Digadang-gadang Bakal Jadi Menteri Bidang Pertahanan, 3 Tahun Lalu Seorang Santri Pernah Sebut Prabowo Sebagai Menteri Jokowi

Selasa, 22 Oktober 2019 | 13:42
KOMPAS.com/Ihsanuddin

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turut hadir di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2019). Ia datang bersama Waki Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Sosok.ID- Usai pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10/2019) lalu, kini masyarakat dibuat penasaran siapa saja yang akan mengisi Kabinet Kerja Jilid II.

Bahkan, sebuah informasi mengenai nama-nama menteri yang akan mengisi jajaran menteri yang akan menjabat lima tahun mendatang telah beredar.

Namun, hingga kini masih belum dapat dipastikan siapa saja yang akan menjadi menteri.

Sebab, upacara pelantikan menteri akan dilaksanakan besok, Rabu (23/10/2019).

Walaupun demikian, beberapa tokoh sudah tampak hadir ke Istana dengan mengenakan kemeja putih.

Baca Juga: Kisah Prabowo Subianto Diberi Wejangan oleh Mantan Mertuanya Soeharto Agar Jangan Angkuh : Saya Tadi Berharap dapat Sangu Ongkos

Mereka yang datang mengenakan kemeja putih digadang-gadang adalah orang-orang yang ditunjuk Jokowi untuk menjadi menteri.

Salah satu tokoh yang paling menarik perhatian masyarakat adalah Prabowo Subianto.

Pasalnya, ia juga datang ke Istana mengenakan kemeja putih.

Saat dimintai keterangan pun, Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku telah diminta untuk mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Walaupun tak menyebut secara spesifik, Prabowo mengatakan bahwa ia akan membantu di bidang pertahanan.

Baca Juga: Sosok Peneliti, Penulis Lepas New York Time Sekaligus Aktivis, Kawan Lekat Rocky Gerung Hingga Gus Dur, Dipanggil ke Istana Untuk Diberi Tugas, Jadi Menteri?

"Saya diminta bantu beliau di bidang pertahanan," ujar Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com pada Senin (21/10/2019).

Mantan Komandan Jenderal Kopassus tersebut mengaku akan bekerja keras untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan oleh pemerintahan Jokowi.

"Beliau (Jokowi) beri beberapa pengarahan, saya akan kerja keras untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan," kata Prabowo.

Sebelumnya tiga tahun yang lalu, tepatnya pada 2016, seorang santri pernah menjadi viral karena menyebut Prabowo sebagai bagian dari Kabinet Kerja.

Dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Presiden Joko Widodo, memperlihatkan Jokowi tengah berkunjung ke Pondok Pesantren API Tegalrejo, Magelang pada 4 Mei 2016.

Baca Juga: Jadi Menteri Terhebat Se-Indonesia, Pria Ini Malah Tak Sanggup Bayar Tagihan Listrik PLN dan Atap Rumahnya Bocor

Seperti biasanya, Jokowi akan membagikan sepeda bagi orang yang bisa menjawab pertanyannya.

"Saya bawa lima sepeda. Sepedanya akan saya berikan pada santri yang bisa menjawab pertanyaan saya. Tunjuk jari," ujar Jokowi seperti dilansir dari kanal YouTube Presiden Joko Widodo.

Sejumlah santri pun mengangkat tangannya dan Jokowi pun menunjuk satu orang anak yang bernama Muhammad Aska Fikri.

Santri asal Pekalongan itu kemudian disuruh Jokowi untuk mnyebutkan tiga nama menteri di Kabinet Kerja.

"Nama pendeknya saja nggak apa-apa, Pak siapa, Ibu siapa," kata Jokowi.

Baca Juga: Dari Mengaku Sebagai Presiden Hingga Harus Dibangunkan Sebelum Ditangkap, Cerita Dibalik Pengamanan Pelantikan Presiden

"Nomor satu, Bu Megawati," jawab Fikri yang disambut gemuruh tawa oleh hadirin termasuk Jokowi.

Seolah tak menyadari bahwa jawabannya salah, Fikri pun terus melanjutkan jawabannya.

"Nomor dua, Ahok," kata dia yang kembali membuat Jokowi tertawa.

"Nomor tiga, Prabowo," lanjutnya sehingga Jokowi tertawa terpingkal-pingkal.

Bahkan, Jokowi kala itu sampai harus menepuk pundak Fikri karena tak kuasa menahan tawa.

Baca Juga: Sosok Bupati Cantik Minahasa Selatan Tetty Paruntu yang Datang ke Istana Negara, Suka Tampil Modis Namun Pernah Terkena Skandal Gratifikasi

Jokowi juga tak meralat jawaban Fikri.

"Udah ambil sepedanya," ujar Jokowi yang masih tertawa mendengar jawaban santri tersebut.

Setelah mendapat sepeda, dikabarkan bahwa Fikri memberikan hadiah itu pada ayahnya di Pekalongan untuk dipakai bekerja.

Video ini pun ramai diperbincangkan kembali oleh masyarakat karena Prabowo telah memberi sinyal akan menjadi menteri di bidang pertahanan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sebab, ucapan Fikri pada 2016 lalu bisa jadi akan menjadi kenyataan bila Prabowo benar-benar dilantik pada Rabu besok.

Baca Juga: Tetty Paruntu, Sosok Perempuan Pertama yang Dipanggil Istana Sebelum Pelantikan Menteri, Bupati Aktif dan Hanya Lulusan SMP di Indonesia, Pengganti Susi Pudjiastuti?

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, YouTube, tribunnews

Baca Lainnya