Follow Us

Panas! Rombongan Pesawat Militer China dengan 'Bom' Seenak Jidat Masuki ADIZ, Sistem Rudal Pertahanan Udara Taiwan Dikerahkan

Rifka Amalia - Minggu, 28 November 2021 | 17:22
Ilustrasi pesawat militer
Sina

Ilustrasi pesawat militer

Sosok.ID - China mengirim 8 pesawat militer, termasuk 2 pembom Xi'an H-6, ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada saat Taipei menjadi tuan rumah 5 legislator AS.

Dikutip dari Republik World, Beijing mengirim delapan pesawat militer ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ), media lokal melaporkan pada hari Jumat (26/11/2021).

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengidentifikasi pesawat tersebut sebagai empat jet tempur Shenyang J-16, dua pembom Xi'an H-6, satu pesawat perang anti-kapal selam Shaanxi Y-8, dan satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara Shaanxi KJ-500.

Baca Juga: Bak Jilat Ludah Sendiri, Muak dengan China, Australia Sembur Api

Taiwan News melaporkan, kedua pembom dan KJ-500 memasuki ADIZ dari wilayah timur laut pulau Dongsha yang dikuasai Taiwan.

Untuk memantau tindakan China, Angkatan Udara Taiwan mengirim pesawat, mengeluarkan peringatan radio, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara.

Serangan oleh pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) ke ADIZ Taiwan telah terjadi hampir setiap hari selama lebih dari setahun, meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

Baca Juga: AS Terang-terangan Sokong Taiwan, Undangan KTT Demokrasi Picu Kemarahan Militer China

Serangan China ke wilayah udara Taiwan

Pada Hari Nasional China, 1 Oktober, rekor 38 pesawat militer China melanggar ADIZ Taiwan, meskipun ini dengan cepat meningkat dengan 39 pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) memasuki ADIZ Taiwan pada hari berikutnya.

Pada hari Kamis, ANI melaporkan bahwa lima anggota parlemen AS tiba di Taiwan untuk bertemu dengan pejabat pemerintah - sebuah langkah yang kemungkinan memprovokasi China.

Ini adalah delegasi kongres kedua dari Amerika Serikat yang mengunjungi Taiwan di bulan ini.

Source : Republic World

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest