Panas! Rombongan Pesawat Militer China dengan 'Bom' Seenak Jidat Masuki ADIZ, Sistem Rudal Pertahanan Udara Taiwan Dikerahkan

Ilustrasi pesawat militer Sina
Ilustrasi pesawat militer

Sosok.ID - China mengirim 8 pesawat militer, termasuk 2 pembom Xi'an H-6, ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada saat Taipei menjadi tuan rumah 5 legislator AS.

Dikutip dari Republik World, Beijing mengirim delapan pesawat militer ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ), media lokal melaporkan pada hari Jumat (26/11/2021).

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengidentifikasi pesawat tersebut sebagai empat jet tempur Shenyang J-16, dua pembom Xi'an H-6, satu pesawat perang anti-kapal selam Shaanxi Y-8, dan satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara Shaanxi KJ-500.

Baca Juga: Bak Jilat Ludah Sendiri, Muak dengan China, Australia Sembur Api

Taiwan News melaporkan, kedua pembom dan KJ-500 memasuki ADIZ dari wilayah timur laut pulau Dongsha yang dikuasai Taiwan.

Untuk memantau tindakan China, Angkatan Udara Taiwan mengirim pesawat, mengeluarkan peringatan radio, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara.

Serangan oleh pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) ke ADIZ Taiwan telah terjadi hampir setiap hari selama lebih dari setahun, meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

Baca Juga: AS Terang-terangan Sokong Taiwan, Undangan KTT Demokrasi Picu Kemarahan Militer China

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR