Acara Hotman Paris Show dapat Teguran Keras dari KPI, Sebut Adegan Tak Pantas dari sang Pembawa Acara yang Tak Sesuai dengan Norma Kesopanan dan Asusila Jadi Penyebabnya

Minggu, 16 Februari 2020 | 15:15
KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG

Hotman Paris

Sosok.id - Acara televisi Hotman Paris Show telah lama menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Pasalnya, sudah sering terjadi hal-hal kurang pantas seperti keributan yang ditayangkan di acara yang dipandu oleh Hotman Paris Hutapea ini.

Hal ini kemudian membuat banyak warga resah dengan tayangan tersebut.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan sanksi administratif kepada program acara Hotman Paris Show yang dipandu oleh pengacara Hotman Paris.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Kunci Suksesnya Hotman Paris, Sosok Ini Kecipratan Rp 1 Miliar Dan Mobil Mewah Dari Sang Bos, Intip Gaji Fantastis yang Didapat Asisten Pribadi Hotman!

Program acara itu dinilai telah melanggar norma kesopanan.

Ini pun menjadi teguran pertama bagi acara tersebut.

Hal itu disampaikan oleh KPI lewat akun Instagram @kpipusat dikutip Kompas.com pada Sabtu (15/2/2020).

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memutuskan menjatuhkan sanksi administratif teguran pertama untuk Program Siaran ' Hotman Paris Show' di INews TV,” tulis akun tersebut.

Baca Juga: Sempat Pacaran 6 Tahun Dengan Meriam Belina, Hotman Paris Kapok Selingkuh Setelah Kepergok Pulang Subuh Bareng Oleh Istrinya, Melaney: Astaga Tuhan!

Acara yang ditayangkan INEWS pada 15 Januari 2020 mulai pukul 21.02 – 21.06 WIB dengan klasifikasi R-BO dinilai telah mengabaikan dan melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012,” sambungnya.

Sanksi tersebut tertuang dalam surat teguran yang tertulis pada No.80/K/KPI/31.2/02/2020.

Surat itu pun telah ditujukan pada INews TV pada tanggal 12 Februari lalu.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, menyebut bahwa sanksi tersebut dijatuhkan lantaran ada adegan Hotman Paris yang memegang dan merangkul pinggang seorang wanita dalam siaran.

Baca Juga: Hotman Paris Meradang! Pengacara Kondang Ini Disebut Mbak You Tengah Diikuti oleh Sosok Anak Kecil Tak Kasat Mata Hasil Keguguran: Lu Nuduh Gua Hamilin Orang?

Adegan inilah yang dianggap tidak pantas dan akan menimbulkan persepsi negatif.

“Apa yang dilakukan pembawa acara tidak sesuai dengan nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku di masyarakat," ucap Mulyo.

"Ada hal-hal yang membatasi ketika seseorang berkomunikasi dalam ruang publik apalagi acara tersebut diklasifikasikan R-BO yang tentunya ditonton oleh remaja bahkan anak-anak,” sambungnya.

Mulyo mengatakan, aduan masyarakat juga banyak dikirimkan ke kontak aduan KPI terkait sikap pemandu acara terhadap beberapa tamu narasumber yang dianggap oleh masyarakat kurang patut.

Baca Juga: Walaupun Suaminya yang Tajir Melintir Gemar Koleksi Mobil Mewah Sudah Miliki 13 Vila, Istri Hotman Paris Ternyata Masih Ikut Bantu Cari Nafkah, Ini Pekerjaannya

"Perlu diingat ada kewajiban lembaga penyiaran untuk memperhatikan dan melindungi mereka, anak dan remaja tersebut,” kata Mulyo.(Revi C. Rantung)

Tangkap layar Instagram
Tangkap layar Instagram

Unggahan Instagram KPI

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPI Tegur Program Hotman Paris Show, Dianggap Langgar Norma Kesopanan"

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya