Follow Us

Junta Militer Myanmar Dikeluarkan dari KTT ASEAN, Coreng Nama Asia Tenggara

Rifka Amalia - Sabtu, 16 Oktober 2021 | 21:26
Militer Myanmar
Xinhua

Militer Myanmar

Sosok.ID - ASEAN mengecualikan pemimpin junta Myanmar dari KTT.

Dikutip dari Reuters, negara-negara Asia Tenggara akan mengundang perwakilan non-politik dari Myanmar ke pertemuan puncak regional bulan ini.

Mereka secara mengejutkan menyampaikan penghinaan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada junta pimpinan militer sejak kudeta 1 Februari.

Keputusan yang diambil oleh para menteri luar negeri dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada pertemuan darurat pada Jumat (15/10/2021) malam, menandai langkah berani yang langka untuk blok yang didorong oleh konsensus, yang secara tradisional menyukai kebijakan keterlibatan dan non-intervensi.

Baca Juga: Myanmar Berdarah-darah! Indonesia dan ASEAN Dijegal Junta, Tak Sudi Pertemukan dengan Aung San Suu Kyi

Kementerian luar negeri Singapura mengatakan pada hari Sabtu bahwa langkah untuk mengecualikan kepala junta Min Aung Hlaing adalah "keputusan yang sulit, tetapi perlu, untuk menegakkan kredibilitas ASEAN".

Pernyataan itu mengutip kurangnya kemajuan yang dibuat pada peta jalan untuk memulihkan perdamaian di Myanmar yang telah disepakati junta dengan ASEAN pada bulan April.

Seorang juru bicara pemerintah militer Myanmar menyalahkan "intervensi asing" atas keputusan tersebut.

Baca Juga: Junta Militer Myanmar Kolot, ASEAN Tak Sudi Undang Pengacau ke KTT

Juru bicara Junta Zaw Min Tun mengatakan kepada kantor berita BBC Burma bahwa Amerika Serikat dan perwakilan Uni Eropa telah menekan negara-negara anggota ASEAN lainnya.

"Intervensi asing juga bisa dilihat di sini," katanya.

"Kami mengetahui bahwa beberapa utusan dari beberapa negara bertemu dengan urusan luar negeri AS dan menerima tekanan dari UE."

Source : Reuters

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest