Follow Us

Unjuk Taring Lagi, Kesiapsiagaan Tempur China Meningkat, Kirim Kapal Induk Kedua Berturut-turut ke Laut China Selatan

Rina Wahyuhidayati - Minggu, 09 Mei 2021 | 13:13
Kapal Induk Shandong
SCMP

Kapal Induk Shandong

Sosok.ID - Pekan ini China mengirim kapal induk kedua Shandong ke Laut China Selatan dalam lanjutan latihan militer rutin.

Kapal induk pertama China, Liaoning juga telah terlebih dahulu menjalani latihan militer.

Kedatangan kelompok kapal ini di Laut China Selatan sekaligus memjadi pelayaran pertama Shandong tahun ini.

Kelompok kapal induk China yang dipimipin oleh kapal Shandong segera memulai rangkaian latihan militer begitu tiba di Laut China Selatan.

Pelayaran Shandong ini dilakukan tidak lama setelah kapal induk pertama China, Liaoning meninggalkan wilayah tersebut.

Baca Juga: Mucul Ketakutan Samudra Pasifik Disulap China Jadi Pangkalan Miiliter Armada Drone Pengintai Tak Berawak, Strategi Serupa di Laut China Selatan

Dengan ini, dua kapal induk utama China telah melakukan latihan militer intens secara berturut-turut di wilayah yang sama.

Sebelumnya, kelompok pertama yang dipimpin kapal induk Liaoning telah melakukan latihan rutin di perairan sekitar Taiwan dan Laut China Selatan.

Dilansir dari Global Times, latihan tersebut adalah rangkaian latihan rutin yang diselenggarakan berdasarkan jadwal kerja tahunan, dan sepenuhnya sah dan legal.

"Ini akan berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan layanan untuk menjaga kedaulatan China, kepentingan keamanan dan pembangunan serta perdamaian dan stabilitas regional," ungkap Kapten Senior Gao Xiucheng, juru bicara Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Terkait latihan milter kali ini, Gao berharap dunia bisa melihatnya secara objektif dan rasional karena latihan sejenis akan terus dilakukan Angkatan Laut China secara rutin di masa mendatang.

Baca Juga: Laut China Selatan Masih Memanas, Isu Beijing Bangun Pangkalan Militer di Pasifik Mencuat, Ahli Strategi Ketar-ketir dengan Dominasi Xi Jinping

Source : Kontan.co.id, Global Times

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest