Bunuh 1 Keluarga di Pakistan Hingga 2 Tahun Jadi Buronan Interpol, Pria Ini Kabur ke Indonesia dan Nikahi WNI, Buka Warung Makan Sampai Punya KTP

Sabtu, 25 Januari 2020 | 05:45
Kolase dokumentasi istimewa via Tribun Medan dan ilustrasi pernikahan via pexels.com

Bunuh 1 Keluarga di Pakistan Hingga Jadi Buronan Interpol, Pria Ini Kabur ke Indonesia dan Nikahi Wanita Sumatera Utara, Buka Warung Makan Sampai Punya KTP

Sosok.ID - Penangkapan seorang pria berkewarganegaraan Pakistan atas kasus pembunuhan sempat mengejutkan warga Kecamatan Si Umbut Umbut, Asahan, Sumatera Utara.

Pasalnya, dua tahun belakangan ini, pria berkewarganegaraan Pakistan yang ditangkap atas kasus pembunuhan itu selama ini dikira warga setempat adalah warga negara asli Indonesia.

Parahnya lagi, pria berkewarganegaraan Pakistan ini sudah 2 tahun dalam persembunyian dari kejaran Interpol tanpa ketahuan dan bahkan sempat memiliki KTP dan SIM dengan nama samaran.

Belum diketahui bagaimana cara warga Pakistan, Muhammad Luqman Butt alias Husein Shah alias Muhammad Firman (34) mendapatkan kedua dokumen penting ini.

Baca Juga: Baru Sekali Bertemu, DJ Wanita Ini Langsung Ngaku Bakal Jadi Istri Gading Marten Hingga Ungkap Suka Berkirim Pesan dengan Calon Mertua: Indonesia Tahu Gue Calon Mamanya Gempi

Muhammad Luqman Butt alias Husein Shah alias Muhammad Firman (34) diamankan Personel Intel Sat Brimob Polda Sumut.

Terduga pelaku pembunuhan 1 keluarga dua tahun lalu di Pakistan, ditangkap di Jalan Budi Utomo, Kelurahan Si Umbut Umbut, Kecamatan Si Umbut Umbut, Kabupaten Asahan,Sumatera Utara, Selasa(21/01/2020).

Penangkapan dipimpin langsung oleh Iptu Naibaho yang bekerja sama dengan Tim NCB Interpol Divhubinter Mabes Polri dan Unit Buncil Subdit III Ditreskrimum Polda Sumut.

Setelah melakukan pembunuhan di Pakistan, pelaku kabur ke Indonesia.

Baca Juga: Tinggal di Rumah Seluas 5x7 Meter, Tukang Kebun Ini Punya 15 Anak, Kalau Tidur Bisa Sampai Ada yang di Halaman

Dikutip dari situs Brimob Polri, amannusabrimob.id, identitas pelaku atas nama Muhammad Luqman Butt alias Husein Shah alias Muhammad Firman (34).

Setelah ditangkap, pelaku mengakui telah melakukan pembunuhan terhadap 1 keluarga di Pakistan.

Lalu, tinggal di Indonesia selama 2 tahun dengan berpindah-pindah.

Kemudian, pelaku menikahi wanita Indonesia atas nama Evi Lili Midati (33).

Baca Juga: Jangankan China, Kapal Selam Indonesia Malah Pernah Bidik Armada Kuat Inggris untuk Ditenggelamkan Karena Langgar Kedaulatan Negara

Identitas pelaku di KTP, SIM A, dan di buku nikah atas nama M. Firman.

Sedangkan paspor atas nama Evi Lili Midati.

Pasangan suami istri ini sudah berjalan 5 bulan tinggal di rumah kontrakan di Jalan Budi Utomo Kelurahan Si umbut-umbut, Kecamatan Si umbut-umbut, Kabupaten Asahan.

Pernikahannya di Medan dengan Evi Lili Midati sudah berjalan 1 tahun.

Baca Juga: Hendak Mesum dengan Istri Orang, Pria di Aceh Ini Malah Jadi Korban Pemerasan, Sampai Rela Mobilnya Diganti Selembar Kuitansi

Selama tinggal di Kisaran, Asahan, Muhammad Luqman Butt bekerja sebagai sopir.

Dalam pengejaran pelaku pembunuhan 1 keluarga ini melibatkan 7 personel Intel Sat Brimob Polda Sumut.

Sementara personel Interpol dipimpin AKBP Yoga Priyahutama dan 4 personel DitKrimum yang dipimpin Kompol Firdaus.

Kini, tersangka dan Barang bukti dibawa ke Polda Sumut untuk proses lebih lanjut.

Baca Juga: Sudah 10 Hari Meninggal Tak Juga Dikuburkan, Jenazah Ibu Hamil Ini Mendadak Melahirkan di Dalam Peti Mati, Keluarga Ketakutan Sampai Terpaksa Makamkan Jabang Bayi Bersama Ibunya

Buronan itu ditangkap di Jalan Budi Utomo, Kelurahan Siumbut-umbut, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Selasa (21/1/2020) siang.

Saat Tribun Medan menyambangi alamat tersebut pada pukul 20.00 WIB, rumah toko satu lantai yang didiami pelaku terlihat tutup.

Tidak ada satu pun lampu penerangan hidup di rumah dua pintu berdinding warna jingga itu.

Menurut seorang pedagang batu akik, Tengku Heri (54) rumah tersebut sudah kosong ditinggal penghuninya sejak siang.

Baca Juga: Ngaku Kecanduan Hubungan Intim, Janda Anak Tiga Ini Akui Sulit Cari Pasangan yang Bisa Mengimbanginya, Hubungan Badan 5 Kali Sehari Tak Cukup

Padahal sebelumnya rumah tersebut dihuni pasangan suami istri yang membuka usaha kuliner Warung Mpok Lili dalam beberapa bulan terakhir.

Jarak antara Warung Mpok Lili dengan lokasi usaha batu akik milik Tengku Heri hanya sekitar 15 meter.

"Orang India atau orang Pakistan gitu ya?

Memang ada katanya ditangkap.

Baca Juga: 2 Anggota Polisi Ini Justru Berhubungan Badan Saat Jam Kerja, Ternyata Polisi Wanita Itu Pernah Punya Hubungan Dengan Polisi Lain Hingga Lahirkan Satu Anak

Dia pun tinggal sama istrinya di sini," kata Tengku, Selasa malam.

Ia mengaku tidak mengetahui kapan pastinya pelaku dibawa oleh tim Interpol dan Brimob Polda Sumut dan hanya mendengar dari warga lainnya.

Sebab, saat peristiwa penangkapan berlangsung Tengku sedang tidak berada di lokasi.

"Katanya memang ada orang ditangkap, cuma tadi saya lagi nggak di sini. Dengar cerita orang tadi sore. Rumahnya pun sudah tutup," ujarnya.

Baca Juga: Wuhan bak Kota Hantu, China Menangis Tragis Ratapi 'Akhir Dunia'

Menurut Tengku, buronan interpol itu jarang berkomunikasi dengan dirinya.

Setiap berpapasan, Warga Negara Pakistan itu hanya tersenyum.

"Kalau sama suaminya nggak kenal kali. Kalau lewat cuma senyum-senyum aja, paling menyapa.

Kalau istrinya, karena saya kalau lapar sering pesan mie, sering cerita sama saya, bahkan cerita baru keguguran.

Baca Juga: Dapat Hidangan Ubi Goreng Seorang Anggota Dewan Banting Piring, Bikin Heboh Netizen Akhirnya Minta Maaf, Ini Kronologinya!

Orang Gambir Baru (Kisaran) istrinya," ungkap Tengku.

Diakui Tengku, dalam beberapa hari terakhir ada sejumlah petugas kepolisian berpakaian preman yang singgah untuk sekadar duduk di tempat usahanya, seperti sedang memantau sesuatu.

Tapi Tengku tak mengetahui pasti incaran dari para petugas kepolisian itu, bahkan tak menyangka bahwa tersangka yang menjadi target penangkapan.

"Memang beberapa hari ini ada polisi duduk-duduk di sini.

Baca Juga: Geram Dengan Tingkah Sopir Bus, Seorang Wanita Paruh Baya Nekat Ambil Alih Kemudi Demi Tolong Seorang Penumpang yang Sedang Berduka

Katanya dari Polda. Saya tanya, ada target? Ada, kata orang itu.

Saya pikir narkoba juga, rupanya orang India atau Pakistan itu," sebutnya.

Penangkapan buronan interpol itu pun dibenarkan istri kepala lingkungan (kepling) setempat, Suwartini (60).

Meski tidak melihat langsung, Suwartini mendapat cerita dari cucunya yang bersekolah tak jauh dari lokasi penangkapan atau berjarak sekitar dua rumah.

Baca Juga: Mundur dari Dunia Hiburan dan Nekat Nikahi Pria 13 Tahun Lebih Tua, Artis Ini Sempat Cerai dan Menjanda Selama 4 Tahun Sebelum Akhirnya Kembali Rujuk dengan Mantan

"Cucu memang tadi bilang, kalau tadi siang ada satu orang ditangkap, ada suara tembakan ke atas juga. Sebelum jam 12-an gitu kata cucu saya yang kelas VI," ucap Suwartini.

Sementara kepling, Nurdin justru tak mengetahui sama sekali adanya penangkapan warganya oleh Interpol dan Brimob Polda Sumut.

Baca Juga: Tak Perlu Beli Scoprene, Gegara Ulah Kapal Selam Indonesia Angkatan Laut Prancis Pernah Dibuat Geram

"Saya kurang tahu, siang tadi sampai sore saya di kantor lurah. Lurah pun nggak ada cerita ada warga kami yang ditangkap," aku Nurdin. (Tariden Turnip)

Artikel ini sudah tayang di Tribun Medan dengan judul: Inilah WNA Pakistan Buronan Interpol Nikahi WNI, Punya KTP dan SIM Indonesia, Terlibat Pembunuhan

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Tribun Medan

Baca Lainnya