap Merusak Sawahnya, Kisahnya Jadi Inspirasi Rekan Seprofesi di Seluruh Penjuru Negeri

Usaha tersebut tidak membuahkan hasil. Malah, binatang buas itu semakin mendekat ke arah warga.

Sadar upaya mereka tidak membuahkan hasil, kelima pencari getah itu pun memutuskan untuk memanjat pohon.

"Harimau itu tetap menunggu di bawah. Kemudian, salah seorang dari mereka menghubungi perangkat kampung menggunakan handphone dan selanjutnya diteruskan kepada kami," ungkap Kapolsek.

Ditambahkan, proses evakuasi kelima warga itu melibatkan banyak orang dengan membawa petasan.

Baca Juga: Nikahi Satu Pria Bonus Empat Saudaranya, Wanita Ini Berbagi Kisah Soal Urusan Ranjang dengan 5 Suaminya yang Merupakan Saudara Kandung, Tiap Malam Digilir Sampai Bingung Pas Hamil Bapaknya Siapa

Tim evakuasi mengaku sempat melihat keberadaan harimau itu di dekat pohon yang sebelumnya dipanjat oleh pencari getah.

Petasan yang dibunyikan tim evakuasi ternyata berhasil menakuti harimau tersebut dan kemudian memilih kabur ke hutan.

Evakuasi berhasil dilakukan sekitar pukul 20.30 WIB, selanjutnya mereka dibawa ke rumah perangkat MDSK untuk diberi minum dan makan.

Kapolsek mengungkapkan, lokasi kemunculan harimau tersebut merupakan perbatasan hutan Tenggulun dan perkebunan HGU PT Sinar Jaya di Dusun Adilmakmur II, Tenggulun, Aceh Tamiang.

Baca Juga: Dalam Setahun Bisa Nikahi 10 Gadis, Pria Ini Masih Tak Puas Meskipun Sudah Punya 39 Istri, Ngotot Bakal Menikah Lagi Walau Kerepotan Urusi 94 Anaknya

Hendra menekankan agar kehadiran harimau itu tidak disikapi dengan cara-cara kekerasan yang bisa membuat satwa dilindungi tersebut mati akibat dibunuh.

(mad/bakri)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Kepergok Harimau, Lima Pencari Getah 3 Jam Bertahan di Pohon

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Serambi News

Baca Lainnya