Follow Us

Sosok Xi Jinping Disebut Siap Bertemu Biden di KTT G20 Bali

May N - Sabtu, 12 November 2022 | 07:11
Presiden RI Jokowi dan Presiden China Xi Jinping. Utang Indonesia ke China bertambah setelah suntikan dana ini dikucurkan
Intisari online

Presiden RI Jokowi dan Presiden China Xi Jinping. Utang Indonesia ke China bertambah setelah suntikan dana ini dikucurkan

Sosok.ID - Kementerian Luar Negeri China mengonfirmasi bahwa Presiden China Xi Jinping akan menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia, dan KTT APEC di Thailand.

Kementerian Luar Negeri China menambahkan, Xi juga akan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (11/11/2022).

Gedung Putih sebelumnya mengatakan, Xi dan Biden akan bertemu pada Senin (14/11/2022), sehari sebelum KTT G20 dimulai pada Selasa (15/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022).

Itu akan menjadi pertemuan pertama kedua pemimpin sejak Biden menjadi Presiden AS.

Biden dan Xi terakhir bertemu langsung saat Barack Obama menjadi Presiden AS.

Kala itu, Biden menjabat sebagai Wakil Presiden AS.

Sejak saat itu, hubungan AS dengan China perlahan merosot ke level terendah dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Ketegangan antara Washington dan Beijing sempat di ujung tanduk pada Agustus saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Saat ini, China adalah saingan strategis utama Washington. Beijing juga merupakan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah AS.

Biden sendiri berupaya menjalin hubungan yang lebih stabil dengan Beijing meskipun kedua negara mengalami ketegangan atas berbagai masalah seperti Taiwan, Laut China Selatan, dan perdagangan.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Xi akan berada di Bali mulai Senin hingga Kamis (17/11/2022).

Setelah itu, Xi akan bertolak ke Thailand untuk menghadiri KTT APEC mulai Kamis hingga Sabtu (19/11/2022).

Kementerian Luar Negeri China menambahkan, Xi juga akan bertemu Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Baca Juga: Janjikan Berbagai Inisiatif Ekonomi Baru, Persiapan Biden untuk KTT ASEAN G20 Tak Mampu Saingi Bahan dari Sosok Xi Jinping

Editor : May N

Baca Lainnya

Latest