40 Tahun Persahabatan Retno Marsudi dan Sri Mulyani, Dari Bangku Putih Abu-abu Hingga Kursi Kabinet Jokowi-JK

Rabu, 14 Agustus 2019 | 11:59
Kompas

40 Tahun Persahabatan Retno Marsudi dan Sri Mulyani, Dari Bangku Putih Abu-abu Hingga Kursi Kabinet Jokowi-JK

Sosok.id - Menjabat jadi menteri dibawah kepemimpinan Jokowi sebagai presiden masa jabatan 2014-2019 adalah sebuah pencapaian yang luar biasa bagi kedua menteri perempuan ini.

Retno Marsudi, diangkat Jokowi sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia pada tahun 2014.

Perempuan bernama lengkap, Retno Lestari Priansari Marsudi adalah perempuan pertama yang menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia.

Sebelumnya Retno, menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Belanda dan selama hampir tuga tahun ia berhasi melakukan terobosan penting dalam hubungan Indonesia-Belanda.

Baca Juga: Sebabkan Seorang Anggota Polisi Meninggal, Bahtiar Harus Terpisah dengan Anaknya yang Sudah Tak Memiliki Ibu

Uni Pekerja Migran Indonesia (IMWU) pernah mengirim surat rekomendasi kepada Presiden Jokowi untuk mengangkat Retno Marsudi.

Prestasi mentereng juga dicapainya ketika menjabat menjadi Menteri Luar Negeri, yang terbaru adalah terpilihnya Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) pada Jumat (8/6/2018) lalu.

Indonesia mendapatkan 144 suara di pertemuan Majelis Umum Persatuan Bangsa Bangsa.

Berbeda dengan Retno, Menteri Keuangan Jokowi periode satu, Sri Mulyani tidak berbarengan dengan pengangkatan Retno Marsudi.

Baca Juga: Deretan Foto Kaesang Pangarep dengan Calon Mertua yang Jarang Tersorot Media

Jika Retno Marsudi diangkat pada tahun 2014, Sri Mulyani berselang dua tahun kemudian baru diangkat jadi Menteri Keuangan.

Perempuan bernama lengkap Sri Mulyani Indrawati diangkat Jokowi sebagai Menteri Keuangan setelah ada perombakan kabinet pada tahun 2016 lalu.

Sepak terjang Sri Mulyani tak bisa diragukan lagi, sebelum ditarik Jokowi untuk menduduki kursi Menteri Keuangan, Ia tercatat menjabat sebagai Direktur Bank Dunia sejak Juni 2010.

Bahkan ketika menjabat sebagai menteri, Ia menyabet gelar menteri terbaik di dunia versi World Government Summit pada 2018 lalu.

Dua menteri perempuan kabinet Jokowi ini ternyata memiliki hubungan erat bukan hanya sebatas hubungan kerja antar menteri.

Baca Juga: Viral Video Seorang Istri Serang Pelakor di Tengah Malam Sambil Teriak-Teriak, Sang Suami Malah Bela Selingkuhan Habis-habisan

Hari Selasa (13/8/19) kemarin akun Instagram resmi milik Retno Marsudi, @retno_marsudi mengunggah foto sang Menteri Luar Negeri duduk bersila bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Yang menjadi menarik adalah keterangan gambar dimana Retno menuliskan fakta yang jarang diungkap ke publik.

Retno menulis. "40 Years of friendship, Dari jaman putih abu hingga berkebaya dan berbatik... Dari bersama di bangku sekolah (SMA 3 Semarang) hingga bekerja bersama di kabinet. How time files... its been 40 years of friendship between Ibu @smindrawati and I. mari kita rayakan persahabatan untuk kebaikan".

Ternyata hubungan dari kedua menteri hebat ini sudah terjalin sejak masa SMA dan berlanjut hingga sekarang saat menjabat menjadi menteri di kabinet Jokowi.

Baca Juga: Modus Baru Penjualan Narkoba Makin Kreatif, Beli Sabu Bonus Layanan Plus-plus

Sebuah pencapaian yang luar biasa dari kedua menteri perempuan yang luar biasa.

Mereka berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sama. yakni SMA 3 Semarang.

Dilansir dari Instagram @kompastv, Sri Mulyani dan Retno Marsudi sama-sama angkatan 1981 dari SMA 3 Semarang tersebut. (*)

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : Instagram, Kompas TV

Baca Lainnya