Follow Us

Tak Bisa Rayakan Lebaran Bareng Keluarga Gegara Larangan Mudik? Jangan Disepelekan, Begini Cara Mengatasi Rindu Kampung Halaman!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 15 Mei 2021 | 12:00
(ilustrasi mudik) Tak Bisa Rayakan Lebaran Bareng Keluarga Gegara Larangan Mudik? Jangan Disepelekan, Begini Cara Mengatasi Rindu Kampung Halaman!
Ilustrasi mudik via Otomania/Kompas.com

(ilustrasi mudik) Tak Bisa Rayakan Lebaran Bareng Keluarga Gegara Larangan Mudik? Jangan Disepelekan, Begini Cara Mengatasi Rindu Kampung Halaman!

Sosok.ID - Rindu rumah atau kampung halaman biasanya dirasakan oleh orang-orang yang merantau, baik untuk kuliah maupun bekerja apalagi saat menjelang Idul Fitri atau Lebaran seperti saat ini.

Rasa rindu akan apa yang ada di kampung halaman ini memang bisa menyerang siapapun bahkan yang baru saja meninggalkannya dalam hitungan hari.

Perasaan 'homesick' juga banyak dirasakan oleh orang-orang di lebaran kali ini karena adanya larangan mudik.

Apa yang sebenarnya terjadi ketika mengalami homesick, dan mengapa itu sangat mendalam hingga terkadang dirasakan fisik kita?

Baca Juga: Rakyat Sendiri Dilarang Mudik, 454 WN India Justru Tiba di Indonesia, Doni Monardo Sentil Pemerintah: Jangan Mudik Tidak Boleh, WNA Difasilitasi

“Homesick sangat berkaitan dengan keterikatan,” ujar Joshua Klapow, psikolog klinis dan profesor kesehatan publik dari University of Alabama.

Ketika mengalami homesick, kita akan merasa tidak aman dan nyaman dengan diri sendiri. Baik secara fisik maupun emosional.

“Pikiran kita merindukan suatu hal yang sudah diketahui, diprediksi, konsisten, dan stabil,” imbuhnya. Namun, itu tidak ada hubungann dengan situasi spesifik di masa lalu atau keadaan saat ini.

Dengan kata lain, seseorang bisa tumbuh dalam suasana rumah yang kurang ideal – mungkin berjuang dengan masalah kemiskinan, kekerasan dalam rumah tangga, atau lainnya – namun tetap merasakan homesick setelah sampai di lingkungan yang damai dan indah.

Baca Juga: Awas! Masyarakat yang Telah Nekat Keluar dari Jakarta Bakal Tak Bisa Balik ke Ibu Kota Lagi, Kecuali Bawa Ini!

Tamar Chansky, psikolog dan pengarang buku Freeing Yourself From Anxiety, menekankan bahwa kerinduan adalah hal yang sangat normal dalam pengalaman hidup manusia.

“Ini merupakan transisi antara dua dunia. Saya sering menggunakan analogi kolam renang: awalnya tidak nyaman saat masuk ke sana, tapi lama-lama, Anda akan terbiasa dan merasa nyaman,” paparnya. Begitu pula dengan homesick, jika sudah terbiasa, itu tidak akan ‘menyakitkan’ lagi.

Source : intisari-online.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest