Follow Us

Janjikan Berbagai Inisiatif Ekonomi Baru, Persiapan Biden untuk KTT ASEAN G20 Tak Mampu Saingi Bahan dari Sosok Xi Jinping

May N - Jumat, 11 November 2022 | 17:23
Melihat daftar kepala negara yang akan hadir di G20 Bali salah satunya ialah Joe Biden.
Instagram.com/joebiden/

Melihat daftar kepala negara yang akan hadir di G20 Bali salah satunya ialah Joe Biden.

Sosok.ID - “Itu adalah hari yang baik untuk demokrasi, dan saya pikir hari yang baik untuk Amerika,” kata Presiden Joe Biden setelah kinerja pemilihan paruh waktu yang lebih baik dari perkiraan oleh rekan-rekan Demokratnya.

Dalam pidato semi-kemenangan, petahana menggambarkan hasil pemilihan, yang telah menyangkal Partai Republik jalan mudah menuju dominasi kongres, sebagai “pesan yang jelas dan tidak salah lagi” bahwa agenda politiknya tetap populer di kalangan mayoritas orang Amerika.

Didukung oleh hasil tersebut, Biden dengan percaya diri menuju serangkaian pertemuan berisiko tinggi di seluruh Asia Tenggara selama minggu depan, yang pertama di kawasan penting.

Presiden AS akan menghadiri KTT tahunan ASEAN di Phnom Penh, Kamboja (12-13 November), di mana ia diharapkan untuk bertemu dengan para pemimpin dari seluruh Indo-Pasifik, diikuti oleh KTT G20 di Bali, Indonesia (13-16 November), di mana ia kemungkinan akan mengadakan pertemuan puncak khusus dengan Presiden China Xi Jinping.

Wakil Presiden Kamala Harris, sementara itu, akan mengambil bagian dalam KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok, Thailand, atas nama Biden, yang harus melewatkan acara tersebut karena komitmen keluarga.

Ketidakhadiran Biden di KTT APEC, yang kemungkinan akan menyaksikan partisipasi perdana Arab Saudi, tidak diragukan lagi membuat kesal para pejabat Thailand yang berharap Biden dan Xi hadir.

Namun demikian, Biden akan menjadi pemimpin AS pertama dalam beberapa tahun yang secara pribadi menghadiri pertemuan regional sejak mantan presiden AS Donald Trump melewatkan KTT ASEAN di sebagian besar masa jabatannya selama empat tahun, dengan pengecualian kunjungannya ke Manila di bawah kepemimpinan sesama populis Rodrigo Duterte.

Kinerja Biden yang relatif kuat dalam pemilihan paruh waktu, yang terbaik oleh petahana Demokrat dalam ingatan baru-baru ini, kemungkinan akan turun dengan baik di Asia Tenggara, di mana politik domestik Amerika dilacak dengan cermat.

Kembali pada tahun 2013, mantan Presiden AS Barack Obama terpaksa membatalkan perjalanannya ke Asia karena penutupan pemerintah di tengah kemacetan partisan yang kejam atas masalah fiskal di Washington.

Tetapi ketika Biden memasuki paruh kedua masa jabatan pertama kepresidenannya, ada juga kekhawatiran yang berkembang di kawasan itu tentang arah kebijakan AS.

Secara khusus, para pemimpin Asia Tenggara resah atas kurangnya inisiatif ekonomi Amerika yang konkret serta meningkatnya ketegangan militer antara AS dan China.

Dalam dua tahun pertamanya, pemerintahan Biden memperoleh itikad baik di seluruh Asia Tenggara berkat diplomasi hiperaktifnya serta bantuan penting terkait pandemi.

Editor : May N

Baca Lainnya

Latest