Follow Us

Senjata Hipersonik Berkemampuan Nuklir Milik China 'Itari' Bumi 2 kali, AS Merinding Ketakutan

Rifka Amalia - Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:41
Pembom Nuklir China Terobos Zona Udara Taiwan, Bentrokan Bersenjata Segera Meletus
China Military

Pembom Nuklir China Terobos Zona Udara Taiwan, Bentrokan Bersenjata Segera Meletus

Sosok.ID - China melakukan tidak hanya satu, tetapi dua tes senjata hipersonik baru pada bulan Juli dan Agustus.

Aktivitas ini disampaikan oleh surat kabar Financial Times (FT), di mana hal itu telah meningkatkan lebih banyak kekhawatiran di Amerika Serikat tentang kemampuan militer yang berkembang dari saingan geopolitiknya.

Dikutip dari Al Jazeera, Presiden AS Joe Biden mengaku prihatin dengan laporan itu, tetapi seorang ahli mengatakan bahwa teknologi bukanlah hal baru. Ia memperingatkan perlombaan senjata 'tidak berguna' lainnya.

Financial Times yang berbasis di London melaporkan pada hari Kamis (21/10/2021) bahwa Beijing meluncurkan roket yang menggunakan sistem "pengeboman orbital pecahan" untuk mendorong "kendaraan luncur hipersonik" berkemampuan nuklir di sekitar Bumi untuk pertama kalinya pada 27 Juli, menurut empat orang yang akrab dengan penilaian intelijen AS.

Baca Juga: Keruntuhan Militer AS di Depan Mata, Diplomat Negeri Paman Sam Sampai Geram Gegara Rudal Hipersonik China dan Rusia?

Lebih dari dua minggu kemudian pada 13 Agustus, China melakukan tes hipersonik kedua, kata laporan itu.

Surat kabar itu awalnya melaporkan, dalam sebuah cerita yang diterbitkan selama akhir pekan bahwa tes pertama dilakukan pada bulan Agustus, bukan akhir Juli.

Laporan terbaru mengatakan bahwa uji coba rudal itu "mengejutkan" militer Amerika dan pejabat intelijen tentang kemajuan militer China.

Lebih lanjut dikatakan bahwa para ilmuwan AS “berjuang untuk memahami” kemampuan senjata hipersonik, “yang saat ini tidak dimiliki AS”.

Baca Juga: Makanya Dimusuhi Banyak Negara, Rudal Hipersonik China Ternyata Mampu Putari Bumi Hingga Jatuh di Tempat Tak Terduga Dalam Hitungan Menit!

Menanggapi laporan awal FT, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa mereka hanya meluncurkan pesawat luar angkasa dan uji coba berlangsung pada 16 Juli.

“Dipahami bahwa ini adalah tes rutin kendaraan luar angkasa untuk memverifikasi teknologi kegunaan kembali pesawat ruang angkasa,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada hari Senin.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest