Follow Us

Kisah Bob Freeberg, Pilot RI-002 Berkebangsaan Amerika yang Mati di Tangan Belanda karena Mengabdi untuk Kemerdekaan Indonesia

Rifka Amalia - Kamis, 26 November 2020 | 19:42
Bob Freeberg
Kolase Intisari

Bob Freeberg

Sosok.ID - Bobby Earl Freeberg atau yang lebih dikenal sebagai Bob Freeberg adalah seorang pilot pesawat terbang bayaran berkebangsaan Amerika Serikat yang berjasa bagi kemerdekaan Indonesia.

Bersama Petit Muharto Kartodirdjo sebagai kopilotnya, mereka dengan gagah berani terbang menembus blokade udara Belanda.

Keduanya telah melakukan banyak misi penerbangan dalam rangka membela kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamirkan.

Beginilah cerita mengenai Bob Freeberg yang dilansir Sripoku.com dari buku Sukarno dalam biografi yang ditulis Cindy Adams.

Baca Juga: Kaki Prajurit Kopassus Putus Membusuk Disiksa Tentara Belanda, Sudah Setia Tapi Dipecat karena Cacat Fisik Amputasi, Kehebatannya Terpatri dalam Sejarah NKRI

Suatu ketika, seorang pemuda dengan perawakan yang tinggi, rambutnya pirang, bola matanya biru tiba-tiba muncul entah dari mana. Saat itu, usianya baru 26 tahun.

Dengan langkah yang gagah, ia menghampiri Presiden Soekarno.

"Namaku Bob Freeberg. Aku orang Amerika. Aku seorang pilot dan menaruh simpati pada perjuangan Anda. Bantuan apa yang dapat kuberikan?" ungkap Soekarno.

Sebelumnya, pada Juni 1947, Bob Freeberg menerbangkan pesawat C-47 Dakota.

Ia menempuh perjalanan 14-15 jam menuju sebuah negara asing yakni Indonesia, nyaris sendirian. Sebuah peta navigasi besar menjadi penunjuk arah.

Baca Juga: Belum Lama Terjadi! Bom Berdaya Ledak Super Peninggalan Nazi Nyaris Ratakan Negeri Ini, Beruntung Senjata Perang Dunia II Itu Meledak di Tempat Aman

Source : Sripoku

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest