Detik-detik Penyelamatan Miliarder Pendiri Midea Group yang Diculik Oleh Penjahat Membawa Bahan Peledak,

Selasa, 16 Juni 2020 | 13:35
Kolase SCMP/Forbes

Detik-deik Penyelamatan Miliarder Pendiri Midea Group yang Diculik Oleh Penjahat Membawa Bahan Peledak,

Sosok.ID - Putra taipan alat rumah tangga, He Jianfeng, 55 tahun, dilaporkan telah menyelinap keluar dari villa dan berenang di sungai terdekat untuk memanggil polisi.

Video yang beredar di media sosial China menunjukkan selusin petugas polisi mengelilingi sebuah rumah bergaya Eropa yang dihiasi dengan pilar-pilar Romawi marmer putih setelah pembobolan pada hari Minggu.

Pendiri miliarder Tiongkok dari Midea Group, salah satu pembuat alat rumah terbesar di dunia, telah diselamatkan dari penculik yang mendobrak vila mewahnya di Cina selatan pada akhir pekan.

He Xiangjian, 77, diperkirakan bernilai US $ 25 miliar (Rp 375 miliar) dan peringkat orang terkaya ke-6 di China oleh Forbes , diculik oleh para penculik yang membawa bahan peledak di rumahnya di Foshan, di provinsi Guangdong, media China melaporkan.

Baca Juga: Ogah Gentar Dikepung 3 Kapal Induk AS, China dan Korea Utara Kerjasama Siapkan Persenjataan Nuklir Tingkat Tinggi, Pakar: Dunia Lebih Berbahaya

Putra satu-satunya, He Jianfeng yang berusia 55 tahun, dilaporkan telah menyelinap keluar dari vila dan berenang menyeberangi sungai di sebelahnya untuk memanggil polisi, menurut situs berita online TMTPost.

Polisi setempat menangkap lima tersangka sekitar pukul 5 pagi pada hari Senin, dan tidak ada yang terluka selama penangkapan, menurut pernyataan resmi polisi.

"Korban, yang bermarga He, aman," kata polisi.

Biro keamanan publik di tingkat provinsi, kota dan kabupaten semuanya.

Baca Juga: Digadang-gadang Bakal Lebih Nyesek dari Kisah 'Makan Teman' Luna Maya - Syahrini, Mbak You Ungkap Skandal Perselingkuhan Artis yang Bakal Terbongkar Tahun Ini, Sebut Inisial Publik Figur yang Diam-diam Main Serong dengan Teman Istrinya Sendiri

Forbes
Forbes

He Xianjiang, pendiri Midea Group

“Menaruh perhatian besar pada kasus ini setelah menerima laporan, dan dengan cepat mengirim petugas untuk bergegas ke lokasi,” katanya.

Polisi menerima laporan sekitar pukul 5.30 sore pada hari Minggu bahwa orang luar telah masuk ke kediaman di Royal Orchid International Golf Villa, sebuah proyek kelas atas yang dikembangkan oleh Midea Group yang mencakup lapangan golf 18 lubang dan pusat olahraga.

Pengembangan 336 unit terletak di distrik Shunde, sekitar satu kilometer dari kantor pusat perusahaan dan satu jam perjalanan dari ibukota provinsi Guangzhou.

Mengonfirmasi insiden itu, Midea Group berterima kasih kepada polisi, media dan semua pihak setelah memposting ulang pernyataan polisi di akun resminya di Weibo, platform media sosial yang mirip Twitter.

Baca Juga: Meliuk-liuk Tirukan Tari Ular di Atas Meja Kantor dengan Rekan Wanita Hingga Viral, Pejabat Bondowoso Bakal Diproses Majelis Etik

Dalam foto dan video yang beredar di media sosial China, selusin petugas kepolisian terlihat mengelilingi sebuah rumah bergaya Eropa, dua lantai yang dihiasi oleh pilar-pilar Romawi marmer putih di pintu depan dan diatapi oleh atap batu bata.

Sebuah sungai kecil sekitar lima meter lebar mengalir di dekat mansion.Polisi menempatkan kuncian pada masyarakat, dan penduduk tidak diizinkan untuk pergi dari Minggu sore hingga Senin pagi, menurut beberapa orang yang tinggal di pembangunan.

Ada setidaknya dua stasiun keamanan di luar villa He, yang juga memiliki penjaga keamanan 24 jam.

Karyawan yang bekerja di kantor pusat Midea diminta untuk tidak pergi bekerja pada hari Senin, karena perusahaan melakukan penilaian risiko.

Baca Juga: Sadari Betul sang Istri Tengah Main Serong di Belakangnya, Ahok Sempat Luluh Saat Ibunda Veronica Tan Ngemis-ngemis Agar Kelakuan Putrinya Diampuni : Kalau Laki-laki Tidak Memaafkan Mana Bisa Bersetubuh

Handout SCMP
Handout SCMP

Miliarder pendiri raksasa pembuatan alat rumah tangga Midea Group, He Xiangjian, telah diselamatkan dengan selamat setelah rumahnya dipecah pada hari Minggu.

"Saya takut sampai batas tertentu, setelah semua saya selalu berpikir bahwa keamanan di sini lebih baik daripada di lingkungan lain," kata seorang warga yang tinggal di sana, yang menolak menyebutkan namanya.

Penyelamatan dramatis telah membawa perhatian publik pada kekayaan menakjubkan He, yang telah mempertahankan profil yang jauh lebih rendah daripada banyak rekan taipannya, seperti orang terkaya di negara itu, Jack Ma dari Alibaba Group - yang memiliki South China Morning Post - dan Pony Ma Huateng, pendiri Tencent Holdings.

Seperti banyak pengusaha generasi pertama di Cina, Dia memiliki akar yang rendah hati.

Dia mulai membangun kerajaan Midea - sekarang terdaftar di Shenzhen dengan nilai pasar 419 miliar yuan (Rp 885 miliar) - dari nol ketika dia berusia 26 tahun.

Baca Juga: Ngotot Masuk Dunia Politik, Ahmad Dhani Ungkap Alasan Darah Politikus Kental dari Sang Ayah yang Mantan Anggota DPR: Saya Ini Part Time Musisi, Full Time Politikus...

Dia putus sekolah setelah lulus dari sekolah dasar dan bekerja di pabrik dan di pertanian.

Berjuang untuk memenuhi kebutuhan di daerah terpencil ekonomi kota Beijiao di Foshan, di mana kesempatan kerja langka, ia datang dengan ide untuk memulai jalur produksi kecil.

Pada tahun 1968, ia memimpin 23 penduduk setempat untuk mengumpulkan 5.000 yuan dan mulai membuat tutup botol plastik, sebuah usaha berisiko selama dua dekade berikutnya ketika pemerintah mempertahankan sikap ambivalen terhadap bisnis swasta.

Untuk menghemat biaya dan mencegah pencopetan, ia hanya minum air gula untuk sarapan dan tidur di stasiun kereta ketika ia melakukan perjalanan bisnis ke pasar di tempat lain di China, menurut laporan oleh surat kabar lokal.

Baca Juga: Mendikbud Siap Buka Sekolah untuk Laksanakan Tahun Ajaran 2020/2021, Nadiem Makarim Jelaskan Ketentuan agar Pembelajaran Bisa Dilakukan dengan Tatap Muka : Syaratnya Harus Berada di Zona Hijau

Dia bereksperimen dengan banyak produk yang berbeda, termasuk tabung kaca, aksesori mobil dan generator listrik, sebelum memanfaatkan tren peningkatan produksi kipas listrik pada akhir 1970-an.

Pada saat itu, banyak emigran Foshan ke Hong Kong dan Makau akan membawa kembali penggemar ke kerabat daratan mereka, menjadikannya hadiah yang populer.

Dia menamai pabrik kipasnya Midea pada tahun 1981 dan mengembangkan model semua-plastik pada tahun 1984, yang membantu perusahaan membangun pijakan yang kuat di industri dan mulai memproduksi pendingin udara setahun kemudian.

Terobosan lain datang pada tahun 1988, ketika perusahaan memperoleh izin untuk mengekspor AC-nya ke pasar luar negeri, akhirnya mencapai produksi senilai 120 juta yuan pada tahun itu.

Baca Juga: Divonis Hukuman Mati, Aulia Kesuma Tak Cukup Jadikan Buah Hatinya dengan Pupung Sadili Sebagai Tameng, Bakal Ajukan Banding dengan Berbagai Upaya Termasuk Minta Bantuan Jokowi

Pada 2008 Midea merekrut Gong Li, salah satu bintang film paling terkenal di Tiongkok sebagai duta besarnya, yang muncul dalam iklan yang dikenal luas yang ditayangkan di perusahaan penyiaran CCTV negara China.

Perusahaan go public di Shenzhen pada tahun 1993 sebagai perusahaan kota pertama yang terdaftar.

Sementara Dia pensiun pada 2012, keluarganya masih mengendalikan sekitar sepertiga dari Midea.

Ia juga mengendalikan enam perusahaan terdaftar lainnya, termasuk Midea Properties di Hong Kong dan perusahaan robot Jerman Kuka.

Baca Juga: Luna Maya Blak-blak Tahun 2020 Ini Berencana Menikah, Tapi Gagal Total Gegara Hal Ini Melanda: Aduh Rencana Ya Tinggal Rencana...

Saham Midea Group turun 2,3 persen menjadi 58,61 yuan pada istirahat makan siang pada hari Senin. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : South China Morning Post

Baca Lainnya