Diluar Dugaan! Niat Perdalam Ilmu Lawak, Mumuk Gomez Gunakan Gaji Pertamanya Untuk Hal Ini!

Senin, 13 Januari 2020 | 18:00
Tangkap Layar Instagram @mumukgomez

Mumuk Gomez, presenter program hiburan tanah air.

Sosok.ID - Nurul Mukharomah, atau yang akrab disapa Mumuk Gomez, menceritakan kisahnya pada Andre Taulany di kanal YouTube Taulany TV, yang diunggah pada Sabtu (11/1/2020).

Dikenal sebagai seorang presenter tanah air, Mumuk mengawali karirnya lewat ajang pencarian bakat.

Mumuk yang datang dari daerah Kulon Progo Yogyakarta, niat merantau ke Jakarta dengan harapan bisa hidup lebih baik.

Mumuk mengutarakan bahwa dirinya telah mengikuti teater sejak SMA, sehingga ia merasa memiliki ketertarikan di bidang terkait.

Baca Juga: Dituduh Istri Main Serong dengan Wanita Lain Hingga Viral di Medsos, Ketua DPRD Probolinggo Ungkap Fakta yang Sebenarnya: Itu Masalah Internal Keluarga

Mendengar adanya audisi pelawak dari seorang teman, Mumuk coba mengikutinya dan lolos dari daerah sampai ke Jakarta.

Lewat festival Orang Lucu Indonesia (OLI), Mumu menuju Jakarta menggunakan baju sekolah mempersiapkan lawakannya.

Masuk lima besar dari ratusan peserta yang bergabung, Mumuk mengaku langsung dikontrak oleh salah satu manajemen Rajawali Citra Televisi (RCTI).

"Dari kontrak itu alhamdulillah langsung ditawar-tawarin ke tipi..." ungkap Mumuk pada Andre Taulany seperti dilansir Sosok.ID dikutip dari YouTube Taulany TV pada Senin (13/1/2020).

Baca Juga: Sudah 20 Hari Dirawat di Rumah Sakit Hingga Habiskan Biaya Rp 99 Juta, Demam Bocah Ini Tak Kunjung Turun, Setelah Diselidiki Ternyata si Balita Diperiksa Pakai Alat Rusak

Memulai karirnya pada tahun 2012, Mumuk menjadi lebih dikenal publik lewat tayangan Net.TV di tahun 2016.

Mumuk mengaku bahwa ia ditawari untuk menjadi bagian dari acara 'Sarah Sechan'Net.TV.

Sempat menolak karena merasa sungkan, lantaran 'Sarah Sechan' adalah salah satu host yang ia idam-idamkan, Mumuk akhirnya memberanikan diri untuk mencoba bergabung dalam acara tersebut.

Mumuk mengungkapkan honor pertama yang ia terima ketika masuk dunia hiburan adalah bayaran uang transport senilai 500 ribu rupiah.

Baca Juga: Usai Juarai Malaysia Masters, Pebulutangkis Nomor 1 Dunia Jadi Korban Laka, Dua Bagian Wajah Patah, Sopir Mobil Van Tewas di Tempat

"Karena pertama aku nyemplung di dunia entertainment itu di Festival Oli, aku dibayarnya pakai uang transport," terang Mumuk.

"Nah uang transport itu kurang lebih Rp 500 ribuan," imbuhnya.

"Cuma itu aja aku udah seneng banget. Gimana sih orang kampung yang gak pernah dapet gimana-gimana ya kan," sambungnya.

"Eh sekalinya syuting ya kurang lebih setengah hari gitu, terus langsung dikasih amplop, Rp 500 ribu lagi, buset, Alhamdulillah," ungkap Mumuk begitu mensyukuri pendapatannya kala itu.

Baca Juga: Terinfeksi Bakteri dari Gigitan Kutu Hingga Alami Gangguan Fungsi Otak, Penyanyi Ini Malah Dituduh Pakai Obat-obatan Sampai Penampilannya pun Ikut Dicaci

Usai menerima bayaran tersebut, Mumuk mengaku menggunakannya untuk membeli buku lawak.

Jawaban spontan Mumuk lantas membuat Andre Taulany dan crewnya terbahak tidak menyangka.

"Hebat! Ini baru ciri-ciri orang sukses! Dia gak mau beli-beli apa dulu malah beli buku loh. Itu modal elo soalnya kan?" puji Andre pada Mumuk masih disertawai tawa kagum diujung lidahnya.

Tangkap Layar YouTube Taulany TV
Tangkap Layar YouTube Taulany TV

Mumu Gomez dan Andre Taulany dalam tayangan YouTube Taulany TV

Mendengar sanjungan Andre, Mumuk mengiyakan dengan semangat.

Baca Juga: Tak Ingin Bernasib Sama dengan Pacar Gelapnya yang Tewas Dibacok Suami Sah Usai Kepergok Bermesraan, Pebinor Ini Kabur Sembunyi di Kantor Polisi

"Iyaa!! Belajar!" Katanya dengan mantab.

Mumu merasa bahwa jika ia tak mempelajari cara melawak, maka lawakannya akan kalah saing dibanding peserta-peserta lain.

"Terus gua langsung mikir duh gua harus ngapain ya. Mau nanya, 'Gimana biar lucu?' kan gak enak. Tengsin," Ungkap Mumuk mengenang masa lalunya.

Hal tersebut yang kemudian menjadi alasan ia membeli banyak buku lawak dan mempelajatinya.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Ulang Tahun pada Lawan Jenis, Siswi SMP Ini Dikeluarkan dari Sekolah, Begini Fakta Sesungguhnya di Balik Kisahnya yang Viral

Andre pun memuji cara Mumuk. Karena menurutnya, mengajari seseorang untuk melawak juga tidak semudah itu.

Andre menganggap bahwa sebuah lawakan seringkali muncul dengan sendirinya, dan hal tersebut harus dilakukan dengan cara belajar improvisasi dengan sendirinya.

Memiliki tempat karantina yang dekat dengan Mal, memudahkan Mumuk untuk menemukan buku yang ia cari agar dirinya dapat memperdalam ilmu lawak lebih banyak lagi.

"Nah karena deket mal, yaudah aku cari-cari buku kayak Cara Melawak Biar Lucu, Tips-tips Agar Lawakan Kamu Diguyoni," cerita Mumuk pada Andre.

Baca Juga: Arogan Unjuk Kekuatan, Kapal China Masih Mondar-Mandir di Laut Natuna, Jepang Bantu Hibahkan Kapal Pengawas untuk Indonesia, Berikut Video Lengkap Awak KRI Usir Kapal Tiongkok!

"Pokoknya aku beli beberapa buku yang buat mempelajari cara-caranya, teori-teorinya dan dari situ aku ngerti,"

"Oh kalo ngelawak itu belokin logika, ada set up, push line-nya gitu-gitu, terus aku latihan bikin materi." sambungnya.

Mendengar cerita Mumuk, Andre Taulany ikut sumringah, ikut bahagia menyaksikan kesuksesan rekannya.

"Tuh memang bener kerja keras itu tidak menghinati hasil ya!" kata Andre kemudian.

Baca Juga: Lompati Pagar Setinggi 3 Meter Hingga Nekat Lari Tanpa Pakaian dengan Kaki Terborgol, Remaja di Jember Berhasil Kabur dan Minta Tolong Tetangga Usai Disekap Orang Tua di Kandang Ayam

Mumuk juga menceritakan bahwa hasil ia bekerja digunakan untuk membelikan rumah bagi kedua orangtuanya.

"Alhamdulillah pak haji beli di kampung. Soalnya aku mentingin, yang penting bapak ibuk aku masa tuanya udah harus nyaman. aku mah disini ngontrak-ngontrak dulu gapapa" Ungkap Mumuk pada Andre.

Mumuk mengaku jalan ia menuju sukses tidaklah mudah.

Banyak goncangan-goncangan yang harus ia temui di tengah jalan.

Baca Juga: Pilih Ngacir Sama Main Teman Daripada Jaga Toko, Remaja di Deliserdang Dibakar Hidup-hidup oleh sang Ibu, sang Anak Terus Dipukuli Saat Warga Sibuk Padamkan Api

Bahkan diawal karirnya, Mumuk seringkali mendengar olok-olokan masyarakat karena bentuk wajahnya yang dianggap 'kurang' oleh sebagian orang.

Meskipun begitu, Mumuk berhasil tak mengindahkan ejekan-ejekan itu dan terus menjadi dirinya sendiri.

Ia mengaku, pencapaiannya adalah sebuah kebanggaan yang akan ia jaga.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : YouTube

Baca Lainnya