Sok-sokan Geber Motor Saat Pelantikan, Kades Terpilih Ini Jadi Kelimpungan Saat Polisi Datang Tiba-tiba Membawa Kendaraannya

Jumat, 10 Januari 2020 | 19:45
Kolase tangkap layar Instagram @ndorobeii

Kades diamankan polisi karena geber motor saat pelantikan.

Sosok.id - Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Sebab, bisa saja kelebihan itu malah membawa petaka bagi diri sendiri.

Seperti kasus yang baru-baru ini tengah viral.

Motor seorang Kades diamankan saat Pelantikan Kades terpilih, videonya pun viral di medsos.

Baca Juga: Baru Jabat Selama 7 Jam, Kades di Desa Ini Harus Diganti Lantaran Meninggal Dunia Usai Terima Tamu di Rumahnya, Keluarga: Tiba-tiba Langsung Pingsan, Lemas, Gak Sadar

Rupanya penyebab Kades tersebut diamankan adalah karena ia menggeber motornya di komplek kantor Pemerintah Kabupaten Malang.

Diketahui peristiwa Kades geber motor itu terjadi pada saat dilakukan pelantikan Kades terpilih pada Pilkades Serentak 2019.

Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Viral Kades Diamankan Polisi karena Geber Motor Saat Pelantikan, Ini Kisahnya', motor Kades tersbeut langsung diamankan polisi.

Hal itu karena aksinya tersebut dianggap menganggu acara pelantikan yang sedang berjalan.

Baca Juga: Gegara Batang Pohon, Seorang Oknum Kades Nekat Seret Warganya Sejauh 7 Meter Hingga Tewas, Begini Kronologinya!

Motor Yamaha RX King milik sang kades yang diketahui bernama Zaenal Mustakim, Kades Kenbonrejo, Kecamatan Candimulyo, itu kemudian diminta polisi lalu dituntun ke lokasi parkir.

Sementara Zaenal dengan seragam kepala desa dan masih mengenakan helm berjalan kaki mengikuti polisi tersebut.

Kejadian itu terekam dalam sebuah video singkat yang kemudian viral dan menjadi perbincangan khalayak di Instagram.

Salah satunya diunggah oleh akun @ndorobeiiofficial.

Baca Juga: Temuan Tumpukan Emas Batangan Bergambar Presiden Soekarno Gegerkan Warga Bone, Kades: Saya Dapat Berkat Petunjuk Dari Mimpi!

Hingga Kamis malam, video berdurasi 16 detik itu telah dilihat lebih dari 759 kali dan 450 komentar.

Zaenal Mustakim, saat dikonfirmasi Kompas.com, membenarkan bahwa dirinya lah sang Kades yang berada di video tersebut.

Peristiwa itu terjadi menjelang dirinya dilantik oleh Bupati Magelang di Pendopo drh Soepardi komplek kantor Pemkab Magelang, Rabu (8/1/2020) lalu.

Zaenal menceritakan, dari rumah ia berangkat ke lokasi pelantikan mengendarai motor kesayangannya itu sendirian.

Baca Juga: Terpilih Jadi Kepala Desa di Pilkades Serentak 2019, Ahmad Fauzi Hilang Saat Pamit dengan Sepeda Motornya Secara Misterius Timbulkan Pertanyaan Warga!

Sementara istri dan keluarganya telah berangkat menggunakan kendaraan lain.

Hal yang sama juga dilakukan saat dilantik jadi kepala desa beberapa tahun silam.

Tiba di lokasi, ia mendapati suasana yang penuh sesak oleh keluarga, warga maupun pendukung para kades yang mau dilantik.

Kondisi ini menyebabkan ia sulit masuk ke lokasi. Zaenal lantas spontan menggeber motornya.

Baca Juga: Jemput Tetangganya untuk Diajak Mesum, Oknum Kades Tewas di dalam Mobil dengan Ditemani Segepok Uang Jutaan Rupiah

Ia mengaku tidak berniat membuat gaduh suasana saat itu.

Ia bahkan mengabadikan keberangkatannya itu dalam sebuah video singkat.

"Berangkat dari rumah saya enggak berniat bikin gaduh."

"Saya spontan saja menggeber motor karena kondisi ramai dan macet saat mau masuk ke lokasi," ujarnya, melalui sambungan telepon, Kamis (10/1/2020) malam.

Baca Juga: Digali Hingga Kedalaman 50 Cm Pada Bagian Kepala, 25 Makam di Tasikmalaya Diduga Dibongkar untuk Praktik Dukun Sebelum Pilkades

Tidak lama kemudian, lanjutnya, dua orang polisi menghampirinya dan mengingatkan bahwa aksinya itu telah mengganggu.

Zaenal tak melawan. Ia pun mematikan mesin motornya dan bersedia ketika polisi meminta motornya.

"Saya justru berterimakasih sama Pak Polisi, karena sudah diingatkan dan malah motor saya dituntun menuju tempat parkir," katanya.

Setelah selesai prosesi pelantikan, ia ditemui dua polisi itu lagi agar ia mengambil motornya.

Baca Juga: Kariernya Moncer Jadi Pedangdut, Wanita Cantik Ini Akhirnya Dipilih Warga Jadi Kades, Masih Terima Job Sehari Sebelum Pelantikan

Zaenal mengaku pasrah jika ia akan ditilang akibat perbuatannya itu.

"Tapi ternyata tidak (ditilang). Pak Polisi malah ngasih tahu kalau motornya diamankan di tempat parkir dan mempersilakan kalau mau diambil," ungkap Zaenal yang sudah dilantik jadi Kades sebanyak 3 kali ini.

Kendati demikian, Zaenal mengakui kesalahannya dan menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena sempat membuat gaduh.

"Itu kesalahan saya, saya mohon maaf kepada masyarakat yang merasa terganggu," tuturnya.

Baca Juga: Kades Kepergok Asyik Bercumbu dengan Pacar Gelap Gegara Ada Warga yang Mau BAB, Uang Rp 4 Juta Melayang Jadi Sogokan

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Magelang AKP Fadli, menyatakan kejadian dalam video itu terjadi pada saat pelantikan kades Kabupaten Magelang.

Petugasnya mengamankan pengendara sepeda motor RX King karena mengganggu.

“Mendengar laporan salah satu dari tamu undangan, kami datangi penggendara tersebut untuk turun dari motor guna menghindari hal yang tidak diinginkan dan kendaraan diamankan dari rekan Sabhara," ujarnya.

Menurutnya, setelah itu situasi kondusif. Kemudian, setelah acara selesai yang bersangkutan meminta maaf dan tidak akan mengulangi lagi.

Baca Juga: Dikenal Publik Sebagai Tukang Hipnotis Hewan Liar di Layar Kaca, Steve Ewon Ternyata Seorang Kepala Desa, Begini Ceritanya!

“Setelah acara tersebut minta maaf dan tidak akan mengulangi lagi. Untuk kendaraan diserahkan kembali,” ujarnya.(Surya Malang/Raras Cahyaning Hapsari)

Artikel ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul Bergaya Geber Motor Saat Pelantikan, Kades Langsung Diamankan Polisi, Videonya Viral

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Warta Kota

Baca Lainnya