Follow Us

Pernah Terabas Teritori Natuna, Kapal China Terdeteksi Kembali Memasuki Wilayah Indonesia

Rina Wahyuhidayati - Selasa, 11 Mei 2021 | 02:52
Ilustrasi - armada kapal China di Laut China Selatan
via Anadolu Agency

Ilustrasi - armada kapal China di Laut China Selatan

Sosok.ID - Setelah mengirim bantuan 3 kapal untuk evakuai KRI Naggala-402, kapal China kembali memasuki perairan Indonesia.

Terkait zona kelautan, Indonesia dan China memang sempat berselisih mengenai hak penangkapan ikan di dekat Kepulauan Natuna, di Laut China Selatan.

Indonesia sempat memprotes China saat kapal milik Negeri Tirai Bambu itu memasuk teritori maritim wilayah Natuna Utara.

Meski demikian, hubungan Indoensia dan China masih cukup harmonis.

Kedatangan kapal China ke Indonesia kali ini tujuannya adalah melakukan latihan angkatan laut bersama di perairan Jakarta, kata Beijing pada hari Minggu, (9/5/2021).

Baca Juga: Mantan Komandan Kopassus Jadi Sorotan, Minta Prajuritnya Kalahkan KKB Tanpa Perang, Ternyata Pernah Terobos Daerah Rawan OPM di Papua Demi Lakukan Hal Ini!

Melansir SCMP, kedua negara bekerjasama untuk meningkatkan kepercayaan dan kerja sama di tengah ketegangan di laut Cina Selatan.

Latihan tersebut, yang berlangsung pada Sabtu pagi, merupakan bagian dari program pelatihan tahunan Angkatan Laut PLA, kata kementerian pertahanan.

Fregat berpeluru kendali Liuzhou dan Suqian China bergabung dengan fregat KRI Usman Harun Indonesia dan kapal rudal KRI Halasan dalam latihan, yang meliputi latihan komunikasi, operasi pencarian dan penyelamatan, dan manuver formasi, katanya.

Mei Guoqiang, yang mengepalai tim formasi pelatihan lepas pantai Komando Selatan Angkatan Laut PLA, mengatakan kepada PLA Daily tujuan latihan tersebut.

Yakni untuk "membantu meningkatkan koordinasi antara kapal perang, memperdalam komunikasi profesional, meningkatkan rasa saling percaya dan kerja sama, serta bersama-sama menunjukkan tindakan praktis untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional".

Baca Juga: Blokir Ruang Gerak Filipina di Laut China Selatan, Tiongkok Bak Tak Ada Takutnya, Disebut Sengaja Kirim Tantangan ke Manila Lewat Radio

Source : scmp

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest