Follow Us

Laut China Selatan, Beijing Picu Tensi Panas dengan Australia di Tengah Perlombaan Senjata

Rifka Amalia - Sabtu, 18 September 2021 | 19:41
China-Australia
VCG via Global Times

China-Australia

Sosok.ID - Mantan Penasihat Keamanan Nasional Lord Peter Ricketts menyalahkan Beijing karena meningkatkan ketegangan di Laut China Selatan.

Mengutip dari Express, itu terjadi ketika Australia mengumumkan rencana untuk membangun armada kapal selam bertenaga nuklir di bawah pakta keamanan baru dengan AS dan Inggris.

Lord Ricketts berargumen bahwa China telah menyediakan perlombaan senjata di kawasan itu selama bertahun-tahun dan mengatakan kepada LBC bahwa Australia memiliki hak untuk "meningkatkan" kemampuan militernya dalam menanggapi ancaman yang berkembang.

Baca Juga: Indonesia Kecolongan, Kapal Perang China Kembali Gerilya di Laut Natuna Dengan Bawa Persenjataan Lengkap Termasuk Rudal Eksplosif

Lord Ricketts mengatakan kepada LBC, "Mari kita ingat ini datang dari permintaan Australia, Australia memiliki kontrak dengan Prancis untuk jenis kapal selam yang berbeda.

"Mereka memutuskan bahwa mereka membutuhkan kapal selam bertenaga nuklir dan mereka datang ke Inggris dan Amerika yang merupakan satu-satunya negara sekutu lain yang membuat hal-hal ini.

"Jadi pada dasarnya Australia meningkatkan kemampuan militer ke tingkat yang baru.

"Kami sudah memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Australia ... kemitraan dalam intelijen setelah jaringan lima mata yang terkenal itu, dan kami juga tidak banyak peralatan yang bekerja sama termasuk generasi terbaru pesawat tempur F35.

Baca Juga: Laut China Selatan Makin Memanas, Indonesia Bisa Kena Imbas Saat Tiongkok Perangi Negara Tetangga RI Dengan Rudal Nuklir Ini!

“Jadi ketiga negara itu sudah banyak berjalan bersama di bidang pertahanan dan keamanan.

"Ini membawanya ke tingkat yang sama sekali berbeda."

Mantan Penasihat Keamanan Nasional melanjutkan: "Orang-orang Australia telah menyerukan penyelidikan tentang keadaan wabah Covid.

Source : Express

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest