Disebut Libatkan Dukun untuk Undang Nyai Roro Kidul Amankan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, MPR RI Bantah Keras

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19:17
Kolase gambar KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG dantangkap layar YouTube/Viral Medsos

Dituduh Libatkan Dukun untuk Undang Nyai Roro Kidul Amankan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, MPR RI Bantah Keras

Sosok.ID - Tak terasa, dua hari lagi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih 2019-2024 akan segera digelar.

Melansir Kompas.com, pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 akan digelar pada Minggu (20/10/2019).

Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR telah menyepakati bahwa upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih bakal digelar pada pukul 14.30 WIB.

Upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih ini nantinya akan dihadiri tamu dari berbagai kalangan dan negara.

Baca Juga: Sempat Nangis Sampai Kejang Saat Kehilangan Bayi Kembarnya, Irish Bella Kini Sudah Bisa Tersenyum Manis

Sebanyak 72 kendaraan pun telah disiapkan untuk melayani para tamu undangan.

Untuk mengamankan jalannya acara pelantikan, sebanyak 30 ribu aparat keamanan yang terdiri dari gabungan personel TNI dan Polri pun telah disiagakan.

Hal itu diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Pengamanan mulai dilaksanakan hari ini, pasukan insert ke wilayah-wilayah sesuai dengan tanggung jawabnya. Pasukan yang dilibatkan 30.000," ucap Hadi Tjahjanto saat gelar pasukan di Lapangan Monas, Kamis (17/10/2019).

Baca Juga: Belum Ada Sebulan Kerja di DPR RI, Mulan Jameela Kena Tegur KPK Gegara Pamer Foto Kacamata Mewah, Ada Apa nih?

Hadi Tjahjanto mengatakan pengamanan dibagi menjadi beberapa lapisan.

Lapisan pertama merupakan tanggung jawab Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) sedangkan lapisan berikutnya adalah tanggung jawab tim gabungan TNI-Polri.

Tokoh yang diamankan terdiri dari presiden-wapres beserta keluarganya, kepala negara, kepala pemerintahan, tamu dari luar negeri, dan utusan khusus.

Sementara itu, tempat yang menjadi fokus pengamanan adalah Gedung DPR/MPR sebagai tempat dilaksanakannya pelantikan, Istana Presiden, serta kawasan Glodok dan Jembatan Tiga.

Baca Juga: 2 Hari Lagi Lengser dari Jabatan, Susi Pudjiastuti Pamit Lewat Postingan Video Menyentuh Hingga Banjir Pujian :Menteri Paling Keren!

"Beberapa tempat yang menjadi konsentrasi di antaranya adalah Gedung DPR/MPR itu sendiri, dengan perimeter yang sudah kita tentukan.

Ada beberapa titik kritis yang harus kita perkuat termasuk adalah Istana Presiden," pungkas Hadi Tjahjanto.

Menariknya, belum lama ini beredar kabar selentingan bahwa dalam upacara pelantikan Presiden dan Wapres yang akan digelar, MPR melibatkan dukun untuk mengamankan acara.

Disebut melibatkan dukun dalam aksi pengamanan upacara pelantikan presiden dan wapres Minggu mendatang, MPR langsung membantah keras.

Baca Juga: Diciduk Polisi, Begini Pengakuan Pelaku yang Cekoki Kucing dengan Ciu Hingga Tewas : Sengaja Pengin Lihat Reaksi Warganet

Dikutip Sosok.ID dari Tribunnews, Sekjen MPR, Maruf Cahyono membantah bahwa pihaknya melibatkan dukun dalam upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih.

Apalagi sampai mendatangkan Ratu Pantai Selatan untuk mengawal jalannya acara.

Sekjen MPR, Maruf Cahyono menegaskan bahwa koordinasi pengamanan hanya dilakukan bersama TNI, Polri dan BIN.

Sehingga kabar pihaknya melibatkan dukun atau ahli spiritual apapun tersebut tidak benar adanya.

Baca Juga: Kakak Ini Bagikan Pengalamannya Pacari Adik Kandungnya Sendiri, Fakta Dibaliknya Bikin Emosi

"Yang jelas yang kita persiapkan adalah hal-hal yang memang satu secara teknis mendukung persidangan. Dari Sekjen tidak ada yang seperti itu, apalagi dalam perencanaan," ujar Maruf Cahyono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Dilansir Sosok.ID dari Tribunnews, sebelumnya kabar selentingan ini pertama kali beredar viral di media sosial Instagram dan YouTube dalam bentuk sebuah video berdurasi 2 menit.

Dalam video viral tersebut terlihat seorang lansia mengenakan pakaian serba hitam, duduk bersila di depan aula Nusantara V gedung DPR RI.

Lansia yang mengaku bernama Ki Sabdo ini dalam video tersebut mengatakan bahwa dirinya tengah melakukan ritual khusus.

Baca Juga: Ibunya Asyik Pacaran, Anaknya Ditinggal Sampai Alami Hal Ini, Sungguh Memprihatinkan

Ki Sabdo mengaku dirinya sedang melakukan geladi bersih untuk mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10/2019) mendatang.

Untuk mengamankan jalannya acara, Ki Sabdo mengaku melakukan ritual khusus untuk memanggil para mahluk ghaib berkekuatan magis.

Bahkan mahluk ghaib seperti Nyai Roro Kidul dan Nyi Blorong pun akan dikerahkan Ki Sabdo untuk mengawal jalannya acara pelantikan.

"Apa yang saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual.

Baca Juga: Pernah Diajak Jalan-jalan dan Diberi Hadiah, Bocah Yatim Piatu Ini Jenguk Ashanty dan Bawakan Oleh-oleh yang Dibeli Pakai Uang Hasil Jerih Payah Jualan Cilok Seharian

Ini yang saya taruh di sini ini komplit sudah, mulai Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan dan yang lain-lain. Jadi mantap sudah.

Pak Jokowi pasti dilantik, enggak ada halangan. Nanti yang menghalangi ya itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya, saya yang beresin," ungkap Ki Sabdo seperti yang dikutip Sosok.ID dari video yang ditayangkan kanal YouTube Viral Medos pada Kamis (17/10/201) kemarin.

Sampai detik ini tim Sosok.ID masih mencari tahu kronologi dan sosok sebenarnya Ki Sabdo yang mengaku sebagai dukun dan menjalankan ritual untuk mengamankan jalannya upcara pelantikan Minggu lusa.

Kendati demikian, belum diketahui benar tidaknya informasi yang dibagikan dalan video viral tersebut karena sejatinya informasi tersebut masih simpang siur kebenarannya.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, YouTube, Tribunnews.com

Baca Lainnya