Contoh Aksi Kemanusiaan yang Sesungguhnya, Pengangguran Ini Rela Jual Motornya Demi Beli APD untuk Para Tenaga Medis, Padahal Sehari-hari Hidup Nyaris Tanpa Penghasilan

Minggu, 29 Maret 2020 | 08:35
Kolase gambar Tribunnews/Irwan Rismawan dan tangkap layar YouTube/Official iNews

Contoh Aksi Kemanusiaan yang Sesungguhnya, Pengangguran Ini Rela Jual Motornya Demi Beli APD untuk Para Tenaga Medis, Padahal Sehari-hari Hidup Nyaris Tanpa Penghasilan

Sosok.ID - Penyebaran virus Corona yang begitu masif di Indonesia membuat sebagian orang menjadi panik dan cemas.

Kecemasan dan rasa panik berlebihan yang muncul akibat pandemi virus Corona ini membuat publik cenderung panic buyingterhadap bahan pangan dan Alat Pelindung Diri atau APD.

Akibatnya, di sejumlah wilayah di Indonesia mulai mengeluhkan kelangkaan barang-barang tertentu akibat wabah virus Corona.

Salah satu yang paling parah adalah mulai langkanya alat pelindung diri (APD) di pasaran.

Baca Juga: Trump Melunak, Demi Hilangkan Wabah Virus Corona Presiden AS Hubungi Presiden China Xi Jinping untuk Kerja Sama Perangi Covid-19

Alat pelindung diri (APD) adalah kebutuhan vital yang saat ini keberadaannya sangat diperlukan para tim medis untuk menangani wabah virus Corona (Covid-19).

Di beberapa rumah sakit, sudah banyak tenaga medis yang mengeluh kekurangan APD.

Melihat hal tersebut seorang relawan bernama Didi Yulianto memutuskan untuk mengambil tindakan membantu para tenaga medis.

Pada acara Prime Show with Ira Koesno, Kamis (26/3/2020), awalnya co host acara tersebut, Ronal Surapradja mengklarifikasi kabar yang menyebut Didi rela menjual motornya demi memperoleh APD.

Baca Juga: Gitaran Sambil Bawakan Lagu di Hadapan BCL, Ariel Noah Tolak Uang dari Unge dan Malah Minta Dibayar Pakai Perasaan: Nggak Bisa Dibayar Uang

"Mas Didi ini sampai menjual motor untuk mengimpor bahan APD, betul ya Pak?" tanya Ronal.

"Iya betul," jawab Didi.

"Apa yang mendasari Mas Didi ini melakukan itu?," tanya Ronal kepada Didi.

Didi menjelaskan alasan dirinya rela menjual motor adalah, perasaan miris yang melihat sulitnya tenaga medis memperoleh APD.

Baca Juga: Pemerintah Tak Bertindak, Warga Yogyakarta Ramai-ramai Lakukan Aksi Lockdown Mandiri dengan Tutup Akses Kampung Masing-masing : Ini Bukan Protes Tapi untuk Melindungi Wilayah Kami dari Virus Corona!

Ia juga mengatakan dirinya memiliki rekan di China yang dapat mengirimkan APD secara cuma-cuma.

Tanpa ragu, Didi memutuskan menjual motornya untuk membiayai biaya pengiriman APD dari China ke Indonesia.

"Karena untuk mencari masker, sama APD itu susah, dan mahal," katanya.

"Kebetulan kita ada rekanan dari China yang dari sana bisa membantu untuk mencarikan, dan free.

Baca Juga: Ngaku Sudah Punya Pacar Pasca 9 Tahun Menduda, Saipul Jamil Disebut Sipir Penjara Sering Dijenguk Banyak Wanita, sang Pedangdut: Kunjungan kan Tempat Kita Memadu Kasih

Kita hanya membiayai untuk pengirimannya saja, makannya saya jual, karena kekurangan dana," lanjut Didi.

Ronal pun lanjut menanyakan apa pekerjaan yang dimiliki oleh Didi sehingga ia rela menjual motornya.

"Pengangguran," jawab Didi sembari tertawa.

Mendengar jawaban Didi, Ronal sempat terdiam, dan terkejut, ia tak menyangka relawan yang menjual motornya tersebut, ternyata seorang pengangguran.

Baca Juga: Kesengsem dengan Ketampanan Anak Marini Zumarnis, Mayangsari Ajak sang Artis Besanan, Istri Bos Besar PT Antam Sampai Ikutan Heboh: 5 Tahun Lagi Kita Pakai Seragam!

"Luar biasa sekali Anda," kata Ronal.

Didi kemudian APD yang ia peroleh telah didistribusikan ke sejumlah rumah sakit yang berada di sekitar wilayah Jawa Tengah.

"Kebetulan ada permintaan juga dari rumah sakit-rumah sakit swasta di Pekalongan, Kendal, sama di sekitaran Semarang juga," kata Didi.

Baca Juga: Istri Meninggal Dunia di Kota Orang Tapi Tak Sanggup Bawa Pulang Jenazahnya, Kakek Ini Terpaksa Kayuh Sepeda Ontel dari Pati ke Semarang, Kisahnya yang Pilu Viral di Media Sosial

Terakhir, Ronal kembali menyampaikan apresiasinya atas pengorbanan Didi.

"Mas Didi anda ini seorang pahlawan, terima kasih atas apa yang sudah anda lakukan, saya yakin ini akan menjadi motivasi, inspirasi buat yang lainnya," ujar Ira.

"Bahwa menjadi pahlawan bisa dengan cara apa saja," tambahnya. (Anung Aulia Malik)

Artikel ini telah tayang di Tribun Wow dengan judul: Kisah Didi Yulianto, Pengangguran yang Jual Motor Demi Impor APD untuk Bantu Tim Medis Lawan Corona

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Tribun Wow

Baca Lainnya