Jatah Kursi DPR RI Diserobot Mulan Jameela, Fahrul Rozi Buka Suara Mengenai Kekacauan Hukum

Selasa, 24 September 2019 | 06:00
Kompas.com/Dian Reinis Kumampung dan Tribun Jabar/Firman Wicaksana

Jatah Kursi DPR RI Diserobot Mulan Jameela, Fahrul Rozi Buka Suara Mengenai Kekacauan Hukum

Sosok.ID - Kritik keras Fahrul Rozi, caleg DPP Partai Gerindra yang posisinya tergantikan oleh Mulan Jameela meski meraup suara tertinggi.

Posisi Fahrul Rozi digantikan oleh istri Ahmad Dhani lantaran diberhentikan sebagai anggota partai Gerindra.

Fahrul Rozi sendiri adalah calon terpilih yang mendapatkan suara terbanyak keempat setelah Ervin Luthfi, calon terpilih yang mendapat suara ketiga terbanyak pada pemilu 2019.

Melenggangnya Mulan Jameela ke Senayan itu berdasarkan Surat Keputusan bernomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 tertanggal 16 September 2019 tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019.

Baca Juga: Anaknya Ngaku Nagih Usai 6 Kali Disetubuhi Genderuwo, Ibunda Beby Fey: Saya Juga Gitu, Wajahnya Mirip Suami

Surat keputusan KPU tersebut dikeluarkan berdasarkan tiga surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Surat itu bernomor 023A/BHA-DPPGERINDRA/IX/2019 tertanggal 11 September 2019 perihal penjelasan kedua soal langkah administrasi pelaksanaan putusan PN Jaksel nomor 520/Pdt/Sus.Parpol/2019 PN.Jkt.Sel.

Lalu Surat Keputusan DPP Gerindra Nomor 004A/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 tentang pemberhentian keanggotaan sebagai langkah administrasi pelaksanaan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kemudian, Surat Keputusan DPP Gerindra Nomor 004B/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 yang memutuskan calon anggota DPR Daerah Pemilihan Jabar XI atas nama Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon terpilih anggota DPR.

Baca Juga: Kisah Cinta Wayan, Pelayan Restoran yang Rela Jalani LDR Sejak SMA Hingga Sukses Luluhkan Hati Turis Australia

kolase/dok Tribunnews.com/instagram

Jatah Kursi DPR RI Diserobot Mulan Jameela, Fahrul Rozi Buka Suara Mengenai Kekacauan Hukum

Lolosnya Mulan Jameela ke Senayan ini menuai pro dan kontra berbagai pihak.

Satu diantaranya dari Fahrul Rozi, Caleg Gerindra yang posisinya digantikan Mulan Jameela memberikan reaksi menohoknya.

Dilansir TribunJakarta.com dari Kompas.com, Fahrul Rozi menuturkan bahwa penetapan Mulan Jameela menjadi anggota DPR RI akan menjadi sebuah preseden buruk dan membuat kekacauan hukum secara nasional.

Lebih lanjut, Fahrul Rozi mengungkapkan kekecewaannya atas sikap DPP Partai Gerindra yang tak menempuh upaya hukum banding setelah putusan PN Jaksel hingga para kader bersengketa.

Baca Juga: 7 Tahun Tekor Biayai Hidup Pacar Lalu Ditinggal Nikah, Wanita Ini Masak Kekasihnya Jadi Nasi Kebuli dan Dibagi ke Tetangga

"Harusnya pihak tergugat yaitu ketua umum partai dan DPP banding, tapi tidak dilakukan, seakan-akan pihak DPP membiarkan para kadernya bersengketa, khususnya para caleg," papar Fahrul Rozi.

Fahrul Rozi mengungkapkan, jika melihat dari putusan PN Jakarta Selatan dengan penggugat Mulan Jameela cs, sebenarnya dirinya tidak dipecat.

Namun, menjadi imbas dari pelaksanaan eksekusi putusan PN Jaksel karena dari sisi administrasinya memang seperti itu.

Fahrul menyampaikan, langkah DPP Gerindra yang mengeksekusi putusan PN Jakarta Selatan dan meloloskan Mulan Jameela akan dilawannya dengan gugatan secara hukum dan menguji putusan PN Jaksel.

Baca Juga: Kepergok Ketua RT Lagi Cacah Daging, Pemulung di Lampung Ngaku Makan Kucing Sebagai Pengganti Nasi

Sebelumnya saat dihubungi pada Sabtu (21/9/2019), Fahrul Rozi mengaku tak mengetahui alasannya dipecat dari Partai Gerindra.

"Saya juga baru tahu dari media (soal pemecatan dirinya)," jelas Fahrul yang saat dihubungi, Sabtu (21/9/2019).

Untuk itu, Fahrul Rozi akan langsung ke Jakarta mendatangi DPP Gerindra untuk meminta klarifikasi atas pemberhentian dia sebagai kader partai. (*)

(Kurniawati Hasjanah )

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul "Jatah Kursi Senayan 'Direbut' Mulan Jameela, Fahrul Rozi Kritik Keras Singgung Kekacauan Hukum"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribunjakarta.com

Baca Lainnya