Jokowi Resmi Larang Mudik, Kemenhub Sudah Siapkan Skenario Larangan Gerak Transportasi Antar Daerah, Jalan Tol Bakal Ditutup?

Selasa, 21 April 2020 | 13:15
Warta Kota/Henry Lopulala

Jokowi Resmi Larang Mudik, Kemenhub Sudah Siapkan Skenario Larangan Gerak Transportasi Antar Daerah, Jalan Tol Bakal Ditutup?

Sosok.ID - Presiden Jokowi akhirnya resmi larang mudik demi mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia.

Terkait larangan mudik yang diturunkan oleh Presiden Jokowi ini, Kemenhub rupanya telah menyiapkan skenario larang bergerak bagi setiap kendaraan.

Tidak menutup kemungkinan larangan mudik yang diturunkan Presiden Jokowi ini juga bakal diikuti dengan rencana Kemenhub untuk menutup akses jalan tol.

Baca Juga: Padahal Sudah 1 Bulan Isolasi Hingga 10 Kali Jalani Tes, PDP Corona Ini Tunjukkan Hasil yang Berubah-ubah, Bikin Dinkes Bingung Hingga Minta Tolong WHO

Mengutip Kompas.com, larangan mudik ini disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Selasa (21/4/2020).

Dalam rrapat tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa larangan mudik ini berlaku bagi setiap elemen masyarakat.

Baik masyarakat sipil, ASN, pegawai BUMN maupun aparat penegak hukum.

Baca Juga: Pertama Sepanjang Sejarah, Harga Minyak Dunia Mentah Anjlok di Bawah 0 Dollar AS, Kenapa Pertamina Tak Turunkan Harga BBM? Ini Alasannya!

Hal ini dicanangkan guna mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia semakin mengganas.

"Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi seperti yang dikutip Sosok.ID dariKompas.com.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga meminta jajarannya untuk segera mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan larangan mudik ini.

Baca Juga: Murka Jokowi: Jangan Ada Lagi yang Menganggap Kita Menutup-nutupi Data!

Sebelumnya, pemerintah diketahui sempat menyampaikan imbauan agar masyakat tak pulang ke kampung halaman demi mencegah penyebaran virus Corona.

Lalu imbauan tersebut berubah menjadi larangan mudik yang hanya berlaku bagi ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN.

Kendati telah diimbau untuk tidak mudik, sebanyak 24 persen masyarakat ngotot pulang ke kampung halaman di tengah pandemi virus Corona.

Baca Juga: Misteri Kelam di Sebuah Rumah yang di-Blur Google, Pemiliknya Bersalah atas 937 Tuduhan dan Dihukum 1000 Tahun, Rantai Besi Berkarat jadi Saksi Kisah Kekerasan Seksual Selama 10 Tahun

Belum lagi jumlah masyarakat yang berencana mudik di bulan ramadan dan pada Lebaran 2020 nanti terus meningkat.

Ini menyimpulkan bahwa imbauan pemerintah tidak sepenuhnya efektif dan harus ada tindak penegasan.

MelansirKompas.com,, oleh sebab itu pada Selasa (21/4/2020) Presiden Jokowi akhirnya resmi melarang mudik.

Baca Juga: Sang Ibu Tetap Setia Menunggunya Hingga Teteskan Air Mata di Detik-detik Terakhir,Nunung Pernah Merasa Punya Dosa Besar Usai Lempar Uang ke Wajah Ibunya: Itu Dosa yang Nggak Akan Saya Lupakan

Terkait larangan mudik yang akhirnya ditegaskan oleh pemerintah ini, rupanya Kemenhub sudah menyiapkan beberapa skenario yang berkaitan dari jauh-jauh hari.

Dilansir Sosok.ID dari Tribunnews, Selasa (21/4/2020), hal ini disampaikan sendiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

Dalam pernyataannya, Budi Setiyadi mengatakan pihakknya berencana akan melarang transportasi umum atau kendaraan priabdi untuk bergerak antar daerah.

Baca Juga: Tak Lazim, Warga Probolinggo Dikejutkan Dengan Kemunculan Ubur-ubur di Sungai, Jumlah Tak Terhingga Sampai Tutupi Permukaan Air, Pertanda Apa?

"Kalau sudah muncul larangan berarti skenario kita melarang seluruh angkutan umum, melarang kendaraan pribadi, melarang sepeda motor yang mudik," kata Budi Setiyadi di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020).

Dan untuk memaksimalkan upaya pencegahan mobilisasi masyarakat, Kemenhub juga berencana akan menutup akses jalan tol antar daerah.

"Nanti kalau dilarang akan diberlakukan demikian (penutupan jalan tol)," lanjut Budi Setiyadi.

Baca Juga: Aduh Ngenes, Sudah Dicap jadi Pelakor sampai Korbankan Waktu demi Urus Suami di Bui, Mulan Jameela Justru Nyaris Diceraikan Ahmad Dhani karena Hal Ini

Lebih lanjut, skenario larangan mudik ini akan dibahas kembali di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Kendati demikian, Budi Setiyadi mengatakan seluruh jajaran Eselon 1 Kemenhub sepakat untuk melarang mudik Lebaran 2020.

"Kemarin diskusi-diskusi kita dengan yang lain itu kita kayanya semakin kuat, semakin kuat, message yang kita bangun adalah larangan mudik," tandas Budi Setiyadi.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya