Follow Us

Digeruduk Kapal Perang AS dan Kanada di Selat Taiwan, China Bodo Amat!

Rifka Amalia - Minggu, 17 Oktober 2021 | 19:57
Ilustrasi - Kapal China di Laut China Selatan.
South China Morning Post

Ilustrasi - Kapal China di Laut China Selatan.

Sosok.ID - Kehadiran kapal perang AS dan Kanada di Selat Taiwan tidak akan menghalangi momentum China untuk mempertahankan persatuan nasional.

Militer AS mungkin telah dilaporkan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir bersekutu dengan kapal perang negara lain untuk transit di Selat Taiwan.

Global Times mengatakan, hal itu terjadi saat militer mencari cara untuk melenturkan otot militernya dalam provokasi baru di kawasan di tengah situasi Selat yang tegang.

Pakar China mengatakan pada hari Sabtu bahwa langkah yang dilaporkan menunjukkan ketidakmampuan AS untuk menahan China dan bahwa upayanya untuk menggalang sekutu untuk menghalangi momentum pertumbuhan kekuatan China untuk mempertahankan persatuan nasional adalah sia-sia.

Baca Juga: Ngeri! Inilah Profil Sosok Pemimpin China, Xi Jinping yang Kini Ditakuti Negara-negara Barat, Ternyata Sudah Tunjukkan Kehebatan Sejak Remaja!

Mereka mengatakan China memiliki mekanisme respons yang matang terhadap tindakan provokatif apa pun karena otoritas pertahanan nasional negara itu menyatakan pada hari Jumat bahwa PLA akan mempertahankan kewaspadaan tinggi dan siap berperang kapan saja.

Menurut citra satelit, sekitar pukul 10 pagi pada hari Jumat, sebuah kapal perusak kelas Arleigh Burke milik Angkatan Laut AS dan sebuah kapal fregat kelas Halifax dari Angkatan Laut Kerajaan Kanada keduanya terlihat di ujung selatan Selat Taiwan saat mereka menuju ke utara, menurut think tank South China Sea Strategic Situation Probing Initiative (SCSPI) pada hari Jumat.

Mereka diduga terlibat dalam operasi gabungan untuk transit di Selat Taiwan.

Kementerian Pertahanan China belum mengkonfirmasi informasi tersebut.

Baca Juga: Perang Dunia 3, China Tembakkan Rudal Hipersonik ke Seluruh Bumi, AS Ngacir Ketakutan hingga Taiwan di Ambang 'Kiamat'

Perkembangan terakhir yang dilaporkan terjadi di tengah situasi tegang di Selat yang dipicu oleh meningkatnya kolusi antara AS dan otoritas DPP separatis di pulau Taiwan dan karena berbagai pejabat AS telah menegaskan kembali bahwa komitmen AS terhadap pulau Taiwan adalah "kokoh."

Banyak bukti menunjukkan bahwa kapal perang Kanada ini kemungkinan adalah HMCS Winnipeg.

Source : Global Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest