Follow Us

Pertama Kali dalam Sejarah, Negara Ini Berganti Presiden Sebanyak 3 Kali Hanya dalam Sepekan, Begini Kronologinya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 21 November 2020 | 14:30
Amerika Latin atau Amerika Selatan. Pertama Kali dalam Sejarah, Negara Ini Berganti Presiden Sebanyak 3 Kali Hanya dalam Sepekan, Begini Kronologinya!
tribunnews.com

Amerika Latin atau Amerika Selatan. Pertama Kali dalam Sejarah, Negara Ini Berganti Presiden Sebanyak 3 Kali Hanya dalam Sepekan, Begini Kronologinya!

Sosok.ID - Sebuah kejadian menarik terjadi di salah satu negara di belahan Amerika bagian Selatan belum lama ini.

Pertama kali dalam sejarah, dalam pemerintahaan negara tersebut pemimpin negaranya berganti sebanyak tiga kali hanya dalam waktu singkat.

Setidaknya dalam sepekan, ada pergantian presiden sebanyak tiga kali.

Peru melantik presiden ketiganya hanya dalam waktu seminggu pada hari Selasa, setelah sistem politik negara yang tidak stabil itu runtuh secara spektakuler.

Baca Juga: Jawab Tantangan Rosi, Jokowi Siap Jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-19: Tapi Jangan Bilang 'Lho Enak Banget Presiden Duluan'

Francisco Sagasti menjadi presiden Peru keempat dalam waktu kurang dari lima tahun setelah Kongres memilih untuk menggulingkan mantan presiden Martin Vizcarra yang populer dan pengganti Vizcarra, Manuel Merino, mengundurkan diri.

Sagasti sekarang akan memiliki lima bulan masa jabatan untuk menenangkan negara menjelang pemilihan presiden pada April 2021 di tengah pandemi mematikan dan publik yang tidak puas dengan kelas politiknya yang bertengkar.

Krisis saat ini adalah puncak dari empat tahun perselisihan antara beberapa presiden Peru dan Kongres yang dikendalikan oposisi, kata Denisse Rodriguez-Olivari, seorang ilmuwan politik Peru di Universitas Humboldt di Berlin, Jerman.

Kongres telah mengajukan sejumlah besar mosi terhadap presiden dan menteri, yang dirancang untuk menghentikan pemerintah memberlakukan kebijakan.

Baca Juga: Menang Perang, Vladimir Putin Minta Azerbaijan Jaga Situs Suci Kristen Peninggalan Armenia, Presiden Ilham Aliyev Janji Lindungi Gereja-gereja di Nagorno-Karabakh

Keiko Fujimori, pemimpin partai Kekuatan Rakyat, kalah dalam pemilihan presiden 2016 dalam pemilihan yang ketat, tetapi partainya memegang kursi terbanyak di Kongres.

Source : CNN, The Sun, New York Post, BBC

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest