Polri Keluarkan Larangan Keras Pamer Hidup Hedon, Kapolres Ini Ngaku Hadiri Pameran Kendaraan Mewah Bawa Motor Matic

Selasa, 19 November 2019 | 15:30
Ilustrasi polisi Kompas.com/ Didie SW

Polri Keluarkan Larangan Keras Pamer Hidup Hedon, Kapolres Ini Ngaku Hadiri Pameran Kendaraan Mewah Bawa Motor Matic

Sosok.ID - Belum lama ini Markas Besar Polri baru saja mengeluarkan peraturan baru yang sukses bikin heboh publik Indonesia.

Bagaimana tidak, Polri baru saja mengeluarkan peraturan bagi seluruh jajarannya untuk memperlihatkan pola hidup sederhana.

Jika ketahuan melanggar dan memerkan gaya hidup yang bergelimang harta, Polri tak kan segan-segan memberikan sanksi kepada anggotanya.

Baca Juga: Kaki Dirantai Ayahnya di Kamar Penuh dengan Kotoran, Bocah 10 Tahun Mencoba Selamatkan Diri dari Kobaran Api Hingga Kakinya Putus, Akhirnya Tewas Mengenaskan

Melansir Tribunnews, Selasa (19/11/2019) peraturan ini dikeluarkan melalui surart telegram yang ditanda tangani sendiri oleh Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Surat tersebut pun telah disebarluaskan ke seluruh jajaran anggota Polri di seluru pelosok Indonesia dengan nomor: ST/30/XI/HUM.3.4./2019/DIVPROPAM tertanggal 15 November 2019.

Surat telegram ini berisi peraturan disiplin anggota Polri, kode etik profesi Polri, dan kepemilikan barang mewah oleh pegawai negeri di Polri.

Baca Juga: Nyengir Terus Saat Digiring Polisi, Pelaku Pelemparan Sperma Diminta Kapolres untuk Ikut Pemeriksaan Kejiwaan Usai Ngaku Lakukan Pelecehan Demi Kepuasan

Dalam surat tersebut tertuang beberapa peraturan yang memerintahkan seluruh jajaran Polri untuk bersikap sederhana.

Seluruh jajaran Polri juga diminta untuk bersikap antikorupsi dan menerapkan pola hidup sederhana, profesional dan bersih.

Peraturan tersebut menunjukkan sejumlah poin pola hidup sederhana yang harus dipedomani.

Baca Juga: Terjebak Kobaran Api Gegara Dirantai Orang Tua, Bocah 10 Tahun Tewas Terbakar, Diduga Kelaparan Sampai Otak-atik Kompor Gas

Di antaranya yaitu tidak menunjukkan atau memamerkan gaya hidup mewah dalam kehidupan sehari-hari, baik di kedinasan maupun di ruang publik.

Polisi juga diminta hidup sederhana di lingkungan internal Polri maupun kehidupan bermasyarakat.

Tak hanya diminta menerapkan gaya hidup sederhana di kehidupan nyata saja, Polri juga meminta seluruh jajarannya untuk tak mengunggah foto atau video gaya hidup hedonisme di media sosial.

Baca Juga: Emosi Putrinya Ngobrol dengan Pacar Sampai Larut Malam, Ayah Ini Nekat Habisi Nyawa Anak Sendiri, Disetrum dan Digorok Lehernya Sampai Tewas

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kecemburaan sosial dan menjaga harga diri dan martabat Polri.

Bila ada yang ketahuan melanggar peraturan tersebut, maka Polri pun tak kan segan-segan memberika sanksi.

Dilansir Sosok.ID dari Kompas.com, Selasa (19/11/2019) gaya hidup sederhana ini sebenarnya telah jauh-jauh hari diterapkan oleh Polresta Tasikmalaya.

Baca Juga: Cuma Gegara Nawarin Korek Api Pas Lagi Joget di Kelab Malam, Ormas FBR dan PP di Bekasi Bentrok Hingga Dijaga Polisi

Bahkan saking ketatnya peraturan tersebut, Kapolres Tasikmalaya, AKBP Anom Karibianto sampai membentuk tim pengawa khusus.

Tim pengawas khusus ini dibentuk untuk memantau media sosial milik anggota kepolisian Polresta Tasikmalaya selama 24 jam.

Diketahui, jauh sebelum surat telegram tersebut diterbitkan, Kapolres Tasikmalaya sudah menyuruh para anggotanya untuk melaporkan akun media sosial mereka kepada tim pengawas.

Baca Juga: Tinggalkan Sule Demi Nikahi Selingkuhan, Lina Malah Dicampakkan Suami Barunya, Begini Komentar Ayah Rizky Febian : Saya Sudah Nggak Ada Hubungan

Dan sejauh ini, metode tersebut bisa dibilang cukup sukses.

Pasalnya, belum ada satu pun anggota Polresta Tasikmalaya yang kepergok bergaya atau memamerkan gaya hidup mewah.

"Kita sudah miliki tim pemantau khusus di media sosial dan di lapangan langsung aktif selama 24 jam.

Baca Juga: Tak Sempat Pakai Baju Gegara Panik Korban Teriak Kencang, Pelaku Pemerkosaan Ini Bugil Kabur Kocar-kacir Sejauh2 Km!

Jadi kita akan langsung tahu jika ada anggota yang selalu pamer kemewahan di lingkungannya," ujar Anom, saat ditemui di Mapolres Tasikmalaya, Selasa (19/11/2019).

Tak hanya melarang keras anggotanya pamer hidup hedon di medsos, Kapolres Tasikmalaya juga mewajibkan anak buahnya selalu tampil sederhana baik saat sedang dinas atau bersama keluarga.

AKBP Anom Karibianto juga meminta anggotanya yang memiliki harta berlebih untuk dipakai beramal saja daripada dipamerkan.

Baca Juga: Kisah Kakek La Ode Penuhi Janji Pada Almarhum Anaknya, Bisa Wisuda di Usia 85 Tahun, Ternyata Dosen Pengajar Adalah Muridnya Saat SMP

Peraturan hidup sederhana ini pun berlaku bagi jabatan apapun di Polresta Tasikmalaya, termasuk dirinya sebagai Kapolres.

Sebagai teladan bagi anak buahnya, AKBP Anom Karibianto tak malu hidup sederhana.

Baca Juga: Sempat Marah Besar Hingga Akan Tempuh Jalur Hukum, Susi Pudjiastuti Masih Sempat Ajak Bercanda Netizen: Lebih Senang Nyokong Nelayan!

Ia bahkan tak malu pernah pilih bawa sebuah motor matic lawas kesayangannya saat diundang ke acara pameran kendaraan mewah, Harley Davidson beberapa waktu lalu.

"Saya pernah ada acara motor Harley Davidson diminta untuk hadir. Saya datang pakai motor matik saja," ungkap AKBP Anom Karibianto seperti yang dikutip Sosok.ID dari Kompas.com

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya