Follow Us

Nyaris 9.000 Tentara Filipina dan Amerika Terlibat dalam Latihan Militer Terbesar di Tengah Keributan dengan China di Laut China Selatan

Rifka Amalia - Senin, 28 Maret 2022 | 20:33
Ilustrasi latihan militer
Tangkap Layar video Global Times

Ilustrasi latihan militer

Sosok.ID - Ribuan tentara dari Filipina dan Amerika Serikat berpartisipasi dalam latihan militer gabungan terbesar.

Latihan itu digelar di Filipina, saat hubungan kedua sekutu lama itu semakin dekat di tengah ketegangan baru di Laut China Selatan yang disengketakan.

Latihan perang tersebut adalah yang terakhir di bawah Presiden Rodrigo Duterte yang sebelumnya mengancam akan membatalkan latihan dan membatalkan kesepakatan militer penting dengan AS saat ia berbalik ke China.

Dikutip dari Al Jazeera, hampir 9.000 tentara Filipina dan Amerika akan ambil bagian dalam pelatihan 12 hari, mulai Senin, (28/3/2022).

Baca Juga: Dituding Tusuk Angelina Sondakh Dari Belakang Usai Dinikahi Sosok Ini, Tata Janeeta Bisa Bernapas Lega Usai Hal Ini Terbongkar!

Latihan digelar di seluruh pulau utama Luzon.

Panglima militer Filipina Jenderal Andres Centino mengatakan pada upacara pembukaan di Manila bahwa putaran terbesar dari latihan perang Balikatan mencerminkan “aliansi yang semakin dalam” antara kedua negara.

Mayor Jenderal AS Jay Bargeron mengatakan "persahabatan dan kepercayaan" antara angkatan bersenjata masing-masing akan memungkinkan mereka untuk "berhasil bersama di seluruh spektrum operasi militer".

Latihan tersebut akan mencakup keamanan maritim, operasi amfibi, pelatihan tembakan langsung, kontraterorisme dan bantuan kemanusiaan, serta bantuan bencana.

Baca Juga: Saling Lapor ke Polisi, Ayu Ting Ting dan KD Ujung-ujungnya Berdamai, Laporan untuk Abdul Rozak Sudah Dicabut

Manuver baru-baru ini antara kedua negara berfokus pada potensi konflik di Laut Cina Selatan, yang diklaim Beijing hampir secara keseluruhan.

Sejak mengambil alih kekuasaan pada 2016, Duterte telah bergerak lebih dekat ke China, tetapi telah menghadapi penolakan dari publik Filipina dan kekhawatiran militer yang waspada terhadap ambisi teritorialnya di perairan.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest