Follow Us

Lepas dari Indonesia, Timor Leste Disebut Negara Termiskin Hingga Diisukan Ingin Balik Gabung ke NKRI, Sosok Ini Bongkar Situasi Asli Bumi Lorosae

Tata Lugas Nastiti - Jumat, 12 November 2021 | 18:17
Bendera Timor Leste.
intisari

Bendera Timor Leste.

Sosok.ID - Terhitung sudah 19 tahu berlalu sejak Timor Leste memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebelumnya, Timor Leste diketahui adalah bagian dari Indonesia dengan nama Timor-timor.

Tercatat sejak referendum PBB tahun 2002, Bumi Lorosai memutuskan untuk merdeka dari Indonesia.

Belasan tahun merdeka dari Indonesia, perekonomian Timor Leste terus mengalami jatuh bangun.

Baca Juga: Indonesia Satu-satunya Jalan Keluar, 100 Ribu Warga Timor Leste Kabur Cari Perlindungan, Negara Pernah Luluh Lantak di Tangan Sosok Pria Ini

Meski diketahui memiliki sumber daya alam berupa minyak, Timor Leste dianggap tak mampu mengelola dengan baik.

Diyakini, hal inilah yang akhirnya berdampak pada laju perekonomian Timor Leste hingga kabarnya dijululi negara termiskin.

Bahkan isunya, laju perekonomian yang terhambat ini membuat banyak warga Timor Leste berkeinginan kembali gabung dengan Indonesia.

Namun isu tersebut langsung dibantah tegas oleh sosok konsulat Timor Leste, Jesus Dos Reis Matos C.

Baca Juga: Penduduk Timor Leste Berbondong-bondong Angkat Kaki ke Australia Meski Hanya Jadi Buruh Kasar, Keadaan Negara Tatangga RI Jadi Sorotan!

Dilansir Intisari Online dari Pos Kupang edisi 10 September 2020, Jesus Dos Reis Matos C berang dengan pernyataan yang sebut Timor Leste adalah negara termiskin.

Menurut konsulat yang akrab dipanggil Zito itu, informasi ini disebarkan oleh oknum yang tengah memanfaatkan gejolak politik saat ini.

Source : Intisari Online

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest